Kisah orang pinggiran

Sudah puluhan bis kota aku naiki. Dari lagu cinta sampai lagu yang mengagungkan nama Nya, namun apa yang aku dapat ? ah terkadang nihil. Mereka tidak berpikir kali ya, kalau kakiku sudah capek, naik turun kendaraan. Hatiku lelah melihat cibiran di sana sini. Mungkin mereka hanya menilai dari enak atau tidak lagu itu aku nyanyikan. Mungkin mereka melihat dari penampilanku.

Kalau lagi untung, lembaran uang seribu bisa ku dapat. Itupun sudah bersyukur masih bisa naik turun dengan bebas, meskipun pendapatan tidak menentu. Terkadang pandangan kondektur yang tajam dan mungkin ia berfikir aku hanya mengganggu saja kerja mereka. Terkadang saat aku mau naik ke kendaraan, sang sopir mempercepat laju mobilnya. Ah, itu sudah biasa buat aku. Kesulitan sudah menjadi makananku sehari-hari. Bahkan resiko digelandang oleh satpol PP sudah resiko.

Kali ini, kesulitan itu akan bertambah lagi ketika aku membawa bayi kecilku bersamaku. Aku sebenarnya iba dengan anak kecilku yang tak berdosa ini. Yang sama sekali tidak menaruh rasa dendam pada diriku, pada ibunya, pada ayahnya yang tidak tau sekarang entah dimana. Aku melihat orang menganggap bayiku aku jadikan umpan agar orang orang iba padaku.Lalu pendapatanku akan naik. Atau itu hanya perasaanku saja. Sebenarnya aku pun iba pada bayi kecilku, belum waktunya ia menaggung beban berat ini.

Siang mulai menghilang, saat kelelahanku mulai memuncak. Aku terduduk lesu di sisi trotoar jalan protokol. Lumayan juga setelah aku hitung, lima belas lembar uang ribuan, dan sekitar dua puluhan uang recehan lima ratusan, duaratus, dan seratusan. Mungkin kalau di jumlah mencapai lima ribuan. Namun, petugas satpol PP itu pun memergoki kami.

Dan dengan berat hati, seluruh pendapatanku kali ini aku relakan menebus pembebasanku hari ini.

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer Arra
Arra at Kisah orang pinggiran (6 years 2 weeks ago)
80

jarang nih yang ngangkat tema beginian.. tersentuh

Writer Sherlein
Sherlein at Kisah orang pinggiran (6 years 2 weeks ago)
80

Ck! Menyedihkan sekali penghasilan mengamen itu harus diberikan pada satpol PP. Hidup itu memang berat...

Writer Shinichi
Shinichi at Kisah orang pinggiran (6 years 2 weeks ago)
80

huuuuaaaa....

hiks...hiks...hiks...

Writer sapoetra
sapoetra at Kisah orang pinggiran (6 years 2 weeks ago)
80

ratapan seorang penagmen cukup menarik dr segi cerita....semangat ya...hidup adalah ujian,tanpa ujian kita tidak dapat mendapatkan kebahagian...

Writer Bamby Cahyadi
Bamby Cahyadi at Kisah orang pinggiran (6 years 2 weeks ago)
80

Secara cerita, cerita ini belum terlalu bercerita. Tokoh utamanya kurang tangguh sebagai pengamen jalanan yang menderita. Kurasa dirimu harus banyak baca cerita-cerita kehidupan agar memperkaya khasanah.

Writer yosi_hsn
yosi_hsn at Kisah orang pinggiran (6 years 2 weeks ago)
80

Duh, tragis banget ya...