Mop/ Mob Papua (Lawakan Terlucu Versi Irwan Bajang)

Pernah dengar lawakan ala PAPUA? dijamin lawakan mereka bakalan bikin kita ketawa habis-habisan.

Beberapa waktu ini saya sedang menggandrungi MOP Papua. Berulang kali saya dibuat ngekek oleh mereka. Sebenernya udah lama juga sih nikmatin ketawa sampe sakit perut kaya gini. Karena sebenarnya udah lama banget seneng. Kebetulan di kampus banyak juga kawanku dari negeri timur sana. Asli, lawakan mereka lucu2 banget.

Kadang-kadang, pas lagi cerita2... sambil ngopi atau nongkrong di lobi kampus, sampai nggak pengen pulang, gara2 ketagiahan dan nyaman banget bersama kekocakan mereka.
Nggak percaya, simak guyonan berikut:

Mas Jawa dan Pace Wamena Bicara Koteka

Mas Jawa : "Permisi... mas dari mana?"
Pace Wamena : "Oh... saya dari Papua..."
Mas Jawa : "Papuanya di kota mana?"
Pace Wamena: "Wamena."
Mas Jawa : "Katanya orang Wamena pake koteka?"
Pace Wamena : "Iya betul.."
Mas Jawa: "Trus ambil kotekanya dari mana?"
Pace Wamena: "Kami kalu ambil koteka tu jauh skali... naik turun gunung..."
Mas Jawa: "Wah.. jauh skali". langsung Mas Jawa bilang, "Kalu pake daun pisang?"
Pace Wamena: "Ko kira ini lontong ka?"

Hahaha lucu banget kan?? bagi kamu yang jarang denger bahasa mereka, barangkali agak susah mencerna, namun yakin deh, kalau udah biasa, malah bahasanya itu yang lucu. Hehehehe... salut deh sama lawakan mereka. Belum pernah ada lawakan yang selucu lawakan kawan2 dari Papua.

mau cerita lagi, siamak yang berikut ini:

Dari Sabang Sampai Sorong
Dua pace Papua, satu dari Sorong, satu lagi dari Merauke, sedang bakalai. Cape bakalai dorang dua stop baku pukul dan mulai baku maki.

Pace dari Sorong: "Eh ko orang Merauke, awas kalo ko pi Jakarta, ko jangan berani lewat Sorong eeee."

Pace dari Merauke tra mau kalah: "Eh ko orang Sorong, awas ko kalo upacara, jangan ko berani menyanyi Dari Sabang sampai Merauke. Ko stop saja di Sorong eeee.."

Hahahaha... lucu abis, kan?? mana ada lagu dari Sabang sampai Sorong?

Udah dulu ya, besok aku kasih lagi guyonan ala Papua yang lucunya kebangetan..hehehehe.

*Catatan: Dua humor di atas udah banyak beredar di kalangan pencerita MOP Papua, namun untuk cerita tersebut saya ambil dari ketawa.com.

Irwan Bajang
8 Februari 2009

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
50

Lucu bgt kak.
Kak, kapan-kapan komentarin ceritaku, yah!

100

oh mob Papua toh? saya sendiri pernah tinggal di Papua buat ngikut ortu saya yg dinas disana. Saya pernah baca mob Papua yg biasanya terbit di koran sana. Lucu juga ya.....
Tapi, sekedar buat berbagi pengalaman aja kalau orang Papua itu..........sebenernya............. galak-galak. Kalau pas maghrib preman-preman suka nongkrong di tempat ramai (contoh: mall, ruko, dll). mereka suka malak orang loh...... hiiy saya sendiri pernah dipalak sama preman cilik dari sana. sampai-sampai saya nangis waktu dipalak *kalau yg merasa orang Papua di kemudian.com , mohon maaf ya*
oh ya, selain di Papua ada juga lawakan dari NTB alias Lombok. namanya Bejorak, ga kalah lucu kok sama mob Papua

Yap..di lombok ada Bejoraq..atau sering juga disebut Lelakaq dalam bahasa sastra daerahnya..nggak kalah lucu juga..nanti lain kali saya ingat2 dulu Bejorak masa kecil saya..biar saya posting juga di sini

:D
hehehe

70

ternyata di balik kesangaran tampang orang papua lucu-lucu Ko ^^

Makasih atas komentar dan penilaiannya

sukses terus dan jangan berhenti berkarya

Makasih atas komentar dan penilaiannya

sukses terus dan jangan berhenti berkarya

salam

sepertinya saia pernah membaca cerita yg pertama itu di sebuah situs ketawa.com. Hmmm, kebetulan saia suka karena lucu dari cara bicara.
Apakah kamu yg mengirim cerita ini ke situs ketawa.com ntuh?

Jika iya, selamat datang di kemudian.com
jika tidak, sebaiknya cantumkan nama penulis asli atau minimal sumber cerita ini. :)

Salam

moderator

oke deh

aku kadang posting di situ

nanti diedit dan di cantumkan sumbernya...
makasih infonya, moderator

sama2 :)

100

wakakkakakaakakak

Lucu banget...

Jadi ingat kampung halaman

:D

kamu orang papua to Ocha??

hehehe
lebih menjiwai berarti...

60

gt ya
/:) tapi entah knp ga bs nangkep ya?
klo yg pertama sih iy lumayan, tapi ga sampe banget lucunya
:D
padahal aq juga ada temen2 dr papua
sayangnya mereka ga selucu temen2 papua mu
wew
wew
wew
wew

heheheheh minta aja temenmu itu bacain buat kamu
pasti bakalan ngekek abiz...

hehehehe
btw temen2ku lagi nyiapin lawakan2 mereka buat dibukukan... tunggu aja

hehehe

dua cerita di atas udah sering bgt aku denger dari temen2 papua... kebetulan juga ada di ketawa.com

yang 2 cerita aku nominasikan sebagi yang terlucu versi aku

hehehe

hahahaha... iya. denger edari mereka malah bisa bikin ngekek ngekek samapi perut mules2 deh. Aku sering banget dengerin cerita mereka..

Hahahaha

ada yang mau berbagi gak cerita lucu lagi???

80

coba klo denger sendiri dengan logat khasnya pasti lebih lucu :))

60

ya...gitu deh.

100

iya.. lawakan papua itu lucu banget....
banget2 banget deh lucunya

100

:)) its so funny