Lukisan Hati Tentang Ibu

Ibu, mungkin sulit sekali menjadikanmu inspirasi dalam bermain kata. Bukan karena aku tak sayang padamu, ibu. Tapi banyak sekali kebahagiaan yang telah kulalui bersamamu. Banyak sekali cerita di setiap hari, setiap menit, bahkan setiap detiknya. Hingga tinta ini tak lagi cukup membentuk kisah kita, ibu.

Kau tahu ibu, setiap aku membuka mata di pagi hari untuk mengawali sebuah kehidupan seperti kemarin-kemarin, aku selalu mencarimu, ibu. Jika aku tidak menemukanmu di rumah, aku pun akan keluar mencari sosokmu. Tak peduli dengan wajah kusutku, pakaian yang lusuh karena tidur semalam, bahkan aku tak peduli dengan bau asam tubuhku serta bekas liur kering yang menghias di seputar mulutku. Aku tetap mencarimu di depan rumah. Mungkin ibu sedang menyiram pohon atau sekedar menikmati udara segar pagi, dan benar saja ibu selalu ada di situ. Tersenyum untukku atau menggerutu karena aku kadang bangun kesiangan. Ibu tidak pernah pergi jauh sebelum aku terbangun. Itu sudah menjadi rutinitas yang sudah menjadi bagian hidupku sejak entah.

Bahkan ketika aku pulang, yang kucari cuma keberadaan ibu di rumah. Menemukan ibu di rumah seperti menemukan harta karun kehidupan yang tak ternilai harganya. Atau seperti menemukan satu koin lima ratusan di dompet kosong. Ada kesejukan memandang wajah ibu, ada ketentraman di sana. Walau aku jarang sekali mengucap sayang ke ibu tapi aku harap ibu tahu dari sorot mataku ada sayang yang begitu dalam untukmu. Maka ketika aku menciummu suatu hari, aku berharap ibu merasakan kehangatan dalam kecupanku.

Aku tidak akan rela melihat air matamu jatuh dan aku pun tidak pernah rela melihat raut kekecewaan di wajah ibu. Kesedihan ibu adalah lukaku. Luka dari beribu luka yang pernah tertoreh di hatiku. Tidak boleh ada satu orang pun yang membuat ibu sedih. Ibu adalah orang pertama yang menginginkan aku bahagia dan ibu juga adalah otang yang tersakiti jika aku sedih, ibu tidak pernah mengecewakanku dan selalu memberikan yang terbaik untukku walau kita hanya manusia biasa penuh dengan berbagai konflik.

Namun sungguh ibu, jika terjadi konflik di antara kita. Aku selalu mengalah dan memendam semua emosiku karena aku tak ingin ibu larut dalam kemarahan padaku. Aku ingin selalu berdamai dengan ibu, aku ingin selalu merasakan pelukan hangatmu, menunggumu menanyakan masakan apa yang kuinginkan pada hari itu. Aku sadar ibu, kebersamaan kita dan rajutan-rajutan tawa di antara kita tidaklah abadi. Kelak aku akan pergi, ibu. Pergi untuk menjadi wanita seperti ibu. Menjadi istri dan seorang ibu bagi lelaki pilihan Allah untukku.

Maka pada hari ibu yang kita lewatkan bersama untuk kesekian kalinya. Aku takkan pernah mengambil jarak sejauh apapun dari ibu. Aku mencintaimu, ibu. Selamat hari ibu.

Sudah kubilang napasku selalu sedikit menulis untuk kata IBU, mam…. Huff..

Jakarta, terperangkap dalam hujan di antara keindahan hari ibu 22 Desember 2009
Dedikasi untuk mama yang sampai hari ini enggan membuat pesbuk! Ahak ahak… UHUK…

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer Ive
Ive at Lukisan Hati Tentang Ibu (4 years 44 weeks ago)
70

Huaaaa...! Kemaren juga mo posting tulisan tentang ibu tapi kelupaan. *Dasar pikun!*

Oke deh, selamat hari ibu juga buat para ibu setanah air!

Writer justammi
justammi at Lukisan Hati Tentang Ibu (4 years 44 weeks ago)
100

Ibu, mungkin sulit sekali menjadikanmu inspirasi dalam bermain kata. <<< bener banget :(

wah. gak bisa komen :|

Writer Vee_Violet
Vee_Violet at Lukisan Hati Tentang Ibu (4 years 44 weeks ago)
70

Dedikasi untuk seorang yang telah melahirkan seorang.
Met hari ibu ^^

Writer Chie_chan
Chie_chan at Lukisan Hati Tentang Ibu (4 years 44 weeks ago)
100

halus n menyentuh. chie kagum, vella-senpai. kisahmu yg ini bener2 menghanyutkan. :)

Writer Gladiss Gazelle
Gladiss Gazelle at Lukisan Hati Tentang Ibu (4 years 44 weeks ago)
100

Dedikasi untuk mama yang sampai hari ini enggan membuat pesbuk! Ahak ahak… UHUK… <--- hehe mamah kuh punya dund ka ;) (pamer)

Writer kavellania
kavellania at Lukisan Hati Tentang Ibu (4 years 44 weeks ago)

tuhhh kannnn mamaku ogah bikin pesbuk :( katanya takut banyak yg naksirrr hueee

Writer mid.cool
mid.cool at Lukisan Hati Tentang Ibu (4 years 44 weeks ago)
70

Yaa...
Slamat hari ibu yah,,, ^