Buku Ari KPIN "Musikalisasi Puisi (Tuntunan dan Pembelajaran)"

Writer Ari KPIN

Salam Kawan-kawan... Ijinkan Ane melampirkan tulisan (resensi) salah satu buku Ane yang sudah terbit. Mudah-mudahan informasi ini bisa berguna. Terima kasih.

RESENSI BUKU:

Jalinan Perkawinan Dua Genre
Oleh : Resti Nurfaidah, S.s.

Data BUKU:
Judul buku : Musikalisasi Puisi (Tuntunan dan Pembelajaran)
Penulis : Ari KPIN
Penerbit : Hikayat Publisher (Yogyakarta)
Cetakan : perdana
Tebal : xii + 152 halaman

KabarIndonesia | 01-Mei-2009, 20:19:07 WIB- Musikalisasi Puisi merupakan salah satu elemen pembelajaran mata pelajaran kesenian di sekolah menengah. Namun, sarana untuk membantu penyampaian elemen tersebut sangat terbatas, terutama yang berkaitan dengan landasan teori yang komprehensif yang dapat menyampaikan informasi kepada siswa dengan akurat. Menjawab kesulitan para guru di tengah maraknya aktivitas salah satu bentuk ekspresi puisi tersebut (deklamasi, poetry reading, rampak puisi, musikalisasi puisi, dan dramatisasi puisi—hlm. ix), penulis membukukan satu modul yang lengkap dan tepat sasaran.

Buku ini diawali dengan pengenalan ihwal musikalisasi puisi, di antaranya musikalisasi sebagai bentuk penyampaian dan pengekspresian puisi, pengertian dan tujuan musikalisasi puisi, jenis musikalisasi puisi, manfaat musikalisasi puisi (baik bagi masyarakat maupun bagi pembelajaran puisi), sejarah puisi, aspek dan tahapan dalam pembuatan musikalisasi puisi, teori puisi dan musik, kiat menggabungkan puisi dan musik, serta beberapa contoh musikalisasi puisi yang pernah dibawakan penulis.

Beberapa puisi yang telah dimusikalisasikan dalam buku ini merupakan buah karya beberapa penyair yang telah mumpuni dalam dunia sastra, misalnya “Jembatan Mirabeau” (Guillaume Apollinaire), “Derai-Derai Cemara” (Chairil Anwar), “Proklamasi II” (Hammid Jabbar), “Sajak KKN” (Jose Rizal Manua), “Jaka Tarub” (Cecep Syamsul Hari), dan “Aku Ingin Melukismu” (Nenden Lilis A.).

Bahasa cenderung tuturan penulis yang dipakai untuk menyampaikan teori dalam buku ini akan memudahkan para pembaca, terutama pemula, untuk memahami isinya. Pembaca tidak akan dihadapi oleh kalimat ilmiah yang berpilin-pilin hingga membuat jenuh di tengah bacaan. Selain disuguhi jejalan teori puisi dan musik, pembaca juga disodori materi interaktif, yaitu mempraktikan teori pada bagian awal dengan beberapa contoh yang disertai dengan notasinya. Alhasil, pembaca buku “2 in 1” tersebut dalam waktu singkat diarahkan untuk menjadi seorang pemusikalisasi puisi yang lebih andal.

Buku ini diakhiri dengan rangkaian komentar dari rekan atau sahabat penulis. Kebanyakan menyampaikan kesan bahwa musikalisasi puisi yang dibawakan oleh penulis bersama anggota kelompoknya memiliki keunikan tersendiri di tengah anggapan masyarakat yang menyatakan bahwa musikalisasi puisi membosankan dengan ritme lagu yang monoton. Berbeda dengan format para pembawa musikalisasi puisi pada umumnya yang sarat nuansa akustik, penulis dan kelompoknya membawakan hal itu layaknya kelompok musik umum yang menyanyikan lagu non-puisi. ***

wah menarik mas... kebetulan saya juga suka cipta lagu.
dimana bisa dapet bukunya ya? kira2 udah ada blom neh di makassar

terima kasih bro aksarajiwa... kalo kata penerbitnya buku Ane sudah disebarin secara luas...(buku ini sudah terbit dari setahun yang lalu). kalau kira-kiranya di tempat bro aksara belum menemukan, bisa saja langsung pesan ke penerbitnya atau melalui Ane juga tak apa-apa. Kalau berkaca pada pengalaman yang sudah-sudah, kebanyakan kawan-kawan yang di luar pulau Jawa untuk cara memperoleh buku Ane ya lewat pemesanan. Mereka rata-rata lebih banyak memesan untuk para peserta didiknya (siswa maupun mahasisiwa), karena kebetulan buku ini buku yang pertama yang dijadikan bahan referensi untuk pengajaran sastra terutama untuk pokok bahasan musikalisasi puisi yang sudah ada di kurikulumnya. Ada juga mahasisiwa (sumatera & lampung) yang kebetulan membuat skripsi topik ini, secara khusus berkomunikasi dengan Ane, bahkan sampai ada yang menyambangi ke rumah (mahasisiwa dari Medan).

saya pernah liahat puisi derai2 cemara yang dimusikalisasikan Bung Ari...ternyata ketemu juga di k.com
kebetulan sekarang saya sedang mendalami musikalisasi puisi...
bukunya bagus...saya cari deh di toko buku
:D

salam2...saya suka musikalisasi derai2 cemara Anda.

Hal yang paling membahagiakan Ane, adalah apabila sesuatu yang Ane lakukan sedikit banyak bisa dinikmati pun bisa menyumbangkan manfaat bagi yang lain. Terima kasih selama ini tanpa Ane sadari bro Oge sudah berapresiasi pada karya-karya Ane.. Selamat ber-musikaslisasi puisi juga, Kawan.. Salam Ane buat bro serta kawan-kawan yang lain.

congratz...semoga sukses dan senang. Merasakan jerih payah yang sudah dilalui. saluuut, saluuuut, and congratz.

terima kasih, kawan..

cari buku Bung Ari ah, di toko buku...

buat kawan2 yang mau denger contohnya...ada musikalisasi puisi saya yang digarap oleh Bung Ari KPIN...silakan didonlot kalau berkenan didengar. ini link donlotnya: http://sketsabajang.blogspot.com/2010/05/musikalisasi-puisi-saya.html

selamat mendengarkan!

bung Bung Ari, top deh!!

makasih banyak Sob.. semoga berhasil hunting bukunya. kayaknya di jogja lebih enak langsung saja ke penerbitnya sekalian menyampaikan salamku buat Mas Iman Budi Santosa.

resensi dan buku yang menarik, terima kasih telah mengenalkannya dan akan saya coba cari buku ini.

sudah ada di gramed belum?