Tanya pada Jejak




bila engkau :
tunjukkan padaku titik senandung tak kunjung henti
lagu lembut yang menghantarkan kita
pada tarian rumput padang
baris liris pepohonan rindang

tak letih aku menunduk tertegun
peras peluh berguguran daun
penutup jejakmu
pun jauh kau tuntun

tunjukkan padaku jejak yang kau buat
langkahmu
yang gagah kejar mentari dalam kelebat

aku melihat kita di atas batu besar
hitam dan langit hanya mampu menerka titik
angin tak mampu berkata kata

aku :
rindu bagaimana bibirmu bicara
tentang kitab puisi pada gemulai lalang
desau angin pada cinta setiba hujan
cukup dingin membuat kita
berpegangan

adakah kau telah berlari jenuh
terhapus lambat jejakmu keruh




erri, Mei '10

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer jare rahmad
jare rahmad at Tanya pada Jejak (7 years 19 weeks ago)
80

lemah lembut khas wanita..

Writer nathalie manusia egois
nathalie manusi... at Tanya pada Jejak (8 years 38 weeks ago)
70

aku selalu ingin menjadi penyair...

Writer chia
chia at Tanya pada Jejak (8 years 51 weeks ago)
90

:)

Writer hendera
hendera at Tanya pada Jejak (8 years 51 weeks ago)
70

baguuus dan kereeen, tapi kalau usulan ku sich, dan menurut aku. Bait pertama dijadikan 2buah bait, yang pertama 2 baris lalu yang lainnya 3 bariiis. Dan satu lagi, mungkin, pada bait ke-5 kalimat 'tentang kitab puisi pada gemulai lalang', kata lalangnya dihilangkan saja. Atau ternyata itu kata ilalang. Jika kata ilalang, mengapa pada rangkaian kata 'cukup dingin membuat kita berpegangan' tidak dibuat dalam satu baris saja.....mungkin akan lebih baik.

Writer dewisun
dewisun at Tanya pada Jejak (9 years 1 week ago)
90

melo sekali, walau akan lebih manis tanpa dua bait terakhir , tapi keseluruhan oke banget cinta...^_^ salam

Writer laila
laila at Tanya pada Jejak (9 years 1 week ago)
100

assalamu'alaikum Wr. Wb.

bagus sekali Erri...secara keseluruhan sangat meramu indah
:)

Salam,

Writer arsenal mania
arsenal mania at Tanya pada Jejak (9 years 1 week ago)
80

yang ini bagus (meski (secara subjektif) terkesan berlebihan). Dua baris terbawah hanya mengganggu, saya buang sewaktu baca kedua kali.

kasih jempol buat yang ini

Writer rainese_queen
rainese_queen at Tanya pada Jejak (9 years 1 week ago)
100

Lagi berkeliaran di kekom nih.
Truz nemu yg ini.
Waduh! Kok bisa ketinggalan baca tulisan keren ini ya..
^^

Writer Titikecil
Titikecil at Tanya pada Jejak (9 years 1 week ago)

Wow! Imaji tingkat tinggi neh! Map yah baru nengok balik.

Writer Titikecil
Titikecil at Tanya pada Jejak (9 years 1 week ago)

Wow! Imaji tingkat tinggi neh! Map yah baru nengok balik.

Writer lydiaoktariani
lydiaoktariani at Tanya pada Jejak (9 years 2 weeks ago)

kok aku ngga bisa nge-post lagi ya? padahal udah lewat 24 jam?

Writer Ferrischya
Ferrischya at Tanya pada Jejak (9 years 1 week ago)

kok malah nanya sama erri?

hehehe

Writer Fany Ijo
Fany Ijo at Tanya pada Jejak (9 years 2 weeks ago)
100

erri karyamu selalu saja memikat. ^^
manis sekali erri. ^^

Writer lifespirit
lifespirit at Tanya pada Jejak (9 years 2 weeks ago)
90

overal sangat ok, bahkan terlihat sekali kematangan penyair dalam berkarya cipta puisi. Hanya bait awalnya dan atau bait pembukanya yang mungkin bisa lebih dimenonjolkan lagi subyek obyeknya biar kian lebih kian nendang ini karya.

"bila engkau" siapakah yang dimaksid dengan engkau? jejakkah? jejak siapakah yang dimaksud pada karya ini? orang keduakah? ketigakah? atau atau yang lain?

salam lifespirit!

Writer seperlimarindu
seperlimarindu at Tanya pada Jejak (9 years 2 weeks ago)
100

selalu ada sesuatu di balik sajak mu

teringat dulu, bagaimana kau menerangkan sebuah sajak untuku
2 tahun yang lalu.

tidak ada seseorang yang benar2 pergi, itu saja :)

Writer Ferrischya
Ferrischya at Tanya pada Jejak (9 years 2 weeks ago)

mbak...

erri pengen dipeluk

hik...

Writer seperlimarindu
seperlimarindu at Tanya pada Jejak (9 years 2 weeks ago)

*hugs...^^

(OOT - heleh...benar2 sebuah sisi lain dari yang kukenal, antara logismu dan imajinasi serta rasamu, dan semua talent itu, jangan pernah berhenti ^^)

Writer dewi linggasari
dewi linggasari at Tanya pada Jejak (9 years 2 weeks ago)
100

Manis, romantis, puitis, dan melankolis....

Writer tinkerbell
tinkerbell at Tanya pada Jejak (9 years 2 weeks ago)
80

sebuah rasa berbalur keraguan yang mengajukan syarat.....
itu yang aku tangkap disini
maaf ya kalau tinky sotoy, masih baru belajar menganalisa :)

Writer Ferrischya
Ferrischya at Tanya pada Jejak (9 years 2 weeks ago)

hehehe

terima kasih sudah mampir, tinky
erri terobsesi dengan estetika : dan terkadang melupakan logika.

tak usah meminta maaf: berkomentar itu mengasah akal juga kan? hehehe

Writer tinkerbell
tinkerbell at Tanya pada Jejak (9 years 2 weeks ago)

yup, kalo nggak salah seseorang pernah berkomentar seperti itu juga di puisimu yang sebelumnya," jangan terjebak dengan keindahan"
indah bukanlah apa-apa tanpa makna yang kental.... bukan begitu erri? :)

Writer Ferrischya
Ferrischya at Tanya pada Jejak (9 years 2 weeks ago)

hehehe

teman lama yang sangat perhatian pada sastra :)

tentu, meski kadang kita lupa membahas makna yang sederhana karena hanya terbalut keindahan semata

Writer tinkerbell
tinkerbell at Tanya pada Jejak (9 years 2 weeks ago)

dan aku pecinta kesederhanaan, meski sekarang sedikit terkontaminan rangsangan sekitar......
ups, jadi OOT di lapak erri :p

Writer Ferrischya
Ferrischya at Tanya pada Jejak (9 years 2 weeks ago)

hehehe

erri juga ;)

jadi teringat masa lalu, deh :p

Writer tinkerbell
tinkerbell at Tanya pada Jejak (9 years 2 weeks ago)

masa lalu waktu tulisan erri sangat sederhana?
kira-kira masa lalu itu berapa rentang ya? :p

Writer Ferrischya
Ferrischya at Tanya pada Jejak (9 years 2 weeks ago)

actually : tulisan erri tetap sederhana kok, tinky

dan rentang masa lalu itu sendiri relatif, menurut erri. reply ini telah menjadi masa lalu :)

Writer tinkerbell
tinkerbell at Tanya pada Jejak (9 years 2 weeks ago)

bila yang seperti ini di sebut sederhana, tinky tak lagi bisa menerka yang indah itu akan seperti apa....
pasti, sedetik yang baru terlewatpun lalu, makanya tinky bertanya.... :p

Writer Ferrischya
Ferrischya at Tanya pada Jejak (9 years 2 weeks ago)

hehehe

sederhana itu sendiri malah mengundang tanya seperti labirin pikir, tentu kehilangan jati diri, tinky :p

Writer tinkerbell
tinkerbell at Tanya pada Jejak (9 years 2 weeks ago)

ups, semoga diriku tidak sampai kehilangan jati diri...
karna itu kunci aku tetap merasa ada :)

Writer Vee_Violet
Vee_Violet at Tanya pada Jejak (9 years 2 weeks ago)
100

Apakah erri sedang menghapus jejaknya??
Secara over all, saya sangat suka puisi ini, erri.
Salam ^^

Writer Ferrischya
Ferrischya at Tanya pada Jejak (9 years 2 weeks ago)

ada dua sisi, ada dua jalan : selalu ada dua.

hehehe

erri tidak sedang menghapusnya. tanya seperti itu kerap muncul saat sendiri. apakah menjemput atau menunggu :)

selalu saja ada dua

hehehe

terima kasih, Vee