Frekuensi Nada Asing

(Salema, Portugal)

“Sora!... Sora!” Airas berlari terengah-engah mengejar anjingnya di tepi pantai yang sangat sepi.

“Menurutmu di sinikah?” tanya Airas pada Sora yang tiba-tiba berhenti di dekat sebuah bangku panjang dengan dua slat sandaran, di antara rumput liar dan kerikil-kerikil pantai. Sora hanya menggonggong dua kali dan menatap tuannya.

Airas menghampiri bangku panjang itu dan duduk di ujung tepinya, memandang batas cakrawala laut. Ada sebuah perahu kosong terlihat mengapung di tengah laut.

“Di sinikah mereka mengambilmu, Clara?” gumam Airas dengan perasaan yang aneh.

Seminggu lalu, Airas masih bisa bercengkerama dengan Clara di Salema, desa tempat mereka tinggal. Sebuah desa nelayan kecil yang terletak di bagian barat daya Portugal. Airas sangat mencintai Clara, mereka bahkan sudah akan menikah. Namun kenyataan tampaknya tak berpihak pada Airas. Tiga hari sebelum mereka menikah, Clara tiba-tiba menghilang tanpa jejak entah ke mana.

“Kalau apa yang dikatakan orang desa benar, bahwa sesuatu itu yang telah mengambilmu, maka aku akan menunggu di sini, menunggu mereka mengambilku juga!” Airas meneguk minuman dalam kaleng yang sedari tadi dibawanya. Sora dengan setia menunggui Airas di dekat kaki Airas.

Tidak pernah ada orang yang berani datang ke sisi pantai di mana Airas berada kini. Mendekati pun tidak pernah. Tidak ada yang tahu di mana persisnya posisi yang tidak boleh didekati di sisi pantai itu. Orang-orang desa percaya bahwa kadang-kadang ada sesuatu yang muncul di sisi pantai itu, mengambil siapapun yang tengah berada di sana. Kata mereka, sebuah kekuatan akan menarik siapapun yang berani sedikit saja mendekati daerah itu, menuntunnya memasuki daerah itu tanpa kesadaran. Kini, Sora telah menuntun Airas menuju ke daerah yang diyakininya sebagai posisi tepat daerah terlarang itu. Airas ingin menantangnya.

Senja mulai meliputi Salema. Airas masih duduk di tepi pantai itu, merasakan tiap objek di pantai memainkan nada suramnya. Melodi air laut berdesir pelan, tak tampak adanya ombak tinggi yang menggulung di lautan. Bersama dengan nada yang diciptakan angin memainkan rerumputan liar, menimbulkan suara gesekan-gesekan kecil, menambah suasana yang entah kenapa terasa sangat kelam bagi Airas.

“Sepertinya mereka akan datang, Sora,” ucap Airas yakin. Tidak ada sedikitpun rasa takut dalam dirinya. Sora kembali menggonggong.

Langit mulai menghitam, lebih pekat dari sekedar mendung biasa. Pedesaan yang letaknya tak begitu jauh sudah sepi, orang-orang desa akan segera berbondong-bondong masuk rumah tiap kali ada tanda akan turun hujan. Namun kali itu Airas yakin, langit mengisyaratkan hal lain, bukanlah hujan. Gumpalan-gumpalan awan tampak berkumpul tepat di langit yang Airas pandang. Angin mulai berhembus kencang, Airas merasakan angin dingin itu menyapu wajahnya. Matanya hampir tak berkedip melihat ke arah gumpalan awan. Sinar putih menyeruak di antara gumpalan awan.

“Itu bukan sinar matahari, Sora…” Airas mulai merasakan jantungnya berdegup kencang. Suara desingan yang sangat keras terdengar dari langit. Sora menyalak terus menerus dengan keras, sementara Airas tetap tenang di bangkunya. Suara desingan dari langit terdengar makin keras.

*-*-*-*

(FBI Headquarters, Washington D.C)

“Kembali terjadi di Portugal,” Smithson menyerahkan sebendel berkas kepadaku. Aku menerimanya dan membuka berkas itu. Terdapat selembar foto yang menunjukkan seorang lelaki duduk di bangku dengan seekor anjing di dekat kakinya, menghadap ke pantai. Di atas lautan tampak langit hitam dengan gumpalan awan dan sinar putih di sela-sela awan.

“Siapa lelaki itu?” tanyaku.

“Airas Costa. Tunangan dari Clara Agrippina, yang hilang beberapa waktu sebelumnya.”

“Siapa yang mengambil fotonya?”

“Seorang penduduk lokal yang langsung lari dari tempat kejadian setelah benda itu muncul. Dia hanya berhasil mendapatkan foto ini. Well, setidaknya dia berhasil lolos.”

UFO? Flying saucers?”

Smithson mengangguk, “Pemilik foto ini yakin bahwa dia melihat piring terbang di atas laut itu.”

*END*

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer wellight
wellight at Frekuensi Nada Asing (8 years 17 weeks ago)
90

misterius tapi tetap indah,cocok sama gambarnya
suka ini!
^^
mampir ke cerpen mimpiku ya

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 17 weeks ago)

thanks for reading.. :)

Writer shantiii
shantiii at Frekuensi Nada Asing (8 years 18 weeks ago)
80

Saya pikir endingnya mereka tetap bertahan, tapi oh..gak terduga,hehe.. ada UFO ternyata.
*intinya ke-rela-an, bukan begitu? :)
ceritanya bagus..

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 17 weeks ago)

thanks for reading

Writer ianz_doank
ianz_doank at Frekuensi Nada Asing (8 years 20 weeks ago)
80

mantap!

Lam knal..

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 20 weeks ago)

Thanks.. Slm knl jg..

Writer erinarinaa
erinarinaa at Frekuensi Nada Asing (8 years 22 weeks ago)

kren banget si mbaknyaaaa
great deh :)

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 20 weeks ago)

Thanks for reading :)

Writer Zoelkarnaen
Zoelkarnaen at Frekuensi Nada Asing (8 years 23 weeks ago)
100

Hoo... ceritanya unik, rada sedih sih.

Salam kenal... ^^

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 23 weeks ago)

Thanks dah mampir :)

Writer shafira
shafira at Frekuensi Nada Asing (8 years 23 weeks ago)
80

ceritanya berbeda, bagus idenya.
^_^

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 23 weeks ago)

Thanks :)

Writer cloudiath
cloudiath at Frekuensi Nada Asing (8 years 23 weeks ago)
80

misterius...
cuma saya memang kurang sreg dengan penyajian yang singkat.

tetap belajar sama-sama
silakan berkunjung kesini

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 23 weeks ago)

Heheheh iyak pendek ga ada ide..
Thanks..

Writer nixyan
nixyan at Frekuensi Nada Asing (8 years 23 weeks ago)
100

Seepp! Beda dari yang lain. Idenya juga keren :)
Kamu nulis yang orang lain gak sempat pikirkan.
Salam :D

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 23 weeks ago)

Thank u :)

Writer anggra_t
anggra_t at Frekuensi Nada Asing (8 years 23 weeks ago)

Hahahaa lagi2 ufo!

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 23 weeks ago)

Hohoho..

Writer Dane
Dane at Frekuensi Nada Asing (8 years 23 weeks ago)

juara 1 deh...
:)

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 23 weeks ago)

Weww.. Thanks :)

Writer septy
septy at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)
90

waahh!
aku cuma bisa bilang wah!
cerita ini sangat bagus menurutku
^^
koment di tempatku juga ya, kak :)

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)

makasih.. :)

makkie at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)
80

aaaaaaaaaaaaahhhh...hampir saja,,saya mw bikin cerita yang hampir mirip dengan ini,,untung ga jadi...bedanya bukan UFO,,tapi setan... :p

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)

qeqqeqeq.. berarti alam bawah sadar kita dah janjian dulu jadi ga samaan.. hehehe..

Writer Sun_Flowers
Sun_Flowers at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)
90

aku cinta Lavender...
emmuaahhh...

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)

Aku juga cinta Floww..
*kok jd cinta2an gini yak ixixixixxiixixix*

Writer Sun_Flowers
Sun_Flowers at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)

abisnya keren abis sh ceritanya.. xixixixixi
ak malah belum bayar utang dan malah bikin cerita yg dari gambar wedding itu dulu -___-"

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)

Haaa dirimu pasti ngumpetin ceritanya ntar bagus banget mesti ni.. Hayoooo??

Writer Kumiiko_chan
Kumiiko_chan at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)
90

mba Lav, wow.. suka ^^
temanya berbeda dengan yg lain, mengejutkan :-)

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)

Makasih kumii :)

Writer cat
cat at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)
90

Lav beneran aku mau timpuk kamu dengan piring terbang.,

selalu aja bilang ndak keren maksa ngaco dan tidak pede ..

pan ceritamu baguuus.

seting yg berbeda dengan latar luar negeri seperti biasanya (dasar maniac film holiwud wkwkwk)

lalu dengan ending yg berbeda. kesan yg kamu kemas juga mantap.

aku hanya bertanya .. tuh dua org di apain yak ma alien?? tur yak??

*nago subuh2 ..

Lav masak lagi yukkz .. *kabur sebelum ditimpuk dina.

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)

Tengkyuk mbak Catz.. *hug*
Lha wis daku merasa ideku aneh mbak, krn ga ada ide laen yg masuk akal jadinya ndak masuk akal ixixixixixxi..
Hehe senang bermimpi bikin pilem holiwud mbak..
Ntu berdua sebenernya mau dinikahkan d planet alien.. *tambah ngaco*
Ayyooookkk masaaaakkkk.. Resep ya mbaaakk.. Ixixixixiix

Writer dewisun
dewisun at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)
100

aku suka nama2nya....tokoh maupun tempat, UFO ? hehhehhe, unik ^_^ salam

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)

Thanks sudahhh mampiiirrr :)

Writer Midori_Fukuro
Midori_Fukuro at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)
100

Luar biasa, Lav. Kamu memang berbak....ti, hehehe.
Ini betul-betul beda. Sepertinya..kamu terinspirasi oleh Kak Dan Brown, betulkah?
Ada yang ingin saya tanyakan. Mengapa kamu memilih nama "sora" untuk anjing itu? Mungkinkah kamu mengambil dari bahasa Jepang yang artinya "langit"?

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)

Berbakti kpd nusa, bangsa, dan negara? Ixixixix..
Nggak, daku belum kenalan ma kak Dan Brown, hehehe..
Iyak, kebetulan punya sahabat yg punya anjing, dia kasih nama anjingnya Sora, memang dari bahasa Jepun nyank artinya langit.. Kan pas ada tema langit2nya.. *maksa*
Thanks telah membaca, Midori..

Writer Midori_Fukuro
Midori_Fukuro at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)

Seperti dugaanku. Kamu ingin menghubungkan nama anjing itu dengan langit-alien itu. Namun bagi saya, agak janggal juga sih. Orang di Portugal memberi nama anjingnya dengan nama Jepang, hehehe. Kalau berbau Inggris, itu masuk akal(alah jangan didengarkan.)
Itu saja, namun kamu meramu cerita yang begitu beda. Kamu memang berbak......ti :P

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)

Hahahah sudah kuduga pasti bakal ada yg komen gitu..
Loh gpp dunk Midori, kan bisa aja Airas pernah kenalan sama turis dari Jepun yg datang k Salema, dari situ dia tahu kata Sora dan menamakan di anjingnya, kan bebas.. Hehehe..

Writer September
September at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)
80

hwa piring terbang. bikin crop circle gak piring terbangnya? kayak yang di jogja itu wkwkwk
bagus-bagus kak lavender
salam kenal

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)

Heheheh bikinnya sea circle kan di laut ixixixixiix *maksa*..
Thanks for reading..

Writer kegojlagankiwil
kegojlagankiwil at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)
80

lagi lagi lagi :P

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)

Apanyah nyang lagi yak? Hehe

Writer Rea_sekar
Rea_sekar at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)
80

Keren! Gambar, judul, cerita, semuanya benar-benar berhubungan dan gak maksa.
.
Sedikit info. Sepertinya (di kehidupan nyata) bukan FBI yang mengurusi UFO ataupun alien, tapi USAF dan SETI. FBI mah isinya skeptis semua, ga akan percaya sama secarik foto hha. Okedeh, yang penting ceritanya bagus

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)

Hehe iya, kemaren sebelum post sempat buka website nya FBI, memang ada statement bahwa mereka ngga ngurusin gituan. Berhubung daku ngga ngerti yg ngurus sebenarnya sapa n kayaknya lebih familiar FBI klo di pilem2 sprti X-files, jd akhirnya aku pake FBI aja *maksa*.. Ixixixi..
Thanks yak, nanti daku ganti deh, daku nyari dulu dimana HQ nya USAF, SETI itu.. Tengkyukkkk..

Writer heinz
heinz at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)
70

Ternyata memang beneran UFO.

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)

Hehe iyak, aneh yak?
Ixixixixix.. Maap..

Writer cnt_69
cnt_69 at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)
90

ini mah justru keren! suasana baru dari yg laen. soalnya yg laen pada melow. ini ga terduga endingnya!
intinya keren!

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)

Hehe nggak pe-de daku ini mikir ceritanya kok aneh gini? Ixixixixix..
Thanks yakk..

Writer stilldaydreaming
stilldaydreaming at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)
100

Whoaaa! Keren kak Lav! Sukaaa! >.<
Kembali melihat perspektif berbeda dari cerita dengan gambar yang sama dan kata kunci yang sama 'nada'. Suasana tegangnya memuncak aku sampai hampir2 menahan napas >.<. Keren!

Writer lavender
lavender at Frekuensi Nada Asing (8 years 24 weeks ago)

Masa' to??
Hehehe thanks ya dev..