A LETTER

Yth. Hades,
Di Underworld

Salam sejahtera,

Ah, aku tidak tahu apakah anda terbiasa dengan salam itu. Atau anda punya salam khusus di dunia bawah? Mungkin harus kuucapkan salam kematian? Seperti itu? Ok, Baiklah, salamnya ku ganti.

Salam kematian, salam penderitaan, salam mimpi buruk dan salam kejahatan. Mungkin salam seperti ini terdengar indah di telinga anda?

Aku dengar salah satu cara berkomunikasi dengan anda adalah dengan mengikatkan sebuah surat pada kaki gagak bermata merah dan melepaskannya di malam hari? Apa itu benar? Atau hanya sekedar mitos? Setidaknya, jika ini benar maka aku tidak perlu belajar ilmu sihir, ataupun menyiapakan tumbal untukmu. Aku tidak biasa jika harus melihat darah.

Well, aku punya permintaan kepadamu wahai penguasa kegelapan. Bisakah kau menjemputku segera? Aku muak dengan kehidupan di bumi ini. Terus terang, aku tidak akan meminta kepada saudaramu yang menguasai lautan itu, aku tidak akan meminta kepada Poseidon untuk membawaku ke perairan, alasannya sederhana, aku benci ikan! Akupun tidak akan meminta kepada Zeus untuk mengangkatku ke Olympus. Aku tidak menyukai dewa-dewi diatas sana, mereka angkuh, egois, penuh tipu muslihat dan gila hormat! Bayangkan saja, jika kami tidak memberikan kepada mereka korban dan menaikan doa kepada mereka, meraka mengirimkan bencana kepada kami! Mereka membuat kami menderita! Betapa egoisnya para penghuni Olympus tersebut! Aku membenci mereka! Sangat benci! Mereka tak lebih baik dari kami, manusia. Liat saja ketika anda ingin meminang Persephone, penolakan halus Zeus dengan alasan takut jika Demeter akan mengacaukan pertanian di bumi? Aku yakin itu bohong, Zeus tak rela jika anaknya harus terasing ke dunia bawah. Dia pasti menganggap, cukup anda saja yang terasing, tidak perlu membawa dewa-dewi Olympus kesana. Selain itu, tahukah anda, mereka menebarkan cerita bohong kepada manusia? Anda diceritakan begitu kejam, malah dalam sebuah kisah anda yang disalahkan dalam upaya pembunuhan Herakles. Padahal setelah aku selidiki, ternyata Hera-lah yang harusnya bertanggung jawab atas percobaan pembunuhan itu. Anda dijadikan kambing hitam! Coba kita tanyakan, kenapa dia memberikan dunia bawah untuk anda kuasai? Bukankah anda juga memegang peran penting saat bertarung dengan para Titan memperebutkan Olympus? Dan Hadiahnya adalah dunia bawah dan nama anda dihapuskan dari nama dewa-dewi Olympus. Ini Ironi!

Dan yang paling aku benci adalah hadiah dari para dewa-dewi Olympus itu, yang katanya hadiah paling berharga, Kehidupan. Apa menariknya kehidupan ini jika Zeus selalu menjadikan kami sebagai pelampiasan amarahnya? Lihat saja, ketika ia mulai berkuasa, ia mulai membagi zaman-zaman dalam kehidupan kami. Zaman perak, perunggu, hingga zaman besi! Zaman emas tidak ku sebutkan karena itu zaman terbaik yang kami punya, zaman dimana manusia dan dewa-dewi dapat hidup berdampingan, zaman yang diberikan oleh ayah kalian Titan Chronos. Setelah Zeus berkuasa, ia memberikan kepada kami zaman perak dimana kami harus berusaha keras untuk bertahan hidup namun setelah itu dia memusnahkan manusia. Demikian juga zaman selanjutnya, kami kembali dimusnahkan dengan banjir. Sudah jelas, Zeus membuat manusia mengalami kemunduran.

Aku tidak tahu apa kisah ini sampai ke telinga anda atau anda dibiarkan ketinggalan informasi di dunia bawah. Apakah anda mengenal Pandora? Tahukah anda Pandora sengaja diciptakan untuk membalas dendam kepada Promotheus karena mencuri api Zeus? Dan lihatlah, kotak yang dihadiahkan kepada Pandora dengan pesan jangan dibuka? Jika tidak diijinkan untuk dibuka, kenapa diberikan kepada Pandora? Lagi pula Pandora diberikan hadiah rasa keingintahuan, jadi wajar saja dia jadi penasaran dengan isi kotak tersebut. Dan yang terjadi setelah kotak tersebut dibuka adalah segala hal buruk terlepas ke bumi dan menguasai hati dan pikiran setiap manusia. Karena dendamnya, Zeus mengorbankan kami, manusia. Dan sekarang, kehidupan yang mereka katakan sebagai hadiah terbaik itu menjadi rusak karena isi dari kotak Pandora tersebut. Setiap manusia sekarang dipenuhi kejahatan, iri hati, cemburu, dendam, sakit penyakit, kehancuran, kesalahpahaman. Dan apakah dengan hal tersebut Promotheus menderita? Tentu tidak! Seharusnya Zeus menghukum Promotheus, bukan kami. Lihatlah sekarang, kami saling benci, kami saling mendendam, kami saling bunuh. Tingkah kami menjadi liar seperti binatang hanya karena keegoisan Zeus! Hanya karena dendamnya kepada Promotheus ia membiarkan Pandora melepaskan semua keburukan ke dunia. Itulah alasan kenapa aku sangat membenci kehidupan ini, aku sangat membenci para dewa-dewi Olympus tersebut!

Saya rasa, dengan bergabung dengan anda di Tartarus, saya akan memiliki kesempatan untuk membalaskan dendam saya. Dan saya bersedia membantu anda untuk merebut tahta di Olympus. Saat ini memang saya manusia biasa, namun saya yakin anda mau meminjamkan kekuatan kegelapan kepada saya sehingga saya bisa menjadi satu kekuatan untuk anda. Tentu saja, saya akan mengajak manusia yang lain untuk bergabung dengan anda di dunia bawah. Kita akan membentuk pasukan terkuat, dan kita akan bisa mengobrak-abrik Olympus. Dan mungkin, anda bisa melepaskan para Titan dan Raksasa sebagai tenaga tambahan untuk kita. Bagaimana wahai penguasa dunia bawah? Aku memohon kepada anda, jemput dan bawah aku ke kerajaan anda. Aku bersedia membuang kehidupan ini karena aku membencinya teramat sangat!

Dengan Hormat,
AL

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer Tezuka_ayumu
Tezuka_ayumu at A LETTER (6 years 42 weeks ago)
90

Wuaahh... mitologi Yunani.. Suka banget ma cerita dengan mitologi Yunani, bisa jadi saingan Percy Jackson nih..
Salam kenal, mohon bimbingannya

Writer phantom27
phantom27 at A LETTER (6 years 44 weeks ago)

Puiiiinnnn beibeehhh

Writer phantom27
phantom27 at A LETTER (6 years 44 weeks ago)
100

Puiiiinnnn beibeehhh

Writer villyca.valentine
villyca.valentine at A LETTER (6 years 44 weeks ago)
90

wah, surat curhatan kepada Hades....
Hmmm....
Btw ngomong2 kenapa gak bikin norse myth aja? :p greek&rome mah udah bosen... :p

Btw ya setau gw kan persophone itu manusia dech...dan zaman chronos itu kan awal2 terjadinya bumi dech...(kl ga salah inget ye)...trus si chronos itu selain jd bumi tubuh dia terbagi dan jadi zeus,hera,ama hades....

Writer AL_paper
AL_paper at A LETTER (6 years 44 weeks ago)

Iyaa, ngga mungkn kn aq curhat ma poseidon ma zeus. Bisa dibantai gw.
Norse myth? Belum pernah baca.
Hump, persephone itu anakny zeus n demeter yg diculik hades buat di jadikan istri.
Umh, teruz pembentukan bumi awal itu adalah chaos, kemudian niks, erebos. Truz ada uranus, gaia n dewa dewa awal. Nah, uranus dan gaia memiliki anak, yaitu para titans, kiklops dll. Krn para kiklops bentukny mengerikan maka dikembalikn ke dalam rahim gaia n dikurung dlm tartarus. Gaia yg tdk terima perlakuan uranus maka ngajak para titan utk berontak, n yg mau hanya khronos. Nah bersama khronos, gaia membunuh uranus, ayahnya.zeus, poseidon, hades, hera, hestia itu anak dari titan khronos dgn titan rhea.

Writer Andana
Andana at A LETTER (6 years 44 weeks ago)

Surat yg mengerikan -__-"

Itu, jadi kepikiran gw, misalkan kita ikat di kaki gagak, gmana bisa sampai ke Hades orang dia tinggalnya di bawah tanah??

Kecuali diikatnya di kaki tikus mondok, mungkin, wkwkwkwkw :D

Ok, serius..
*benerin kolor

Seperti biasa, ringan dan gaya berceritanya... Empat jempol!!
Isi otakmu itu emang kalo ga Ramayana ya... Mitologi Yunani, dasar.. -__-"

Keren ahh.. Jadi mau kirim surat jg..

Kirim ke siapa yaa...???

Writer AL_paper
AL_paper at A LETTER (6 years 44 weeks ago)

Hei2, si herakles juga ngga pake bantuan si tikus mondok.
Hahaha,
Kadang ku campur aduk dgn mitologi yg laen jg, tp yg puny bnyk kesamaan itu romawi n yunani dink.
Ramayana? Ide bagus, gw bakal manggil si kakang gatot kaca ah.
Betewe, pointny jatuh di ponti ya??

Writer phantom27
phantom27 at A LETTER (6 years 44 weeks ago)

Gak tahu, hp gw ga bisa ngasih poin.. Padahal tadi di Anima bisa
-__-"
Tiap ngasi poin pagenya gak mau kebuka lagi, kenapa ya? Huff
Padahal banyak karya bagus ni mau ta komeni

Haha, herakles ya.. Masuk akal deh..

Aku kirim surat ke Poseidon aja lah.. Minta supaya akhir tahun kami bisa liburan ke pantai. *apa hubungannya??
G('---')

Writer AL_paper
AL_paper at A LETTER (6 years 44 weeks ago)

Itu maksudny, HPny minta di upgrade.
Klo ngga bsa upgrade, jual truz bli bru lg!!
Hahahaha..
Lah, katany mw tour di tartarus dink..

Writer ASTARIA
ASTARIA at A LETTER (6 years 44 weeks ago)
70

keren sekali. keep writing! :)

Writer AL_paper
AL_paper at A LETTER (6 years 44 weeks ago)

Wah, thankz pujianny,
Makasih udah mampir.

Writer Glendy Lucas
Glendy Lucas at A LETTER (6 years 44 weeks ago)
90

Keren sekali suratnya, sepertinya anda sangat mendalami dunia mitologi.
Semoga Hades membalas surat ini, hee
Salam

Writer AL_paper
AL_paper at A LETTER (6 years 44 weeks ago)

Hehehe,
Begitulah mas glen.
Thank you atas kunjungannya.