TANGAN KANAN VS TANGAN KIRI

TANGAN KANAN VS TANGAN KIRI

Oleh : greensasa

Suatu sore dua orang manusia sedang bermain bulu tangkis di depan rumah mereka.  Si S mencoba menggunakan tangan kirinya untuk memegang raket. Si A pun bertanya pada si S sambil tertawa karena melihat si S kewalahan bermain dengan menggunakan tangan kirinya.

 

Si A : S, kenapa kamu menggunakan tangan kiri?

Si S : Pernah nggak kamu berpikir tangan kiri merasa iri karena kita selalu menggunakan tangan kanan?

Si A pun terdiam sesaat kemudian tertawa lagi karena melihat si S masih kewalahan menggunakan tangan kirinya.

Si A : Tapi lucu tahu hahahahaha

Si S : Ini biar tangan kiri tahu gimana susahnya jadi tangan kanan. Buktinya tangan kiri saja kewalahn kan memukul bola bulu tangkis ini. Pasti ya kalau si tangan kiri dan tangan kanan ini bisa bicara, mereka akan berkata seperti ini :

Tangan Kanan = Taka ; Tangan Kiri = Taki

Taki : Hei Taka, kenapa sih manusia selalu menggunakan kamu untuk keseharian mereka? Aku selalu saja jarang digunakan, bahkan hampir dibilang tidak bisa apa-apa! Aku iri sama kamu, coba deh sekali ini aku mencoba memegang raket itu, kelihatannya mudah. Tinggal mengayunkan raket saja bukan?!

Taka : Kamu pikir mudah menjadi tangan kanan, kalau memang kamu mau mencoba silahkan saja. Aku justru dengan rela melihat kamu bermain.

Taki : Ah itu semua bisa-bisa kamu saja, mentang-mentang kamu bisa semua. Mana sini!

Taka pun menyerahkan raket pada Taki untuk dipegang oleh si S. Pegangan Taki tidak begitu kuat, beberapa kali bola yang melambung di udara dapat ditangkis Taki, tetapi banyak pula yang meleset. Taki mendengar suara tawa si A, dan memandang sinis ke arah si A. Kemudian mencoba lagi menangkis bola yang melambung tetapi Taki membuat raket yang dipegangnya hanya berputar-putar saja di udara dan kembali membuat Si A tertawa terbahak-bahak. Taka yang melihat Taki murung saat itu pun akhirnya mendekati Taki.

Taka : Kamu lihat kan Taki, tidak mudah menjadi Aku. Aku harus berlatih cukup lama untuk dapat menggenggam raket dengan benar dan dapat menangkis bola yang melambung itu dengan benar. Sering juga aku di tertawakan pada saat aku masih belajar bermain bulu tangkis sampai akhirnya aku bisa menggunakannya dengan sangat baik.  Menjadi Aku memang menyenangkan selalu digunakan oleh manusia hampir di seluruh keseharian mereka, tetapi coba kamu pikirkan betapa lelahnya Aku. Justru Aku iri menjadi kamu Taki, karena kamu memiliki waktu istirahat yang banyak dan digunakan untuk saat-saat tertentu. Aku juga tidak akan sempurna jika tidak kamu temani untuk mengangkat kursi, membawa baki, atau hal lainnya yang dibutuhkan manusia untuk kita lakukan bersama. Saat itulah aku menjadi lebih bahagia karena aku tidak perlu melakukan semua sendiri, ada seseorang yang dapat membantuku kapan saja di sela-sela waktu senggangnya. Aku harap kamu mengerti Taki, bahwa kita sudah punya tanggung jawab dan tugas masing-masing untuk membantu manusia melakukan pekerjaannya. Kita juga punya resiko masing-masing untuk itu. Tidak mudah menjadi aku, dan tidak mudah juga menjadi kamu. Bukan begitu Taki?

Taki : Iya kamu benar Taka, aku salah telah iri sama kamu. Seberapa pun manusia mencoba adil, sebenarnya mereka tidak akan bisa adil jika bukan kita sendiri yang sadar dengan tanggung jawab dan tugas kita. Jika tidak disadarkan seperti ini, aku pasti akan terus menerus iri padamu Taka.  Paling tidak aku bisa memungut bola yang jatuh sementara kamu masih memegang raket. Paling tidak aku masih bisa memang bola sebelum aku jatuhkan dan kamu pukul untuk diberikan pada lawan saat menservice bola. Bukankah kita diciptakan untuk saling bekerja sama, jadi buat apa aku harus iri padamu.

Taka : Sekarang kamu sadar kan Taki, disaat kita melihat orang lain lebih baik kita sebenarnya orang tersebut pun melihat hal yang sama dari kita. Jadi buat apa iri jika itu bukan untuk kita? Kita punya bagiannya masing-masing. Bersyukur saja. Aku hanya sering digunakan, tetapi aku pun sama denganmu hanya sebuah tangan dari seorang S yang tidak akan sempurna jika tidak kamu temani Taki.

Taki yang mendengar perkataan Taka pun langsung menautkan jari-jari tangan mereka satu dengan lainnya.

Si S : Nah jadi begitu deh cerita tangan kiri dan tangan kanan, sekarang kamu paham kan kenapa tadi saya mencoba menggunakan tangan kiri.

Si A : Iya paham tapi tetap saja lucu.

Si S dan Si A pun tertawa bersama mengingat bagaimana susahnya menggunakan tangan kiri untuk bermain bulu tangkis.

Note : Dari cerita di atas, pesan yang ingin saya sampaikan adalah bahwa kita manusia sebenarnya tidak akan pernah bisa adil pada siapa pun juga, bahkan untuk organ tubuh kita sendiri pun kita tidak dapat bisa adil, walau pun sebenarnya sudah merasa adil. Begitu pun manusia, kita selalu merasa iri pada orang lain. Selalu merasa menjadi orang lain itu lebih enak, lebih menyenangkan. Padahal belum tentu apa yang kita lihat di luar sesuai dengan apa yang dirasakan oleh orang tersebut. Kita sering mengatakan Tuhan tidak adil pada kita, sebaiknya sebelum kita berkata begitu coba kita koreksi diri kita sendiri dulu apakah kita sudah cukup adil bagi diri kita sendiri? Kita hanya perlu menyadarkan diri kita sendiri bahwa kita sudah memiliki tugas, tanggung jawab, rejeki, dan lain sebagainya di dunia ini sesuai dengan porsi kita masing-masing. Bersyukur dan bekerja sama itulah kunci yang mampu menjauhkan kita dari rasa iri terhadap orang lain.

Salam...... Greensasa

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer nusantara
nusantara at TANGAN KANAN VS TANGAN KIRI (51 weeks 5 days ago)
90

Keep writing

Writer rifkaazzahra
rifkaazzahra at TANGAN KANAN VS TANGAN KIRI (5 years 7 weeks ago)
80

menarik. tapi terkesan terlalu menceramahi :) barangkali tujuannya memang begitu?
CMIIW. keep on writing. salam satu persatuan.

Writer Putri Prastiwi
Putri Prastiwi at TANGAN KANAN VS TANGAN KIRI (5 years 8 weeks ago)
90

Kerjanya Si A cuma ketawa melulu, tapi aku suka sama pesannya... ^^

Writer greensasa
greensasa at TANGAN KANAN VS TANGAN KIRI (5 years 7 weeks ago)

si A belum bisa menangkap pesannya karena merasa aneh melihat hal yang tak biasa.... terima kasihhh putri sudah membaca....

Writer testoramo
testoramo at TANGAN KANAN VS TANGAN KIRI (5 years 8 weeks ago)

wii

Writer greensasa
greensasa at TANGAN KANAN VS TANGAN KIRI (5 years 7 weeks ago)

:D

Writer Madanevs
Madanevs at TANGAN KANAN VS TANGAN KIRI (5 years 8 weeks ago)
80

hm.. semacam analogi yang tersirat...

bagus ..:)

Writer greensasa
greensasa at TANGAN KANAN VS TANGAN KIRI (5 years 8 weeks ago)

ah iya... maksudnya memang begitu...
terima kasih madanevs :)