OTOME KATA (The Way of Otome): Otaku Demo Koi Ga Shitai. Asahina Yue's Profile

Yak, sambil menunggu ditulisnya season 2, aku mau main-main sebentar dulu sama karakter di OTA-KATA XD *Biasanya author atau mangaka pro sebelum ngelanjutin serinya yang udah tamat di season sebelumnya kan ngisi jeda sambil publish karya-karya teaser, atau episode filler (nggak penting) buat bikin fansnya anticipating dan tetap menanti season selanjutnya getoh...

 

PLAK! Abaikan pembukaan di atas.

 

So, yang udah ngikutin dari awal (makasih makasih makasih, tanpa kalian aku hanyalah butiran debu dalam lagu Cakra Khan), tentunya tahu kalau kebanyakan karakter di LN ini didominasi ama cowok. Satu karakter utama (Aoi Rie) vs 4 anggota klub otaku yang super nyentrik. Makanya pas bikin ini yang kebayang itu bikin skrip ala game OTOME (love game buat cewek, yang tujuannya merebut hati karakter-karakter cowok di game) atau visual novel XD

 

So, bagaimana kalau OTA-KATA beneran dijadikan otome game atau visual novel? Hehehe, judulnya jadi OTOME KATA (The Way of Otome): Otaku Demo Koi Ga Shitai *hihihi ngebajak judul anime lain XD 

 

GAME START. TUTORIAL MODE.

------------------------------------------------------------------

 

A. INTRODUCTION

 

Prolog: Kamu berperan sebagai Aoi Rie (cast Riie Aine Nomura). Seorang gadis cantik berambut hitam panjang sepunggung dan berkacamata berbingkai ungu (yeeey meganeko!), yang baru saja pindah ke sekolah barunya: Shinayama Campus Academy. Kedatangan Rie di sekolah itu cukup memberi kesegaran bagi para cowok di Shinayama. Dengan senyuman khas ala yamato nadeshiko-nya, Rie sukses mengumpulkan penggemar sejak di hari pertama. Juga karena kepribadiannya yang baik, ia tetap bisa diterima oleh cewek-cewek di sana. Guru-guru pun menyukai Rie karena ia bisa mengikuti pelajaran dengan mudah.

 

 

Terlalu sempurna sebagai karakter utama? Marie Sue? Tunggu sampai kamu tahu bahwa gadis ini ternyata berusaha menyembunyikan jati dirinya sebagai otaku! Tepatnya mantan otaku. Di sepanjang game kamu akan disuguhi beberapa kilasan adegan masa lalu Rie yang berhubungan dengan insiden yang dia alami di sekolah lamanya*. Dalam insiden itu, kamu akan tahu bahwa Rie dulunya tidak seperti sekarang. Rie dulu adalah seorang gadis pemalu yang suka bersembunyi di balik kanvas lukisan besarnya. Kacamatanya silinder tebal, dan ia mengikat rambutnya dengan gaya cepol yang berantakan (khas seniman).

 

Ya, di Hoshigaki Gakuen, sekolahnya yang dulu, Rie adalah anggota klub seni rupa, yang mencintai seniornya. Tak hanya itu, diam-diam Rie ternyata menyimpan impian menjadi pembuat manga. Selain berkegiatan di klub, hari-harinya diisi dengan usaha untuk menggambar gaya manga dan membuat cerita sendiri. Namun, sesuatu terjadi di antara Rie dan sang senior, tepat di hari kelulusan anak kelas tiga. Yang jelas kejadian itu membuat Rie trauma dan menjadi hikikomori (menarik diri dari pergaulan sosial secara total dan tak mau keluar rumah sama sekali). 

 

Butuh setahun bagi Rie untuk benar-benar bangkit dengan mengupgrade dirinya. Tepatnya ketika orangtua memaksanya mengikuti sekolah kepribadian John Robert Power. Di sana, ia mengumpulkan kembali kepingan-kepingan kepercayaan dirinya yang hancur di bawah bimbingan para instruktur yang benar-benar perhatian dengannya.

 

Kenyataan bahwa dirinya adalah mantan otaku, bekas pelaku hikikomori, dan bahwa dia setahun lebih tua daripada teman-temannya di Shinayama akan selalu menghantui Rie di sepanjang permainan. Jika hal ini sampai tersebar, akan mempengaruhi impression value of you, dan tanggapan para karakter di sekitarmu. Menegangkan bukan?

 

  • Apa sih Impression Value of You itu?

 

Impression Value of You (IVY) adalah mode untuk membuat game ini terasa lebih realistis bagaikan berinteraksi dengan orang-orang di dunia nyata. Selain mempengaruhi para karakter kunci yang kamu temui, ini juga akan mempengaruhi karakter-karakter sampingan di sekolahmu, dan ini akan mempengaruhi seberapa banyak bantuan yang bisa kamu terima di sepanjang game. Singkatnya kamu harus memberikan kesan yang baik pada orang-orang di sekitarmu agar sukses menjalankan game ini.

 

Selain menjalani skenario utama, di waktu luang kamu bisa memilih untuk membantu beberapa guru atau beberapa teman di kelas atau sekolahmu secara random. Misalnya kamu bisa membantu mengantarkan barang ke kelas, mengambil barang ke kelas, mencari barang hilang, mengunjungi klub ekstrakurikuler lain sebentar, sampai jadi tempat curhat dan mak comblang!

 

Semakin tinggi impression value-mu, semakin banyak bantuan yang bisa kamu dapatkan dari teman-teman di sekitarmu (yang akan mempengaruhi berjalannya event-event kunci yang akan kamu hadapi seperti demonstrasi klub di awal semester, even comiket, dan festival kebudayaan sekolah). Semakin rendah impression value-mu, karakter-karakter pendamping tersebut akan enggan membantumu, reputasimu memburuk dan bahkan bisa mempengaruhi skenario dengan karakter cowok yang kamu incar menjadi bad ending.

 

Tapi hati-hati, keasyikan memainkan skenario tambahan untuk mendapatkan impression value yang tinggi, bisa membuat dirimu semakin jauh dari skenario utama. Akibatnya game akan berakhir dengan datar setelah kau gagal mendapatkan karakter yang kamu incar karena keseringan bermain-main. Game ini memiliki batasan waktu, yaitu antara musim semi sampai musim panas. Jadi singkatnya kamu cuma punya waktu 6 bulan dalam game untuk menyelesaikan skenario dengan cantik.

 

Selain itu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Soal tingkat prioritas perhatian yang kamu berikan pada orang-orang di sekitarmu. Kalau kamu memberikan IVY yang terlalu tinggi pada beberapa orang yang sebenarnya tidak menjadi fokusmu selama permainan, mereka bisa GEER, atau karakter yang kamu incar bakal cemburu. Dan kamu harus bekerja keras untuk menjelaskan kesalahpahaman itu pada cowok-cowok malang tersebut, atau orang-orang akan menganggapmu play girl. Jadi dalam game ini, 'baik' pun butuh perhitungan. Hahahaha...

------------------------------------------------------------------------------

  • Nah, kembali ke inti, apa sih konflik utama di game ini?

 

Saat pindah ke Shinayama Gakuen, Rie malah terseret dalam konflik yang terjadi antara klub otaku dan anak-anak OSIS. Klub otaku adalah salah satu klub yang terancam dibubarkan karena dianggap sangat tidak produktif, serta manfaatnya pun dirasa tak jelas. Tak heran kalau sang wakil ketua OSIS tampak sangat bernafsu untuk membubarkan klub tersebut.

 

Kamu, sebagai Rie bertugas untuk membantu dengan segala cara agar klub itu tidak dibubarkan. Awalnya kamu tidak akan tertarik dengan klub tersebut. Tapi seiring dengan banyaknya kamu berinteraksi dengan para anggota klub yang semuanya cowok itu, akhirnya kamu bersimpati juga. Selain itu, klub otaku tersebut membangkitkan kenanganmu saat di Hoshigaki Gakuen, saat kamu begitu sungguh-sungguh mengejar impianmu menjadi pembuat manga.

 

Nah, karena terlalu sering berinteraksi dengan para anggota klub, saat sedang mengatur strategi penyelamatan klub, wajar dong kalau kamu bisa terjebak cinlok?

 

Nah, siapa saja cowok-cowok yang bisa menjadi targetmu di sepanjang permainan?

 

Dalam postingan kali ini, aku akan memperkenalkan karakter cowok kedua yang siap merebut hatimu. Jika dalam postingan lalu aku sudah memperkenalkan Liu Shan, sekarang saatnya memperkenalkan Asahina Yue. Butler yang bekerja pada Liu Shan dengan sepenuh hati.i

 

  • Asahina Yue, The Devoted Butler (cast: Raka Aditya/Mirza Aditya)

 

Yue sedang bersama Liu Shan yang cosplay sebagai Takanashi Rikka dari anime Chuunibyou Demo Koi Ga Shitai

 

"Terserah kalau kau mau naksir sama saya. Tapi hati dan tubuh saya hanya untuk Tuan Liu Shan!" 

 

Asahina Yue adalah butler yang bekerja bagi keluarga Liu Shan sejak kecil. Ia semacam bodyguard yang akan menjaga Liu Shan dengan nyawanya (bahkan menjaganya dari dirimu!!!). Kepatuhannya pada Liu Shan benar-benar di luar logika, sehingga dia rela diperlakukan apa saja oleh Liu Shan. Bahkan dia pun rela ikutan cosplay menjadi karakter anime/manga perempuan demi memuaskan keinginan Liu Shan. Asahina menguasai berbagai seni bela diri. Dia juga menguasai tata panggung dan berbagai teknologi special effect yang semuanya didedikasikan untuk menonjolkan keelokan cosplay Liu Shan. Jadi jangan kaget kalau Asahina bisa menebarkan glitter, konfeti, bunga mawar dimana-mana, bahkan bisa membawa dan mengeset lampu sorot dimanapun dan kapanpun hanya untuk Liu Shan.

 

Hubungan Asahina denganmu awalnya dimulai dengan cara yang buruk. Dia menganggapmu sebagai gadis yang berbahaya buat Liu Shan dan terus memanggilmuDark Witch di sepanjang permainan. Tapi seiring dengan banyaknya dirimu berinteraksi dengannya, kamu akan menyadari bahwa dia sebenarnya adalah cowok manis, bisa malu-malu dan sangat setia.

 

Asahina berbicara dengan bahasa formal dan memanggil semua orang dengan embel-embel san, di belakang namanya (kecuali terhadapmu! Ya KECUALI HANYA terhadapmu!). Tapi kalau kamu berhasil mendapatkan hatinya, dia akan memperlakukanmu bagaikan putri raja dan rela melayanimu seumur hidupnya! (Dasar mental butler!)

 

Alasan Asahina bergabung dengan klub otaku hanya demi Liu Shan. Jadi sebenarnya dia tidak peduli kalau klub akan dibubarkan, tapi kalau Liu Shan sedih karenanya, itu baru yang bikin dia repot. Karakternya aslinya agak kaku dan kurang fleksibel, tapi kalau mau dia tak kesulitan menjalin hubungan dengan orang lain. Dia pintar beradaptasi, tapi tidak terlalu banyak bicara.

 

Kalau kamu mengikuti skenario Asahina kamu akan tahu apa yang terjadi di masa lalu yang membuat Asahina begitu mengabdi pada Liu Shan. Di waktu normal, Liu Shan sebenarnya jengah dan sungkan terhadap perhatian Asahina yang begitu berlebih. Dia berharap butlernya yang setia ini bisa memilih jalan hidup dan memperoleh kebahagiaannya sendiri. Tapi begitu dia pakai kostum, dia akan mem-bully Asahina dan semua itu akan diterima cowok ini dengan suka rela serta lapang dada (tipikal DoM???)

 

Untuk mendapatkan hati Asahina sangat kompleks karena begitu fokusnya dia pada Liu Shan. Karena Asahina Yue hampir selalu membayangi Liu Shan, event dan skenario kedua orang ini seringkali berkaitan. Kalau kamu mengikuti skenario Asahina dan memberi perhatian terlalu banyak pada Liu Shan, Asahina akan menghargaimu tapi merasa sedih dan diam-diam cemburu. Tapi kalau kamu mengabaikan Liu Shan sama sekali, Asahina akan acuh padamu.

 

Sedangkan kalau kamu mengikuti skenario Liu Shan,  kalau kamu memperlakukan Asahina dengan buruk, Liu Shan akan tetap menjauh. Sebaliknya dalam skenario Liu Shan, kalau kamu memberi perhatian yang terlalu banyak pada Asahina, Liu yang malah cemburu (walau dia akan merelakan dirimu demi kebahagiaan Asahina).

 

Intinya kalau kamu memilih skenario Liu Shan atau Asahina, kamu akan menjalani cinta segitiga yang mendebarkan!

 

Oh ya, berdasarkan pilihan yang kamu pilih, ada skenario rahasia di mana Asahina akan melamar Liu Shan yang tentu saja akan ditolak mentah-mentah. Cowok ini lalu patah hati dan memutuskan berhenti sekolah dan bergabung dengan Dinas Pasukan Pertahanan Nasional!!! Atau mungkin dia akan menjadi pendeta dan memutuskan tidak menikah selamanya. (HAHAHAHAHAHA)

 

Asahina Yue adalah seorang techno-otaku yang sangat tertarik pada apapun yang berhubungan dengan teknologi serta gadget.

 

Golongan darah Asahina Yue: A

 

Read previous post:  
Read next post:  
80

Saya salah komen >.<

eh? salah komen piye? Wkwkw... BIsa diedit or didelete kok komennya

90

Saya nggak(belum) mengerti gimana gamenya, tapi akan coba ikutan. Hihihi. Liu bikin minder, dan Nobu bikin kesel. Hmm.. Mau pilih Asahina aja :D (siapa tau dia bisa bikin special effect yang sweet buat Rie)

Asiiiik! Akhirnya ada yang nge-fans sama Asahina juga XD *tebar beras

Sekarang tinggal nunggu si Liu dapat fans aih XD

Game-nya kaya love game yang ceritanya cowok ngejar cewek gitu. Simulasi. Versi cowoknya disebut otome.

Juga visual novel :D hehehe