Hukuman Buat Acok

Pria brewok itu duduk bersandar di kursi halte. Dia menggoyang-goyangkan kedua kakinya yang terjuntai lurus. Kepulan asap kendaraan, bunyi klakson, dan deru suara mesin turut meramaikan suasana di sekitar halte. Pria itu tersenyum lalu menjentikan jarinya, Tik!!

Seketika rok mini milik wanita seksi yang berada di seberang jalan terangkat naik, hingga celana dalamnya yang berwarna ungu kejanda-jandaan terlihat utuh. Pahanya putih, ada tato Shinchan di paha kanan dan gambar Hello Kitty di celana dalamnya.

"Suuiit suuiit!" siul salah seorang pria.

"Hello Kitty niee" teriak pria dengan tindik di ketiaknya.

Semua lelaki yang berada di sekitar halte menoleh ke arah wanita itu dengan wajah mesum. Penjual batu akik, abang-tukang-bakso-mari-mari-sini-aku-mau-beli, supir angkot, wakil supir angkot, bendahara, sekretaris, anaknya supir angkot, neneknya, kakeknya, yang notabene semua penumpang di dalam angkot itu adalah keluarga si supir angkot. Cewek itu baru sadar setelah beberapa saat, maklum dia sedang menelpon. Di normalkan kembali posisi rok mininya, pipinya memerah sembari berjalan angkuh, pura-pura tegar, lalu menghilang di keramaian.

Pria brewok itu mengubah posisi duduknya, kali ini kaki kanannya diangkat di atas paha kiri sambil menepuk-nepuk lutut dengan tangan kanannya. Setelah beberapa menit berlalu, pria itu kembali tersenyum lalu menjentikan jarinya, Tik!!

Kali ini sebuah wig terbang di udara. Lelaki buncit, botak, kepalanya panuan, dengan setelan jas hitam berbahan sutra berlari mengejar wig itu. Empat orang bawahannya yang berpostur atletis membantunya. Semua orang yang melihat pemandangan itu tertawa terbahak-bahak, ada yang sampai kencing di celananya, ada yang kencing di celana temannya, ada yang sambil kayang, ada yang cakar-cakar aspal, dan ada pula yang kesurupan. Dengan usaha yang keras, tekad yang bulat, dan energi biskuat, akhirnya lelaki buncit, botak, kepalanya panuan itu mendapatkan rambut wignya.

"Alhamdulillah" sahut Pak Haji yang tadinya asyik bermain domino di warung samping halte. Senang melihat lelaki itu telah mendapatkan wignya.

Pria buncit, botak, kepalanya sudah dipasangi wig itu berjalan dengan cepat, pipinya memerah karena malu, bawahan-bawahannya mengikuti dari belakang, mereka menghilang di tengah keramaian.

"Hmmmfff" Pria brewok itu menghembuskan nafasnya.

Sinar matahari semakin terasa panas. Pria brewok itu menunggu korban selanjutnya. Sambil menunggu ia menyulut api dengan koreknya lalu kemudian membakar sebatang rokok dari sakunya.

"Fuuuhhhh" kepulan asap rokok keluar dari mulutnya.

Pria brewok itu kembali tersenyum, dia cepat-cepat membuang rokoknya ke tanah lalu menginjaknya, kemudian menjentikan jarinya, Tik!!

............. Tidak terjadi apa-apa.

Pria itu heran, kembali ia menjentikan jarinya, Tik!!

.............. Sama, tidak terjadi apa-apa.

Dia kemudian berdiri, Tik!! Tik!! Tik!! (bunyi hujan diatas genteng) berkali-kali dia menjentikan jarinya namun hasilnya tetap sama, tidak terjadi apa-apa. Dia terlihat serius menatap tangannya, mengernyit, lalu kemudian dia mengupil, mengorek-gorek telinganya, lalu menjentikan jarinya, Tik!! sama, tidak terjadi apa-apa.

"Acok,"

Suara yang terdengar berat, lantang, dan jelas itu menghentikan Acok dari kesibukannya yang sedang menjentikan jari. Acok kaget, ia berpaling dan melihat seorang kakek-kakek, jenggot panjangnya terjuntai dengan uban telah mengganti semua rambut hitamnya. Langsung saja Acok berlutut, kedua telapak tangannya ia rapatkan, kemudian di angkat di atas kepalanya sambil menyembah.

"Guru!" seru Acok.

"Jadi ilmu yang kuberikan kepadamu lima tahun yang lalu, kau pakai untuk menjahili orang ya? bagus, bagus, tingkatkan itu" gurunya menyindir halus.

"Tidak guru, orang-orang itu adalah orang yang angkuh dan tidak memperdulikan orang lain" balas Acok membela diri.

"Kamu tidak punya hak menghukum orang lain! Tahukah kau, wanita seksi bertato Shinchan itu adalah seorang janda yang anaknya sedang terbaring koma di rumah sakit? Tahukah kau, Wanita itu sedang menelpon teman-temannya, keluarganya, karena ia mau meminjam uang untuk pengobatan anaknya?!"

"Maaf guru aku tidak tahu"

"Dan lagi, lelaki buncit, botak, kepalanya panuan yang Alhamdulillah sudah dipasangi wig itu, kamu kira dia pengusaha sukses? Dia hanyalah pedagang kerupuk Acok"

Acok tidak berkata apa-apa, ekspresi wajahnya menunjukkan penyesalan. Guru Acok mengelus-elus jenggotnya sambil tersenyum, lalu menjentikan jarinya, Tik!!

Seketika Acok berubah menjadi sebongkah batu akik.

"Renungkanlah perbuatanmu itu, kau berhak dihukum. Saya pamit dulu yah? Ada acara arisan keluarga di Gunung Kidul, salam kners!" kata gurunya sambil melangkah meninggalkan halte itu.

Penjual batu akik di seberang jalan terus memperhatikan sebongkah batu yang ada di halte, pembeli yang datang pun ikut memperhatikannya, mulai dari pegawai negeri, kolektor batu akik, hingga duta besar batu akik Indonesia. Mereka semua saling menatap, lalu seketika semua yang ada di lapak batu akik tersebut berlari menuju halte. Diantara yang berlari ada yang membawa palu, ada yang membawa linggis, ada juga yang membawa seperangkat alat sholat dibayar tunai. Mereka semua mengerumuni Acok yang sudah menjadi bongkahan batu akik. Mereka memukul-mukul Acok dengan palu, mencakar-cakar Acok, membacakan Surah Yasin, ada juga yang foto-foto selfie di tengah kekacauan itu. Acok tidak bisa apa-apa kecuali berteriak,

"GURU, TOLONG AKUU!!"

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer ikhsandi373
ikhsandi373 at Hukuman Buat Acok (3 years 27 weeks ago)
80

Tato sinchan di paha kanan, hmmmm janda yang nakal

8 dari 10 gan untuk efek ketawanya :p

Writer timbuktu
timbuktu at Hukuman Buat Acok (4 years 14 weeks ago)
100

ahahaha....ahahaha....biggest Laugh i ever have ahahaha

note: pembaca buku raditya dika? ada beberapa gaya bahasanya yg mirip, cmiiw.

Writer Nine
Nine at Hukuman Buat Acok (4 years 14 weeks ago)

Hehehe, makasih banyak bang udah mampir. :)
Jujur sy ngak pernah baca buku raditya dika, seingatku novel komedi yang saya baca cma 1, saya lupa judul dan nama pengarangnya (udah lama sekali, itupun minjem), yang saya ingat cuma covernya ada gambar monalisa yg mukany di plesetin.
Maklum bang kalo ada gaya tulisan yang mirip-mirip, saya masih pemula soalnya :)

Sekali lagi makasih udah mampir bang. (y)

Writer benmi
benmi at Hukuman Buat Acok (4 years 14 weeks ago)
70

Humornya dapat.. walau rada dipaksain.. wkwkkw..
Beberapa kata agak aneh.. seperti yg uda dikoment jg... hmmm.. sisanya ak kasi point aja deh.. hehehehhe... salammmm..

Writer Nine
Nine at Hukuman Buat Acok (4 years 14 weeks ago)

Hehehe :)
Maksih banyak mba ben sudan mampir :)

Writer d.a.y.e.u.h.
d.a.y.e.u.h. at Hukuman Buat Acok (4 years 15 weeks ago)
70

halo, Nine.
saya sebenernya udah lama baca ini.
cuman saya bingung ngomentarinnya karena saya enggak ketawa, kecuali mesem bentar pas di awal, heuheuheu.
maaf >_<
pernah coba bikin Cerita Pendek yang serius?

Writer Nine
Nine at Hukuman Buat Acok (4 years 15 weeks ago)

Iya mba, maklum kekomedian seseorang (duhhh!!) itu pasti dipengaruhi oleh selera komedi orang2 disekitarnya.. hehe
saya masih belum tau carany bikin cerita yang bisa di mengerti komediny oleh semua org, sy msh belajar mba.. :) Dan sepertinya kayakny selera komedi kita berbeda (hehe, mohon maaf mba) sehingga sulitlah buat diriku ini untuk bisa membuat mba dayeuh tertawa ngakak smpe kencing di celana kain pak RT. :)

Untuk cerita yang serius, sy msh stuck bikin kelanjutan "Dra Fali" genre sci-fi. Udah buat sih prologny n sy sdh posting (postingan perdana). Sy msh harus nambah2 lgi referensi seputar sci-fi trus cara2 menulis yang baik dan bisa dimengerti oleh pembaca buat ngelanjutin sci-fi Dra Fali.
jdi saya mohon doa mbak dayeuh nih, biar cerita sci-fi sy bisa menarik, manis, imut-imut, dan menegangkan buat semua pembaca. Hehe

Makasih udah mampir mba. tiap posting sy slalu tggu2 lho komen mba dayeuh yg Alhamdulillah selalu jujur, pedas, tpi tetep membangun.. hehe

Salam adipura

Writer d.a.y.e.u.h.
d.a.y.e.u.h. at Hukuman Buat Acok (4 years 15 weeks ago)

aamin, Nine. yah kita tahu nulis itu proses. kalau tekun, coba lihat beberapa tahun lagi, tulisanmu bakal makin keren mestinya, hehe.
saya rasa kita mungkin enggak bisa menyenangkan semua orang, tapi kalau ada sebagiannya aja dr mereka yang bisa senang, kayaknya itu juga udah bagus.
terima kasih juga, ya, Nine, udah mampir ke postingan2 saya sebelumnya :D

Writer Nine
Nine at Hukuman Buat Acok (4 years 15 weeks ago)

Iya mba DYH sama-sama. :)
Mudah-mudahan walaupun saya masih baru belajar, bisa berkomentar yang dapat memberi masukan yang berarti di tiap postingan mba DYH. :)

Writer ichisan
ichisan at Hukuman Buat Acok (4 years 15 weeks ago)
100

Ah, jadi ini asal mula batu akik toh, saya baru tahu :))
Good post,lucunya dapet... :D
Keep posting :D

Writer Nine
Nine at Hukuman Buat Acok (4 years 15 weeks ago)

Hehehe, mkasih udah mampir ichisan.. :)
Tetep smangat!

Writer ichisan
ichisan at Hukuman Buat Acok (4 years 15 weeks ago)

Sama-sama. Semangat juga :D

Writer Cherolita
Cherolita at Hukuman Buat Acok (4 years 15 weeks ago)
90

HAHAHAHA Kak Nine, aku ketawa ngakak XD Tapi aku ketawanya rada telat sih, soalnya masih agak-agak menunggu klimaksnya gitu wkwkwkwk Komedinya dapet bgt nih Kak, keren! XD

Writer Nine
Nine at Hukuman Buat Acok (4 years 15 weeks ago)

Hehe, mkasih cherolita sdh mampir. :)
Seneng juga bsa bkin kmu ktawa-ktiewi .. hihihihi

Writer aryanugra
aryanugra at Hukuman Buat Acok (4 years 16 weeks ago)
80

kocak...

Writer citapraaa
citapraaa at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)
100

Ngegabungin macem-macem tapi ga lebay, okelah!

Writer citapraaa
citapraaa at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)
100

Ngegabungin macem-macem tapi ga lebay, okelah!

Writer Nine
Nine at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

Hehehe.. thx udah mampir kak citapraaa... :)

Writer arsenal mania
arsenal mania at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

ahak...ahak...
gw agak bingung sih bacanya tapi oke lah, berhubung ini komedi, jadi gua summon indro warkop: kompor gas, brada!!
......

gw agak nggak ngeh sih bagian akhirnya, kenapa itu batu akik A.K.A acok dipukulin? gw pikir bakal direbutin.
kecuali kalo si acok dirubah jadi begal atau residivis yang dicari polisi.
ahak...ahak...ahak...
buakaaaaar!!!
....
keren lah
:)

Writer Nine
Nine at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

Ceritanya si acok itu msh bongkahan, jdi mesti di pukul2 dlu biar pecah trus di jadiin cincin deh.. hehe

Mkasih udah mampir mas arsenal.. :)

Writer The Smoker
The Smoker at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)
70

ngehehehe
9, salut si sama keliaran pikiranmu nambahin kekacauannya, cuma masii over menurut saya. ada yg terkesan kekanak2an, apa sengaja? apa menurut saya aja kali ya, heuheu.
suka istilah2, salah satunya: "ungu kejanda-jandaan"
Oiya yg ini nih: "abang tukang bakso, mari-mari sini,
aku mau beli" ngerti sih maksudnya kemana, lepas dari itu rasanya kurang pas gunain koma, kali disatuin gimana ya? jadi abang tukang baso-mari-mari-sini-saya-mau-beli. kesannya jadi beda. lepas dari lucu apa nggaknya ya.
sekian,
xaxaxaxa

Writer Nine
Nine at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

Hehe, mksih om smoker atas masukannya, soal yg kekanak-kanakan mungkin di bgian lagu anak2 yg sy selip2 yh?? Hmm itu krna hampir tiap pagi tetangga seblah rumah mutar lgu anak2, yh jdi pas nulis, kebayang-bayang... :)
Trus yg ttng abang tukang bakso bener masukanny om smoker, ngak kepikiran, (maklum knowledge msh sdkit)
Mksih udah mampir bang,

Salam pramugari... (y)

Writer The Smoker
The Smoker at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

jangan panggil om ah, saya baru menghamili tetanggamu, bukan tantemu, 9 :p

Writer Nine
Nine at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

Hahay... :)
Kalo bgitu sy panggil bang aja , gmn??

Writer The Smoker
The Smoker at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

Haha :)
semaumu saja Nine...

Writer Nine
Nine at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

Siipp dah (y)
Abang tukang bakso aja sy panggil, hehe

Writer Gurandil
Gurandil at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)
2550

Gokil, cerita di atas cukup mampu membuat aku nyengir, heeee

Writer Nine
Nine at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

Hehe, thx broo...

Salam kenal... (y)

Writer Thiya Rahmah
Thiya Rahmah at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)
70

Lumayan bikin nyengir, hanya saja cobalah untuk membuat cerita komedi yang tidak hanya memanfaatkan kata-kata lucu. Tapi juga suasana lucu. Seperti deskripsi keluarga supir angkot. Saya rasa itu terlalu berlebihan (atau cuma saja aja ya). Beberapa bikin nyengir memang, tapi beberapa ada yang bikin saya berpikir "kok bisa? Heh? Ouh! Hahaha :D"
Ya... semua kembali pada selera humor masing-masing. Bagus kok Kak :D Saya lumayan menyukainya. Tetap semangat menulis :D

Writer wmhadjri1991
wmhadjri1991 at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

Hihihi, iya bener juga ya. Bagian supir angkot itu mungkin agak over. Tp mungkin si supir angkot sekeluarga lg mau kondangan ke luar kota. #apasih# Salam kenal ya. q

Writer Thiya Rahmah
Thiya Rahmah at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

Mungkin kali ya? *mikir* Salam kenal juga Kak wmhadjri1991, kapan-kapan mampir ke lapak saya juga ya :D Hehehe (promosi khi khi khi)

Writer Nine
Nine at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

Makasih Thiya, kamu bener juga...
Siiip dah , saya belajar lgi... :)
Mksih jga udah mampir..... Hehehe

Writer Thiya Rahmah
Thiya Rahmah at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

Sama-sama ^_^

Writer wmhadjri1991
wmhadjri1991 at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)
80

Aku suka banget. Kayaknya km cocok bikin cerita model kayak gini bro? Bikin nyengir hehe. Tapi ada moral value nya juga (Jangan pake wig n jangan pake CD) #halah# Bahasanya juga enak. Aku agak terganggu sama pemakaian tanda baca yg overload sih. Misalnya tanda seru yang sampe 7 biji itu. Sekian dan terima kasih. #cringg

Writer Nine
Nine at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

#criing... salam pramuka,
Thx bro atas komennya, pesan moral yg kamu tangkap juga sma kayak sy hehehe (sambil asah-asah batu akik), iya bro sy jga bru nyadar klo tnda baca sy kebnyakan.. mkasih atas masukanny yh... hehe, TIK!! (menghilang)

Writer Isk
Isk at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)
80

Wkwkwk walau nggak sampe terpingkal-pingkal tapi sukses bikin nyengir. Itu si kakek sadis pisan, orang diubah jadi batu akik, udah tau jaman sekarang orang Indonesia lagi pada demen ngumpulin batu akik.

Writer Nine
Nine at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

Hehe, thx buat kejujuranmu Isk, :)
Salam kenal... :)
N thx udah mampir....

Writer alcyon
alcyon at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)
100

sebenarnya tingkah Acok yang menggoda wanita rok mini itu juga tidak serta merta salah Acok karena si wanita itu sendiri yang siap digoda dengan memakai rok mini. sementara dengan orang memakai wig, Acok memang keterlaluan.
dan di tempat rame kayak gitu, gak ada yang heran ya saat si kakek tiba2 muncul di depan Acok, padahal banyak orang berkerumun juga ngurusin batu akik???

Writer wmhadjri1991
wmhadjri1991 at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

Itu sexual harassment, broh..

Writer Nine
Nine at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

Hooo gitu yah?? (Timpuk jidat)
Sory deh, salah saham sya... hehe

Writer Nine
Nine at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

Ya emang sih, tpi d sni sy ngak ngebahas sexual arrasment-nya, ceritanya kan komedi, jdi ngak trlalu deskripsi yg bgian vulgarny.... btw bang hadjri udah baca critanya blom?

Writer wmhadjri1991
wmhadjri1991 at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

Eh? Itu tadi saya bales komennya alcyon ttg gak bisa disalahin jg kalo cowo godain cewe karena pake rok mini..

Writer Nine
Nine at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

Iya bener jg yh? Wnita itu mmng pantas digoda.. hehe
Emang sih ngak trlalu detail pas si kakek muncul, tpi klo mo dipikir ad penjelasan logisnya kok, si Acok kan masih sibuk jahilin, bisa aja koq si kakek datang/lewat naik ojek trus liat si acok trus singgah... tpi yh itu sih menurut saya, hehe
Ngak trlalu fokus jelasin sebab-akibat soalny ni crita komedi, jdi saya fokusnya ke "komedinya" aja....

Thx udah mampir,
Salam kenal.....

Writer AdeliaPS297
AdeliaPS297 at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

Bagus! udah bikin nyengir :D

Writer Nine
Nine at Hukuman Buat Acok (4 years 17 weeks ago)

Mkasih Banyak, sya terharu... T.T
Jgan lupa pointnya donk.. hehe :)