Chris - Menebang Pohon



Menebang Pohon

- Oleh Chris -


eramai-ramai mereka memanjat mambang di belakang rumahku, saat aku hendak mengayunkan parang untuk menebangnya. “Sudah?” tanyaku.

Serentak mereka membalas: “Sudah!”

Teb! Teb! Parang kuayunkan. Batang mambang menyerpih. Serpihannya meloncat ke mana-mana. Keringatku lantas bercucuran, sementara teman-temanku kegirangan.

“Ke mana jatuhnya?” mereka bertanya.

“Kananku. Kalian juga bantu guncangkan pohonnya!” perintahku.

Lalu mereka berteriak satu-dua-tiga. Mengguncang-guncang batang dan dahan. Bunyi derakan menambah kegirangan mereka.

Namun ternyata pohon oleng ke kiri. Panik, mereka tak sempat berbalik. Tawa girang berganti pekik ketakutan. Akhirnya satu per satu mereka melompat sebelum pohon tumbang.

“Katamu ke kanan!” kata mereka marah-marah.

Aku tertawa. “Jadi berat ke kiri pohonnya!” - Cirebon, Nopember 2015



Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer nusantara
nusantara at Chris - Menebang Pohon (46 weeks 1 day ago)
90

bagus,
mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari dan salah perkiraan eh
salah perhitungan,
akakakakak
ga bisa komen jadi begini doang,
harusnya komen tentang tulisannya tapi harap maklum aja lah,
komen nyeleneh lebih baik daripada tidak komen

Writer cat
cat at Chris - Menebang Pohon (3 years 38 weeks ago)
80

Kalau kami dulu sukanya pas ayunan terakhir-terakhir. Lalu sok bergayq seakan memiliki kekuatan super yang dengan sekali tendang pokok pisang pun tumbang.

Dan pernah sekali nyasar ke parit.

Pokok mambang jatuh mengambang.

^_^

Writer Nine
Nine at Chris - Menebang Pohon (3 years 39 weeks ago)
100

Ahahahaha, endingnya mantap, Bang! XD
.
Sepertinya menarik untuk dicoba itu: naik di atas pohon yang lagi tumbang. Yang penting pohonnya ngak salah jatuh seperti di cerita ini. :)
.
Sebelum komen saya baca-baca dulu pendapat teman-teman yang lain, dan saya tertarik di komennya Bang Senal. Tapi tertarik aja, Bang. Saya ngak bisa ngasi respon. :p
.
Seperti yang dibilang sesepuh di bawah kalau benar cerita ini segar. Ya, karena saya baca ini pagi-pagi sebelum jam 6. Sambil dikena angin sepoi-sepoi pas pagi hari, jadi nambah segarnya baca ini. :)
.
Asik lah, Bang. Udah itu aja dari saya, hehehehe
Salam Olahraga (Y)

Writer samalona
samalona at Chris - Menebang Pohon (3 years 40 weeks ago)
100

Ini betul 100 kata kah? Kemudian sendiri menghitungnya sebagai 121 kata, hehe. Tapi ini komen tidak penting.
Sejauh yang bisa saya ingat, jarang-jarang Shinichi nulis cerita pendek yang sangat pendek, apalagi flash fiction. Sehingga membaca ini terasa ada angin segar yang sedang berhembus.
Bisa saja kenyataannya Shinichi sudah menulis banyak flashfic, dan saya yang jarang mampir makanya kurang update, hehe. Bagaimanapun, angin segar tetap angin segar buat saya.
Salam.

Writer Shinichi
Shinichi at Chris - Menebang Pohon (3 years 40 weeks ago)

Halo, Om XD
.
ahak hak hak. Ini cuma perbedaan alat hitung, Om. Dan ada beberapa 100 kata yg pernah saya posting jugak di mari. udah lama tapinya. Ya, 100 kata di sini, hitungan Ms. Word. Dan ketika saya, biasanya memang, menerapkan beberapa formatting HTML untuk postingan saya, beberapa juga dihitung sebagai kata oleh Kemudian. Dan ditambah judul di dalam badan postingan, nama penulis, kota, dll, jelas sudah ini enggak pas 100 lagi kata Kekomnya. Begitulah ceritanya, Om. hohohoho. Kalo ini dicopas ke Word (ceritanya saja) pasti 100. Dijamin 100%. Ahak hak hak.
Semoga menyenangkan :D

Writer Wanderer
Wanderer at Chris - Menebang Pohon (3 years 41 weeks ago)
80

Alih-alih seperti bercermin --perbedaan persepsi kanan dan kiri karena perbedaan posisi-- saya nangkepnya ini tentang fenomena keseimbangan biasa. Tapi seru membayangkan ricuh dan paniknya orang-orang yang mau jatuh tersebut. Hehe.
Moga berkenan. Salam.

Writer Shinichi
Shinichi at Chris - Menebang Pohon (3 years 41 weeks ago)

ini cuma menuliskan pengalaman masa kecil XD enggak kepikiran konsep-konsep lain selain ya ini kemeriahan anak-anak di kampung saya. dulu.
thanks udah mampir.
kip nulis dan kalakupand

Writer arsenal mania
arsenal mania at Chris - Menebang Pohon (3 years 41 weeks ago)

Tadinya saia mau nanya, apaan sih mambang? Tapi setelah dipikir2 lagi, males ah. Ntar ujung2nya lu nyuruh gw searching juga. Ahahaha jadi gw seaeching duluan. Mambang yg gw temu di kbbi online artinya mahkluk halus, sama warna kekuningan.
Jadi saia akan berpegang sama mahkluk halus aja (biar cepet kaya gitu, ahaha).
.
Oke, mambang dipilih sebagai pengganti pohon. Atau mungkin juga sebagai wakil dari pohon. Maksudnya semacam pohon yg ditunggui lelembut.
Ahahaha, kayaknya ini akan ngerubah oersepsi beberapa pembaca (kalau apa yg saia tulis ini benar adanya).
.
Yah saia masih gak bisa ngebayangin sih posisi dua orang itu. Saia ngebayangin mereka di atas pohon. Manjat. Terus berharap dapat sensasi adrenalin saat pohon itu meluncur roboh. Entah ini membawa budaya menebang pohon suatu daerah atau nggak, saia cari tau nanti.
.
Oh, kommen hidden tentang prinsip cermin itu juga entah gimana agak membuat saia berpikir. Andai memang prinsip cermin itu yg diaplikasikan, tokoh penebang kenapa tetap bilang "berat ke kiri, jadinya"? Berarti dia mengamini kalau jatuhnya pohon itu ke kiri dalam persepsi si penebang dan kroni2nya. Bukan karena ia salah orientasi arah.
Ahahaha, sampai sini dulu. Ntar saia lanjut kalo sempet.
Babay, cuy
:D

Writer Shinichi
Shinichi at Chris - Menebang Pohon (3 years 41 weeks ago)

keren ya.
kalian bisa ngebahas sampe ke mana-mana. ahak hak hak.
btw, ini pengalaman seseorang di masa kecilnya. di mana permainan yg paling disukai waktu itu ya ini. berada di atas pohon yang mau ditebang. wkwkwkwkwk...
.
Mambang itu nama sebutan pohon tsb. Gak tau apa nama latinnya =)) Sudah enggak ada lagi di kampung saya. Maklum, hutan sudah jadi kebun kelapa sawit.

Writer spacelove
spacelove at Chris - Menebang Pohon (3 years 41 weeks ago)
90

Nice story, singkat tapi penuh makna...:-)

Writer chawxyz
chawxyz at Chris - Menebang Pohon (3 years 41 weeks ago)
60

Bagus kak! Akunya aja yg kurang nangkep. Haha

Writer caturharis
caturharis at Chris - Menebang Pohon (3 years 42 weeks ago)
Writer Nine
Nine at Chris - Menebang Pohon (3 years 39 weeks ago)

Anu, Bang momod. Saya minta ditraktir Ranjang Pasien, bisa ngak?

Writer arsenal mania
arsenal mania at Chris - Menebang Pohon (3 years 41 weeks ago)

Mod jual lampu nih?
Ahahahaa gw lagi bokek. Beliin dong

Writer Shinichi
Shinichi at Chris - Menebang Pohon (3 years 41 weeks ago)

jiah! makan aja terancam
ahak hak hak

Writer aydiriku
aydiriku at Chris - Menebang Pohon (3 years 42 weeks ago)
70

Sudah kuduga..

Writer hidden pen
hidden pen at Chris - Menebang Pohon (3 years 42 weeks ago)
80

whoa seperti kita bercermin ya. Kanan jadi kiri hi hi. Sangat bagus bang. ^^