PROPOSAL MATAHARI

Suatu pagi, serasa ku terbang umpama uap air yang meninggi dan bersua dengan sang elok (mentari pagi) di antara awan. Sang elok menyapa: "Assalamu alaikum. Apa kabar, bumi?" Dan aku tersenyum saat kelembutan cahayanya menyentuhku usir gelapku.

AKu yang rendah merendah diri tanpa merendah. Senyumku menunjukkan kerendah-hatian dalam tanda tanya besar. Aku berdiri dalam duduk dan duduk dalam berdiri dan bertingkah umpama belukar yang berkelakar. Kemudian, aku berdansa dan menari dengan riangnya hingga siang.

Sang terik tiba dan bertanya: "Apa keinginanmu, bumi?"

Sambil terus menari kujawab: "Aku, ingin, agar kiranya sang elok (mentari pagi) menjaga pikiranku dari pikiram jahat, agar pikiranku tetap baik dan jernih hingga tetap mampu mengedepankan akal sehat dalam berpikir dan tetap bersikap lembut selembut cahaya pagi yang menghangatkan dan enggan untuk menghakimi dan sampai hati menjadi sanggup menjahati orang lain dengan alasan demi kebaikan."

Sang terik tersenyum dan berkata: "Amin."

Aku membalas senyumnya dan bulan menari-nari dalam diam. Tersembunyi dalam siang.

Lalu, sang senja (mentari sore) tiba pada waktunya dan bertanya: "Apakah kain memiliki ruh?"

Aku menjawab: "Tidak."

Saat sang petang (mentari hendak terbenam) tiba, ia meyakinku sesuatu: "Kau melihat dan berpikir dan itu menjadi siapa dirimu."

Aku menjawab: "Dunia adalah ketiadaan yang ada."

Sang petang pergi berganti purnama. Bulan diwaktu purnama menunjukkan dirinya yang apa adanya. Tetap menari bersama bintang yang berseri-seri. Begitulah hati manusia yang terbungkus cahaya. Bulan menunjukkan pakaian cahaya.

Tiba-tiba terdengar suara sang elok (mentari pagi) berkata-kata padahal sang elok tidak ada. Ia berkata: "Pakaian bercahaya menutupi ketelanjangan manusia."

Aku menjawab: "Ternyata kain memiliki ruh." Dan bulan tetap menari dalam diam berpakaian cahaya menerangi kegelapan malam.

Aku berkata: "Aku melihat karena adanya cahaya tetapi aku tak mampu melihat cahaya itu sendiri."

Sang elok berkata: "Akulah cahaya."

Bulan menari-nari dalam diam. Purnama sebentar, gerhana sebentar, purnama sebentar, gerhana sebentar. Dan tersebutlah tentang belukar yang berkelakat tentang halilintar.

 

 

 

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer Nelson
Nelson at PROPOSAL MATAHARI (27 weeks 3 days ago)
70

Curahan hati?

Writer dienar
dienar at PROPOSAL MATAHARI (27 weeks 5 days ago)

amazing title..\m/

Writer nusantara
nusantara at PROPOSAL MATAHARI (33 weeks 1 day ago)

memandangmu
walau selalu
tak akan pernah beri
jemu di hatiku

menyapamu
walau selalu
masih terasa merdu
bagai dawai jumpa

mencari apa yang aku cari
merangkai rindunya hatiku

bulan bawa bintang menari
iringi Langkahku
malam hadir bawa diriku
berjumpa denganmu

dua hati satu tujuan
melangkah Bersama
cinta hadir bawa diriku
menyentuh indahnya

memelukmu
walau Selalu
tak akan pernah sanggup
aku Melepasnya

membelaimu
walau selalu
masih terasa harum
lembut di hatiku

Writer nusantara
nusantara at PROPOSAL MATAHARI (33 weeks 1 day ago)

STOP KONFLIK DI SELURUH DUNIA.
STOP WAR MAKE LOVE.
SEMUA DIMULAI DARI SEKARANG.
DARI INTI TERKECIL, YAITU KELUARGA.
MERINDU PAGI KEMBALI.
MERINDU SUASANA DAMAI, AMAN, TENANG, NYAMAN, HANGAT.
SAY NO TO SARA

Writer nusantara
nusantara at PROPOSAL MATAHARI (33 weeks 2 days ago)

tanah airku indonesia
negeri elok amat kucinta
tanah tumpah darahku yang mulia
yang kupUja sepanjang masa

tanah airku aman dan makmur
pulau kelapa yang amat subur
pulau melati pujaan bangsa
sejak dulu kala

melambai-lambai
nyiur di pantai
berbisik-bisik
raja kelana

memuja pulau
nan indah permai
tanah airku
indonesia

Writer nusantara
nusantara at PROPOSAL MATAHARI (34 weeks 2 days ago)

belukar yang berkelakar tentang halilintar.
maksudnya halilintar itu simbol versus, seteru, ketidak harmonisan, dan lain-lain kata yang merujuk pada satu makna yaitu permusuhan.
Halilintar itu cuma sebentar, maka nermusuhan juga harus sebentar. kan, damai jadinya.
di kalangan atas anggota dpr dan sebangsanya kan suka berselisih dan bertengkar. tertawakan saja biar mereka malu dan mampu memberi contoh baik. terutama contoh untuk tidak korupsi.

Writer nusantara
nusantara at PROPOSAL MATAHARI (34 weeks 2 days ago)

teori cahaya dalam pelajaran fisika dasar di beri bumbu sastra. tapi belum cukup bagus, maklum lagi belajar.

Writer nusantara
nusantara at PROPOSAL MATAHARI (34 weeks 2 days ago)

sesuai alfurqan: 45-47. suatu keadaan tercipta dan mengubah suasana dari terbit fajar hingga terbit matahari, itu semua mengandung makna yang sangat dalam bagi kehidupan manusia. pahamilah bahwa suasana pagi yang teduh, yang hangat, yang menyegarkan tak dapat dengan mudah untuk dilupakan. disini, matahari dijadikan tanda kepastian fase perjalanan. Dan, manusia memilih untuk berusaha menciptakan suasana teduh, damai, tenang, nyaman, segar (penuh kesemangatan dengan bumbu canda-tawa), meminimalisir ketegangan dan stres akibat perselisihan yang berujung pada perseteruan baik dalam lingkup keluarga maupun lingkungan masyarakat seumumnya.

manusia selalu bertanya-tanya dari masa ke masa, mengapa selalu ada pertumpahan darah dimana pun di nuka bumi ini? dalam permasalahan rumah-tangga, pertemanan, pekerjaan, juga lain-lain hal termasuk padanya urusan tawuran pelajar, kerusuhan suporter, kerusuhan konser yang berujung kematian. suasana apa yang dirasa ketika itu terjadi? bukankah panas terik?
begitulah suasana hati manusia yang panas menjadikannya panas hati, panas kuping, panas mulut, panas kepala. padahal sekjak awal sudah diajarkanbenar-benar bahwa dalam menghadapi permasalahan apapun harus dengan kepala dingin. ingatlah kembali Alfurqan:43, wahai manusia yang mencipta suasana panas permusuhan dan berhentilah menuhankan hawa nafsu dan ego diri menuruti provokasi memperpanjang perseteruan.

kembali pada pembenahan mutu diri individu per individu dalam keluarga agar menanamkan jiwa pemaaf dan tak mudah marah.

ingatlah Fathir:13. Allah mudahkan perjalanan matahari dan bulan agar tercipta suatu keadaan yang baik bagi keberlangsungan hidup manusia dan manusia hendaknya sejalan dengan semangat iru untuk aktif dalam menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi tumbuh kembang generasi-generasi berikutnya.

kemudian tak lupa, Al-insyiqaq: 16-20.
perhatikan matahari terbenam.
matahari terbenam membawa cahayanya dan mewakilkan bulan sebagai penggantinya di malam hari yang menerima cahayanya dan memantulkannya ke bumi. Lalu, perhatikankah sast mencapai purnama. fase purnama. cahayanya yang hangat itu membuat teduh hati. ciptakanlah suasana itu. mencipta suasana hangat untuk membangun kebersamaan yang rukun walaupun berbeda-beda.
ingatlah bhwa kebulatan cahaya itu melalui proses yang mencipta fase bulan sebagai gambaran hati manusia. bila gerhana hati atau gelap hati karena amarah, sedih, benci, dendam, dsb, maka ingatlah gerhana bulan yang sebentar dan singkirkan bayangan gelap kebencian, amarah dan dendam dan bercahayalah dengan nurani yang menyala-nyala.
kita memenej hati kita. manajemen kalbu yang baik itu harus belajar.

yang ngompor-ngomporin itu setan dan yang mudah dikomporin itu temennya setan. saya bukan keduanya. kamu juga. dia juga. mereka juga. kita cinta damai.
damai disana dan disini.

Al-imran:118
"Hai, orang-orang yang beriman (yang wajahnya berseri-seri dan selalu tersenyum), janganlah kamu anggap sebagai sahabat karib yang lain daripada golonganmu (yaitu ketegangan dan stres akibat perselisihan yang berbuntut perseteruan panjang). Orang arif takkan dapat menghindari kesakitan, kesukaram serta kemarahan, maka orang beriman pun dalam kehidupannya tak dapat menghindari ketegangan dan stres akibat kesukaran, kesakitan serta kenarahan itu. Oleh karena itu sambutlah kesukaran, kesakitan serta kemarahan itu sebagai pengunjung sementara bukan sebagai sahabat karib ( maksudnya jangan terlalu lama dalam keadaan marah, benci, sedih, dll emosi negatif). Mereka (emosi negatif itu)tak putus-putus menarik kecelakaan atas kamu, mereka suka apa-apa yang membuatnu masuk dalam keadaan yang sulit dalm khidupanmu. Sesungguhnya kebencian telah terbit dari mulut-mulit mereka. Mereka itu (emosi negatif termasuk amarah yang paling utama)menerbitkan iri, dengki dan dendam. Terlalu lama dalam keadaan itu berarti memupuk berbagai penyakit jasmani dan rohani. Tetapi apa yang tersembunyi dibalik ketegangan itu yang disembunyikan oleh hati yang terkotori emosi negatrif itu, ada dampak lebih besar (berkembang menjadi suatu letusan besar seperti perang. tentu saja berbentuk kerusakan (yang tak diinginkan). Kami telah terangkan tanda-tanda itu kepadamu jika kamu menggunakan akal kamu untuk mengkaji ilmu pengetahuan tentang emosi dan pikiran serta pengelolaannya agar mengetahui betapa emosi negatif dan pikiran negatif berdanpak sangat buruk pada kesehatan jasmani dan rohani"