periode

Isi kepalaku saat ini memikirkan tentang abad 16 di asia tenggara dan eropa. Bagaimana menjalani kehidupan pada abad tersebut dan apakah manusia pedalaman sudah ada pada jaman itu?

Aku hidup di abad 21 dan bisa tahu sedikit-sedikit lewat informasi di internet tentang betapa hubungan kebudayaan dan peradaban manusia erat sekali dengan musik dan alat musik. Tentu di setiap suku pedalaman tidak ada biola, gitar, dan lain-lain. Tetapi mereka mengenal seni musik sederhana lantunan suara yang dihasilkan oleh benda, dan mereka juga mengenal tarian-tarian juga mungkin.

Kiranya ini jadi satu hal yang baik untuk kupikirkan. Bagaimana tidak, suku pedalaman memiliki akal yang sama dengan manusia yang tinggal di kota-kota besar dan yang membedakan hanyalah ilmu pengetahuan dan sarana belajar saja. Apakah bisa untuk dijadikan cermin masa lalu saat manusia pada masa awal sebagai mahluk yang tak mengenal ilmu atau belum mendapat ilmu berkehidupan?

Berpakaian sederhana karena belum mengetahui bagaimana membuat mesin jahit dan ilmu memintal benang untuk kemudian dijadikan sebentuk pakaian. Apakah aku sedang berbicara tentang antropologi manusia? Entahlah.

Apakah bisa dijadikan cermin kehidupan masa lalu? Masa awal manusia? Kenapa malaikat Jibril tak mendatangi manusia pedalaman di masa kini dan mengajarkan mereka tentang ke-Tuhan-an dan agama serta ilmu pengetahuan lainnya? Atau, manusia yang hidup di kota besar dan memiliki ilmu pengetahuan lebih yang harus mengambil peran Jibril itu? Mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan sebagaimanahalnya malaikat Jibril mengajarkannya kepada Adam, bapak manusia?

 

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post