Mungkin Setahun Yang Lalu Atau Dua Tahun Yang Lalu

Aku berjalan dalam lorong gelap dan keluar dari lorong gelap berada di sebuah pasar sepi, karena sudah malam. Ruko-ruko tertutup semua dan tiada seorangpun disitu. Hanya aku.

Lalu tiba-tiba dua ekor anjing terpelanting dari atap-atap genting dan dihadapanku bergumul berdarah-darah. Saling mengonggong. Menakutkan dan sangat mencekam.

Kulerai, kucoba pisahkan dengan tongkat bambu yang kuraih seketika saat kuterkejut  saat keduanya terjatuh., dan keduanya menyerangku. Kedua anjing itu menyerangku dan mengoyak-ngoyakku tanpa iba. Bukan hanya pakaian yang terkoyak sebab tanganku pun bersimbah darah digigitnya. Aku diseret kesana-kemari jadi mainan kedua anjing yang sedang bertengkar itu. Aku terkapar. Dan kedua anjing itu kembali melanjutkan perkelahian mereka. Menjauh dan semakin menjauh dariku. Gonggongannya masih kudengar walaupun sudah sangat jauh. Kemudian datang seorang perempuan dan ia berkata padaku: "Kau bukan dari sekitar sini, ya? Semua yang di sekitar sini tahu bahwa kedua anjing itu memang selalu berkelahi dan tak ada yang berani mendekati. Kau harus tahu bahwa terkadang kita tak perlu mencampuri pertikaian oranglain. Biarkan saja sampai akhirnya si pemenang terlihat dan si kalah terlihat."

Aku lalu terbangun dari mimpi dan tetap tak setuju pada si perempuan dalam mimpi yang pada waktu itu terlihat sangat cantik. Aku tetap berpikir bahwa pemenang adalah yang berdamai. Dan kedua anjing itu sama-sama menang ketika mereka berdamai.

Sedikit catatan bahwa ini mimpi sudah lama sekali. Dan tak berhubungan dengan mimpi dua hari yang lalu.

Sangat berbeda. Saya yang bermimpi mencoba menceritakan menurut apa yang dialami dalam mimpi.

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post