LUKISAN LANGIT AWAN

ketahuilah,

kata-kata tak mampu melukiskan keindahan warna

sebab itu,

ingin kulukis bayangmu melalui rangkaian kata

ketahuilah,

aku tak bisa mencampur warna

apalagi harus menyusun imaji di atas kanvas tanpa warna

putih,

apakah engkau sebuah warna?

awan berwarna putih juga kelabu dan terkadang lebih pekat lagi mendekati hitam yang tak bernoda

ya,

hitam tak bernoda

awan pembawa hujan dari Sang pencipta

lantas,

bagaimana Tuhan mencipta warna biru langit dari pagi menuju senja?

mungkin,

hitam langit malam dan kemintang mampu menjawab tanya manusia tentang warna

 

 

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer nusantara
nusantara at LUKISAN LANGIT AWAN (2 weeks 1 day ago)

saya baca citapraa, 2018 lalu merespon dengan puisi lukisan langit awan dan cerpen wingi, hehehe
menulis itu menyenangkan

Writer nusantara
nusantara at LUKISAN LANGIT AWAN (2 weeks 1 day ago)

saya ga kenal citapraa dan yang lain saya ini dikira bergosip saja, haha,
saya disini hanya menulis dan membaca saja.
belajar menulis dan membaca saja

Writer nusantara
nusantara at LUKISAN LANGIT AWAN (2 weeks 1 day ago)

AYO KITA NAIK KERETA....
AYO KITA NAIK KERETA API....
TUT... TUT... TUT... KERETA TAK BERHENTI LAMA...

Writer nusantara
nusantara at LUKISAN LANGIT AWAN (2 weeks 2 days ago)

ini pelajaran anak sekolah yang dipuisikan...
kenapa awan berwarna aneka macam?

Warna awan terutama tergantung pada hubungan awan dengan cahaya matahari. Dalam beberapa hal, warna juga tergantung pada warna langit di sekitarnya.(kutipan)

Jadi awalnya semua warna itu berasal dari cahaya matahari guys. Cahaya matahari secara kasat mata terlihat putih. Padahal cahaya matahari terdiri dari semua warna pelangi loh! Kalau kamu tahu bahwa cahaya yang ada di bumi itu hanya bagian kecil dari energi cahaya di alam semesta guys! Keren ya!(kutipan artikel di internet lah)

Jawaban yang cukup memuaskan secara ilmiah baru muncul pada tahun 1871, saat seorang ilmuwan bernama John William Strutt, atau dikenal juga sebagai Baron Rayleigh yang ke-3, memberikan penjelasan akan sebuah efek yang disebut hamburan Rayleigh (Rayleigh scattering).

Efek ini secara singkat menjelaskan bahwa ketika suatu cahaya melalui suatu zat transparan (bisa apapun yang transparan, tetapi seringnya udara), molekul penyusun zat tersebut akan lebih banyak menyebarkan cahaya dengan panjang gelombang pendek (cahaya biru/ungu) daripada cahaya yang panjang gelombangnya lebih besar (merah).

Lalu, mengapa langit biru yang kita lihat? Bukankah warna ungu lebih pendek panjang gelombangnya? Jawabannya ada pada porsi cahaya biru yang dikandung sinar matahari. Porsi cahaya biru dalam sinar matahari jauh lebih banyak daripada cahaya ungu. Dengan demikian, meskipun cahaya ungu lebih mudah tersebar, jumlah cahaya biru yang lebih banyak membuat pengaruh cahaya ungu tak terlihat.

Efek yang sama pula (hamburan Rayleigh) yang menyebabkan langit sore (juga Matahari) berwarna kemerahan. Mengapa? Sinar matahari yang mencapai mata pada sore hari, telah menempuh perjalanan lebih jauh di atmosfer Bumi, dan selama perjalanan itu, cahaya biru yang dimilikinya terus dihamburkan oleh molekul nitrogen dan oksigen di atmosfer.

Akibat proses tersebut, sinar matahari yang semula cenderung putih sudah kehilangan banyak bagian dari cahaya biru. Cahaya putih yang kehilangan cahaya biru akhirnya akan terlihat sebagai sebuah cahaya kemerahan. Rona kemerahan atau rona oranye inilah yang muncul di sore hari sesaat sebelum langit kemudian menjadi gelap. (kutipan juga lah di internet)

Writer nusantara
nusantara at LUKISAN LANGIT AWAN (2 weeks 2 days ago)

aduh, ini puisinya dianggap atau ada yang beranggapan saya mempuisikan seseorang, yaitu penjaga tiket di kroya yang waktu itu ibu saya tuker tiket, namanya dhea, tertulis namanya dhea, kan seragamnya biru trus kulitnya putih, trus ada juga yang bilang penjaga karcis parkir, seragam kuning berkerudung hitam trus kulitnya putih, eh trus mungkin ada satu dua gosip tentang warna kulit, dihubungkan gitu masa iya ada yang bergosip begitu???