BACALAH AL-'ALAQ 1-5

Bacalah dengan sudut pandang ajaran Tuhanmu yang menciptakan.

Qara-a yang berarti "menghimpun" tak selalu harus di artikan membaca teks tertulis saja, dari kata "menghimpun" itu lahir aneka ragam makna, seperti, "menyampaikan", "menelaah", "meneliti", "mendalami", "mengetahui sesuatu dari teks maupun bukan teks yaitu dalam pengertian membaca kehidupan".

Khalaqa yang berarti "menciptakan (dari yang tiada menjadi ada)", "mengatur (menjadi sempurna)", "memperhalus", dan lain-lain.

Maka bacalah kehidupanmu di hari kemarin dengan sudut pandang ajaran Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah ( janin/bakal janin ) yang belum sempurna organ-organ tubuhnya dan panca inderanya seperti mata mulut dan telinga serta lainnya yang tumbuh dan berkembang menjadi bayi dengan organ telah sempurna dan segenap panca inderanya.

Bacalah, dan Tuhanmulah Yang amat mulia dengan proses pembentukanmu di dalam rahim itu. Dia itu Allah Yang mengajar manusia dengan pena mengenal falsafah pena mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya, bahwa ini adalah jalan hidup yang baik dan yang ini adalah jalan hidup yang buruk atau jahat.

Setelah melalui fase kehidupan dalam rahim manusia lahir ke alam dunia ini dengan segala apa yang ada padanya dikaruniakan berikut panca inderanya. Maka bacalah kehidupan hari kemarin untuk menjadi lebih baik di hari ini. Apa yang sudah kita catatkan di hari kemarin dengan pena di mata kita? Dengan pena di telinga kita? Dengan pena di mulut kita? Dengan pena di tangan kita? Dengan pena di kaki kita? Dengan pena di otak kita? Dengan pena di hati kita? dan lainnya?

Hari kemarin dibaca untuk suatu upaya evaluasi diri untuk memiliki kemampuan mawas diri. Semoga hari ini menjadi lebih baik dengan begitu. Kita menakarnya melalui sudut pandang ajaran Allah yang menciptakan dan semoga mampu jadi saling memuliakan sesama dalam berkehidupan.

Kita mencatat sejarah kita sendiri, membuat sejarah kita sendiri, melewati setiap hari-hari kita. Baca juga kemudian teks kisah orang-orang besar yang sudah mencatatkan sejarah mereka sendiri dan semoga kita terinspirasi walaupun sulit untuk megimbangi kehebatan mereka. Kita mencatatkan amal perbuatan yang banyak setiap harinya dan itu terserah kita sebab kita memilih apapun yang akan kita lakukan. Bukankah ketika ingin membaca buku saja kita dihadapkan banyak pilihan? Mau buku apa dulu yang dibaca?

Mata yang digunakan membaca berarti menuliskan amal perbuatan yang baik, bila mata digunakan mengintip maka mata mencatatkan sejarah amal perbuatan yang buruk yang harus di evaluasi untuk esok supaya tak dilakukan lagi karena tahu itu adalah jalan hidup yang buruk bahkan bisa masuk kategori perbuatan jahat. Jadi, kita adalah buku dan setiap hari yang diberikan oleh Allah adalah ibarat lembaran halaman buku yang diisi oleh kisah kita mengisi hari yang kita lewati. Sudahkah menorehkan tinta emas dalam kehidupan kita ini? Atau, justru menorehkan tinta merah dengan segala perbuatan buruk yang banyak yang pernah dilakukan? Maka perbaiki dirilah kepribadianmu setiap hari? Aku juga berusaha.

Maka ingat kembali surat al-qalam (pena), NUN, demi pena dan apa yang ia torehkan. Berkat rahmat Tuhanmu kamu (Muhammad) bukanlah seorang yang gila. Dan sesungguhnya bagi kamu ganjaran yang tiada putusnya (sebab pengajaranmu tentang baik dan buruk kepada seluruh manusia). Dan sesungguhnya kamu berbudi pekerti yang agung (manusia paling agung sebab akhlaq mulia menjadi panutan dan contoh yang menginspirasi manusia berbagai zaman). Maka kelak kamu kan melihat dan orang-orang yang bersikap negatif-destruktif itu akan melihat (perbedaan perangai dan sikap hidup dalam menghadapi setiap permasalahan kehidupan yang dijalani).

Perbuatan baik apa yang sudah kau lakukan hari ini??

Hari ini aku sudah melakukan perbuatan baik apa, ya?

Kemarin matamu kau gunakan membaca buku apa? Menonton film apa? Apa yang harus kau evaluasi dan ditinggalkan yang kira-kira perbuatan buruk melihat sesuatu yang tak sebaiknya dilihat?

Dan telingamu kau gunakan untuk apa di hari kemarin?

Dan mulutmu, apa saja yang sudah kau ucapkan?

Dan selainnya.

Aku juga berupaya menjaga dari perbuatan buruk sebab aku ingin mencatatkan amal-amal baik dalam kehidupanku setiap harinya. Tentu selalu ada khilaf dan tentu kita juga diajari kata maaf.

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer nusantara
nusantara at BACALAH AL-'ALAQ 1-5 (13 weeks 21 hours ago)

aduh, maaf, sebenernya bukan bermaksud biar dikira ustad..
ga lah, jauh lah kalo disamain sama ustad...
jadi begini...
ada yang belum terbiasa dengan kalimat "dengan sudut pandang ajaran Tuhanmu yang menciptakan"
biasanya itu pake kalimat "dengan nama Tuhanmu yang menciptakan"

sebenernya gini lho, kita ini kan lahir tuh brojol dan ga tahu apa-apa tentang sekeliling kita ini, alam kita ini, kalo kita memahami setiap sekeliling kita dan apa yang terjadi pake sudut pandang sendiri itu namanya pake "zhann" alias sangkaan atau kira-kira tanpa ada keterangan ilmiahnya.

jadi, mengamati segala alam ini harus dengan sudut pandang ajaran Allah Yang menciptakan.
misalnya buat yang udah punya anak trus diajak tamasya alias piknik atau melihat langit siang dan malam dan si anak bertanya banyak tuh, maka harus dijawab yang bener jangan asal-asalan,
misalnya:
-kenapa ada siang dan malam?
jawab:
-Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih brgantinya malam dan siang,bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan itu Dia hidupkan bumi sesudah matinya (keringnya, dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh terdapat tanda-tanda ke-esa-an dan kebesaran kekuasaan Allah bagi kaum yang memikirkan. (albaqarah:164

-bulan itu bersinar, ya?
jawab:
-Dialah Yang menciptakan matahari bersianr dan bulan bercahaya, dst (yunus:5). trus jadi tahu kalo cahaya bulan adalah sinar pantulan dari cahaya matahari.

-kenapa Tuhan menciptakan gunung?
jawab:
-Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, dan Dia menjadikan sungai-sungai mengalir dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk. (nahl:15)
trus, jadi tahu kalo bumi berputar pada porosnya dan terjadi juga siang dan malam karena hal itu dan tahu juga bahwa air itu berjalan dari tempat dataran tinggi menuju dataran rendah, oleh sebab itu air sungai mengalir.

DO YOU UNDERSTAND?

Itulah makanya saya menggunakan kalimat,
"Bacalah dengan sudut pandang ajran Tuhanmu yang menciptakan"

Writer nusantara
nusantara at BACALAH AL-'ALAQ 1-5 (12 weeks 5 days ago)

Mo nambahin...
waktu baca itu terserah kapan, apalagi membaca diri lo sendiri...
buat merenung juga jadinya, seberapa jaoh diri lo sanggup konsisten biar bener-bener jadi manusia.

Tuhan mengajarkan insan apa yang ia belum tahu.

Itu kan kode juga buat buka surat Al-insan (manusia).

Bukankah pernah datang suatu masa dikalamana manusia itu belumlah merupakan sesuatu yang dapat disebut?
Sungguh telah kami jadikan manusia itu dari sel sperma yang bercampur (ovum)yang kami hendak mengujinya (dengan perintah anjuran dan larangan), karena itu Kami jadikan ia berpendengaran dan berpenglihatan.
Sungguh telah kami telah menunjukan padanya jalan yang lurus, ada yang bersyukur dan ada pula yang ingkar berbuat kufur.

Ini kan buat menjawab tanya manusia tentang dirinya dan planet bumi tempa tinggalnya.
Saya heran kenapa orang-orang yang mengamerai sembunyi-sembunyi tidak dibilang kufur?
padahal sudah melanggar ketentuan hukum yang berlaku bagi Tuhan atas indera pendengarannya dan penglihatannya.
Saya tidak berhalusinasi ada orang yang masang kamera sembunyi-sembunyi di rumah saya sejak di bandung sampai di sawangan sini.
Saya harap ada ulama yang mau membela satatement Quran ini bahwa mengintip atau mengintai-ngintai tanpa tujuan jelas adalah kufur dan tak dapat dibenarkan.

saya di dusun sawangan sudah tiga tahun, di bandung, di maleber utara, gang wibawa 2, sejak kira-kira tahun 2013, terkena fitnah teroris dan penghina ulama serta ali sina faith freedom, lalu merasa dikamera sembunyi-sembunyi dan dikuntit bertahun lamanya.
tapi alhamdulilah masih sehat akal dan akal saya sangat jernih.

The unknown human. Itu judul bahasan yang dibicarakan dalam banyak forum tentang ilmu alam dan sejarah perkembangan manusia dalam berbudaya dan berperadaban semenjak masa pra Adam hingga Muhammad sampai abad demi abad berikutnya dimana terjadi praktek kolonialisme-imperialisme bangsa-bangsa Eropa terhadap bangsa-bangsa Asia dan Afrika. Jangan pernah melupakan sejarah kelam perbudakan bangsa kulit hitam dan itu adalah sesuatu yang tak berdasar pada ajaran Tuhan. Jangan lupa juga bahwa praktek imperialisme dibarengi sistem kapitalisme dan feodalisme yang mengarah pada praktek monopoli dagang.
Bangga jadinya dengan KTT NONBLOK.
bangsa-bangsa Asia dan Afrika terlepas dari imperialisme bangsa-bangsa Eropa.
Patut disadari betul bahwa moral manusia terhadap alam memengaruhi moralnya terhadap sesamanya.
Banyak peperangan terjadi demi memperebutkan emas dan minyak dan lain semisalnya, dan setiap peperangan dapat dipastikan meruntuhkan moral manusia sehingga tak menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Tuhan-an dan nilai-nilai peri ke-manusia-an.

Writer nusantara
nusantara at BACALAH AL-'ALAQ 1-5 (12 weeks 4 days ago)

pemikiran ilmiah itu jangan disalah-debatkan dengan fenomena mukjizat. ini kan embriologi menurut alquran tentang si manusia itu sebagai mahluk yang diciptakan Allah.
sebenernya kan sel sperma yang membuahi ovum itu sama juga artinya bercampur. jadi satu. trus berkembang tahap demi tahap dalam rahim.
takutnya nanti salah paham kalo saya sedang mengotak-atik dan dikira ada udang di balik batu.
kan ini keterangan yang turun di abad 7 masehi saat alat-alat modern belum ada.
pengetahuan embriologi ini kan jadi berguna untuk manusia modern terutama untuk berpikir lebih benar.
misalnya jaman dulu ada orang tidak punya anak dan dianggap tidak diberkati dewa, itu salah dalam berpikir, lalu ternyata penyebabnya bisa diketahui macam-macam mulai dari jumlah sel sperma yang kurang atau lain-lain. bisa juga ada opsi bayi tabung untuk yang susah dapat anak.
jangan juga dibawa ke arah yang salah seperti menyamakan dengan teknik inseminasi buatan pada binatang ternak yang disuntik sel sperma alias tanpa proses kawin dengan pejantan. Nanti dikira membawa isu agama dan dikait-kaitkan dengan kelahiran isa ibnu maryam atau orang kristen menyebutnya yesus. Masa malaikat inseminasi buatan ke manusia. nanti malah dikira saya merusak sisitem kepercayaan banyak orang.
semoga jangan dibawa-bawa ke masalah itu. no komen lah saya tentang itu mah.