KUTAKMEMAHAMI

Sepulang dari warnet biasa saja alias seperti biasa yaitu menonton televisi, kalau sedang ingin menonton televisi itu juga. Ku menonton acara Toningt Show, bintang tamu Titi DJ dan putrinya. Tentang single baru mereka yang berjudul imajinasi dan appretiate. Setelah itu menonton satelit tv acara inovator DW, ada memberi informasi tentang kota Edinburgh, ibukota skotlandia, yang diceritakan sisi horornya, ada penulis-penulis novel yang menulis disana untuk mendapatkan inspirasi horor, ada dijelaskan di episode itu tentang imajinasi penulis-penulis yang dipengaruhi alam bawah sadarnya oleh sesuatu yang bersifat spirituil itu. Tapi tentu bukan dalam pemahaman hantu yang memengaruhi penulis menulis suatu cerita yang hendak ditulisnya.

Menonton itu terkadang terkesan tak ada yang aneh. Tetapi akan menjadi aneh sebab ketika memindahkan chanel juga itu bukan karena kebetulan. Bisa saja ada sesuatu yang lain yang memengaruhi alam bawah sadar untuk pindah chanel dan menonton acara tertentu pada waktu tertentu. Di acara Inovator DW tv yang tayang di satelit tv itu menginformasikan sisi kota Edinburgh dalam kisah horor masa lalunya. Katanya itu ada pencurian mayat untuk dijual mungkin ke dokter untuk dijadikan alat praktek bedah atau otopsi macam itulah, belum ada soal pembakaran orang-orang yang dianggap penyihir. Itu katanya di awal abad 19.

Itu bukan kebetulan. Sebab bisa saja aku tidur atau menonton chanel yang lain. Maksudnya adalah bahwa informasi itu bisa masuk kepada siapa pun yang memiliki kecendrungan terhadap apa yang menjadi kesukaannya. Kemudian sesuatu yang tak tampak memengaruhi alam bawah sadar untuk mendapatkan informasi yang ingin didapatkan itu.

Nah, lalu hari ini kubuka google. Kubuka dengan kalimat pencari 'Edinburgh abad 18-19'. Kupilih beberapa tulisan yang ingin kubaca. Kudapat apa yang sebelumnya belum pernah kubaca. Kubaca sejarah perkembangan fisika abad 18 dan 19. Mengutip sedikit.

Sejarah mengajarkan hal-hal yang sangat penting mengenai keberhasilan atau kegagalan penemuan-penemuan fisika, teori-teori fisika yang pernah ada. Diketahui pada abad itu semangat revisi atas kepercayaan-kepercayaan tradisional, memisahkan pengaruh-pengaruh keagamaan (kristen) dan pemerintahan. Masyarakat mulai menyadari pentingnya diskusi-diskusi ilmiah dan pemikiran ilmiah. Age Of Enlightment. Sekularisme menjadi dasar tonggak peradaban maju Eropa. (menurut si penulisnya di tulisannya di makalahnya yang kubaca dan kuketik disini). Ditemukannya bubuk mesiu, mesin cetak dan kompas membawa perubahan besar. (Itu juga yang membuat Belanda yang sampai ke wilayah Nusantara semakin kuat). Penemuan bubuk mesiu di Eropa membuat orang-orang Eropa bersenjata senapan sedang di wilayah lain seperti di Afrika belum.

Penemuan teleskop menambah kemajuan di bidang ilmu perbintangan. Francis Bacon dan Rene Descartes menyerukan kepada seluruh ilmuan Eropa agar tak lagi bersandar pada pendapat Aristoteles. Filsafat rasionalis disebutnya itu. Lalu ada penemuan gravitasi oleh Isaac Newton.

Bagaimana dengan dunia medis kala itu?

Fisika berhubungan erat dengan medis. Perkembangannya seiring sejalan.

Eumh, nganu. Apakah semuanya berhubungan dengan satu tema tertentu dalam penceritaanku ini?

Penemuan stetoskop. Penemunya Rene Laennec. Baca dari itu, UNIVERSITAS MALAHAYATI, BANDAR LAMPUNG. Ditemukan tahun 1816 saat bekerja di rumah sakit Necker. Sebelum tahun itu, sebelum abad itu, di abad 17, bagaimana dokter mendiagnosis pasien? Bagaiman di abad lebih lampau lagi? Bagaimana di abad 7 masehi?

Tertuju pada suatu masa di masa lampau, bagaimana mereka menghadapi persoalan kesehatan dalam hidupnya?

Penemu mikroskop pertama adalah Zacharias Janssen, orang Belanda. Ada juga Anton Thonius Van Leewenhoek menyempurnakan menjadi lebih baik dan berhasil mengamati organisme bersel tunggal.

Ilmuwan dari kalangan muslim di abad sebelumnya seperti Avisena atau juga dikenal Ibnu Sina, itu juga tentu tak sama dalam pengobatannya dengan zaman sesudah ditemukannya alat-alat lain di zaman sesudahnya. Maksudnya bahwa seratus tahun kemudian kemungkinan alat-alat medis lebih canggih dan berbeda dengan zaman sekarang dan penyakit manusia juga mungkin akan berbeda. Mutasi virus dan semacamnya itu.

Apa yang sedang kutulis ini, ya?

Sebaiknya sudahi. Terlalu panjang. Maksudnya agar penguntit mengubah pikirannya tentang ku siapa. Penguntit juga membaca setiap yang kutulis dan kubaca.

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post