KAFFAH, TOTAL BERSIHNYA

Hari ini aku jum'atan dan kemarin tidak. Tapi meskipun tidak, jum'at kemarin itu tetap kucoba menyempatkan waktu mendengarkan khutbah jum'at di TVRI.

Hari ini aku melakukan salat jum'at dan ibu memberiku uang untuk mengisi kotak amal. Untuk berinfaq. Tapi tak kulakukan sebab kugunakan untuk ke warnet dan membuka kemudian.com ini. Lumayan satu jam. Dikasih uang empat ribu. Sebenarnya ini penyalah-gunaan tetapi penyalah-gunaan yang baik alias positif. Bila uangnya untuk beli narkoba atau miras maka itu adalah penyalah-gunaan yang negatif. Memang ada narkoba atau miras berharga empat ribu? Pertanyaan tidak penting.

Kudengar khatib membicarakan tentang islam kaffah. Untuk tidak setengah-setengah dalam beragama alias total menjalankan setiap anjuran agama terutama dalam hal-ihwal berekonomi sebab tak sedikit orang yang beragama islam tetapi curang dalam berdagang dan gemar riba. Kuperhatikan sedikit-sedikit, ternyata tidak semua menyimak sebab ada yang mengantuk ketika khutbah berjalan. Itu bukan urusanku tetapi. Urusan sendiri-sendiri alias masing-masing.

Aku orang yang suka menyimak dan tentu juga suka mengembangkan gagasan berpikir sambil bercanda-canda sendiri tentunya. Dan, kupikir mengambil pengertian untuk sendiri saja bukanlah kejahatan.

Aku berpikir "kaffah" itu adalah total. Total bersihnya. Bersih perasaan, bersih pikiran, bersih badan, bersih makanan, bersih minuman, bersih pandangan, bersih ucapan, bersih pendengaran, bersih langkah berjalan, bersih keputusan, bersih pemikiran.

Untuk bisa kaffah itu susah. tetapi harus terus mendekati. Berupaya lagi dan lagi. Aku belum kaffah, kamu sudah?

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer mr rockstars
mr rockstars at KAFFAH, TOTAL BERSIHNYA (12 weeks 12 hours ago)
80

Ingat! di warnet juga jangan lupa bersih2, ha-ha.

Writer nusantara
nusantara at KAFFAH, TOTAL BERSIHNYA (11 weeks 2 days ago)

yoyoy,
paling susah bersihin hati, hehehehehehe