LUCU YANG ANEH

Aku tahu akan halnya kurang dan lebih atau menyoal suka dan ketidaksukaan, tapi tetap tidak begitu mengerti. Aku tak menyukai aksesoris sebab itu aku tak mengenakan aksesoris apapun. Bahkan aku tak suka mengenakan jam tangan. Anehnya, ada orang yang tak suka padaku karena hal itu. Aku tak suka mengenakan aksesoris gelang , kalung juga, tak suka bertindik juga dan ada orang yang tak suka padaku karena hal itu. Itu cukup aneh.

Menyoal tato, aku juga tak suka bertato dan ada orang yang tak suka padaku karena tidak bertato. Padahal aku tak pernah berkomentar buruk pada orang yang memiliki tato. Itu cukup aneh.

Dan lagi, aku tak menyukai barang-barang mewah maupun pakaian mahal. Itu juga ada orang yang tak suka padaku karena hal itu. Padahal aku tak pernah berkomentar buruk pada siapapun yang memiliki barang-barang mewah maupun pakaian mahal. Itu cukup aneh.

Aku kemudian bertanya pada hatiku dan suara hatiku menjawab, kata suara hatiku: "Tak ada yang perlu diubah menyoal hal itu, seandainya pun kau menggunakan aksesoris gelang, kalung dan bertindik akan tetap ada orang yang tidak suka padamu, hanya saja orangnya berbeda. Orang yang tidak suka padamu menjadi suka sebab kau mengenakan aksesoris tubuh dan orang yang tadinya suka kau tak mengenakan aksesoris akan berbalik tidak suka sebab kau mengenakannya. Pun bila kau bertato tentu akan tetap ada yang tak suka padamu sebab kau dianggap berubah dan sudah menjadi orang lain. Mengerti?"

Itu kata hati yang cukup aneh.

Tetapi cukup bijaksana.

Kata hatiku berkata lagi: "Jangan terlalu menanggapi apa kata orang lain yang tidak penting sebab yang terpenting adalah kau menjadi dirimu sendiri. Akan selalu ada orang yang tidak suka padamu dan itu bukan urusanmu. Menyikapi dengan bijak saja. Bukankah ada orang yang tidak suka padamu karena kau hampir tak pernah pacaran sama sekali selain ketika ABG saja, mereka juga berpikiran yang tidak-tidak. Tapi, tak semua orang tidak suka. Bila kau tiba-tiba menjadi playboy atau pemain cinta, itu juga tetap akan ada orang yang tidak suka dan menganggapimu sudah berubah menjadi orang lain. Mengerti?"

Itu kata hati yang bijaksana.

Tetapi cukup aneh.

 

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post