Cerita Pendek Tentang Ibu

Tangannya menengadah. Tremor kuat sehingga orang-orang menyangkanya ia menderita ayan. Dalam terik dan hujan, ia tetap menengadah. Menanti orang lain yang berbelas kasih untuk memberinya uang, walaupun hanya seratus rupiah saja.
Ia sering diusir satpam. Menganggu pemandangan para nasabah, katanya. Ah.. apa hubungannya para nasabah dengan perempuan itu? Toh perempuan itu tidak masuk ke dalam bank! Kadang ia didorong, kadang ia ditendang. Enak rasanya bagi orang yang digaji satu juta setiap bulan untuk tidak memikirkan apakah hari ini ia akan makan atau tidak.
Langit mulai gelap disertai rintik-rintik air yang diturunkan dari langit. Aku datangi perempuan itu kemudian mengangkatnya dan membantunya berjalan menuju tempat yang aman dari hujan.
"Berapa penghasilan hari ini, Nak?"
"Sedikit, Bu."
"Ibu juga hanya sedikit. Malam ini kita tidak bisa makan nasi. Maafin ibu ya?" Dengan tangannya yang bergetar, Ibu membelai lembut pipiku.
"Jangan meminta maaf, Bu.." Aku tersenyum.
"Aku punya sesuatu buat ibu dari hasil tabunganku selama satu tahun." Aku membuka kantung plastikku. Ku ambil sehelai kain putih bersih tanpa noda yang ku beli dari obralan murah di pasar baru.
"Kerudung ibu sudah rusak. Aku belikan yang baru.."
Ibu tertegun melihat kain ditanganku, seolah-olah ia melihat benda yang paling mewah seumur hidupnya.
"Alhamdulillah..." Bisiknya sambil meneteskan air mata.
Aku tidak takut miskin, aku tidak takut diusir, aku tidak takut tidak makan, aku tidak takut dibunuh oleh preman pasar, aku tidak takut dirazia oleh polisi, aku tidak takut apapun. Satu-satunya yang paling aku takutkan adalah melihat ibu menangis.
Kucium tangannya. "Selamat hari ibu.."
Pejuang cantik dari surga itu memelukku erat dalam dinginnya hujan yang pekat.

Read previous post:  
Read next post:  
Writer arudoshirogane
arudoshirogane at Cerita Pendek Tentang Ibu (2 years 31 weeks ago)

nice

Writer Imamassi
Imamassi at Cerita Pendek Tentang Ibu (2 years 47 weeks ago)
100

*gaktaumaungomongapa* *terpana*

Writer heinz
heinz at Cerita Pendek Tentang Ibu (5 years 3 days ago)
70

Cerita tentang kesedihan yang menyayat ekstra melarat memang terkadang membuat perasaan terenyuh. Tapi terkadang kebahagiaan ga bisa cuma ditinjau dari uang, gaji, ato urusan perut aja.

Kita ga tau si ibu itu semasa mudanya seperti apa. Berapa orang anaknya? Apa saja yang dilakukannya? Apakah ia sudah cukup bekerja keras? Apakah ia sudah cukup menabung? Apakah ia sudah cukup bersyukur?

Kita hanya tahu kalau si ibu itu memang sedang menderita. Kita ga pernah tahu apa yang membuatnya sebegitu menderita.

Writer niawmiaw
niawmiaw at Cerita Pendek Tentang Ibu (5 years 29 weeks ago)

Terima kasih semua atas apresiasinya.

Writer Diech
Diech at Cerita Pendek Tentang Ibu (5 years 29 weeks ago)
70

penceritaan yang bagus membawa pembaca ke dalam kisah,mungkin lebih indah jika di ujung cerita yang lebih menyayat lagi,terlalu cepat mengakhiri kisahnya
PS: pejuang cantik dari surga-->sangat apik...

Writer vrD..
vrD.. at Cerita Pendek Tentang Ibu (5 years 32 weeks ago)

nice story .

Writer leo-yusuf
leo-yusuf at Cerita Pendek Tentang Ibu (5 years 33 weeks ago)
80

huwaaaaaaaaaaaaaa.huaaaaaaaaaaaaaaaa
:::: Sweet :::::

Writer whitewings
whitewings at Cerita Pendek Tentang Ibu (5 years 35 weeks ago)
90

co cwiiit.. >.<

Writer Johan_Liebert
Johan_Liebert at Cerita Pendek Tentang Ibu (5 years 42 weeks ago)
30

Sweet

Writer sobLah
sobLah at Cerita Pendek Tentang Ibu (5 years 45 weeks ago)
80

so sweet.....

Writer Super x
Super x at Cerita Pendek Tentang Ibu (7 years 29 weeks ago)
80

keren

Writer splinters
splinters at Cerita Pendek Tentang Ibu (7 years 39 weeks ago)
90

pendek begini saja sudah sempat membuat hati saya ngilu. apalagi kalau panjang. mungkin saya akan membutuhkan sekotak tisu.

Writer v3ndy
v3ndy at Cerita Pendek Tentang Ibu (7 years 43 weeks ago)
90

menusuk . . . dan kamu tahu itu . . .

PS : akhirnya ada tempat untuk komen cerita ini. soalnya di fs susah masuk 8)

Writer Valen
Valen at Cerita Pendek Tentang Ibu (7 years 44 weeks ago)
70

Bagus, menyentuh. Mengingatkan kembali untuk sayang pada ibu kita tercinta.

Writer KD
KD at Cerita Pendek Tentang Ibu (7 years 44 weeks ago)
30

Satu-satunya yang gak aku suka, cerita ini terlalu pendek

Writer hwarakadah
hwarakadah at Cerita Pendek Tentang Ibu (7 years 44 weeks ago)
80

Humanis banget nih ceritanya...
Salam kenal ya.

Writer firmanwidyasmara
firmanwidyasmara at Cerita Pendek Tentang Ibu (7 years 44 weeks ago)
80

Cakeppp.... jadi inget emak.. emaaakkk.... :))

Writer niawmiaw
niawmiaw at Cerita Pendek Tentang Ibu (7 years 44 weeks ago)

Mirnaaa????
Ceritanya bagus? ya siapa dulu gurunya 8)

Writer F_Griffin
F_Griffin at Cerita Pendek Tentang Ibu (7 years 44 weeks ago)
90

Nia.. lupa ya sama eike, mandor Hari Senen di KGU 8...
Heh! Mane aje luuu
Btw... Eike udah nggak di situ lagi :P

Serius:
Pendek tajam. Bagooos...
Langsung tusuk ke sasaran.
Cerita.... pendek!