Ikan Slomang

Ikan Slomang

“Cal! Cepatlah sikit, mao ikot pegi nanggok (nangkap) ikan slomang ndak?” Amin mengetuk-ngetuk jendela kamar Ical.
“Sabar lok lah! Kamek ambek tanggokan lok!” Ical mengobok-obok lemari piring emaknya. Dia mengambil sebuah baskom yang biasa digunakan ibunya untuk menyiang sayur.

“Sedap ni, kita lomba yok sape yang dapat ikan paling banyak!” Amin mengangkat baskomnya dan mulai berlari menuju parit.
“Woi, jangan nak curi start!” Ical segera berlari mengikuti Amin.

“Ha... ha...!” Amin tertawa keras saat Ical terjatuh.
“Ape yang kau tawakan?” Ical meringgis kesakitan.
“Tenggok ni Cal, dari tadi kamek da dapat lima ekok ikan slomang. Kau satu ekok pun tak nak singgah di tanggok kau tuh,” Amin menunjukkan toples kaca kecil yang dibawanya yang berisi 5 ekor ikan slomang yang cantik.

“Pinjamkan kamek tanggok kau lah! Try sekali jak bah,” Ical menarik-narik tangan Amin.
“Karena kamek tuh orang yang baek hati, makenye kamek pinjamkan,” Amin memberikan baskom miliknya kepada Ical.

“Min! Min! Kamek dapat satu ekok ikan slomang!” Ical berteriak girang.
“Alamak! Itu sih cucu ikan slomang!” Amin tertawa sambil memegangi perutnya.
“Yang penting ikan slomang! Sape tau nanti die akan jadi ikan slomang yang berguna bagi nusa dan bangsa,” Ical tersenyum riang dengan ikan slomang tangkapannya.

Ical berlari ke rumahnya, dia mencari toples kecil untuk menaruh ikan hasil tangkapannya. Setelah beberapa saat mencari dia masih tidak menemukan toples kecil, sementara Amin sudah berteriak-teriak terus.

Akhirnya Ical mengambil sebuah gelas kaca besar dan menaruh anak ikan slomang yang baru ditangkapnya. Ical kembali menuruni tangga rumahnya dan kembali mencari ikan slomang lagi.

--------------------

“Udalah Cal, uda sore ni! Nanti kamek kenak semprot same emak kamek,” Amin menarik-narik lengan baju Ical.
“Besok agik la ye, hari ini kite udahan lok ye,” Amin mengigil kedinginan. Rintik-rintik hujan mulai membasahi muka ke dua anak itu.

“Ical!”
“Amin!” teriak kedua ibu anak-anak itu. Mereka segera membereskan baskom dan berlari menuju rumah masing-masing.
“Besok agik ye, awas kalo ndak!” Ical mengacungkan kepalan tinjunya.

-------------

“Argh! Bapak!” teriak Ical dengan suara yang melengking tinggi. Tangis Ical meledak, dia terduduk dilantai dan mulai menangis.

“Ape pulak budak ni!” bapak Ical memandang aneh terhadap kelakuan anak bungsunya itu.
“Ape pulak ni? Badan basah kuyub, bukannye pegi mandi eh malah break dance pulak di dapok!” emaknya Ical membawa kemoceng untuk menakut-nakuti Ical.

“Bapak, mak!” ical masih saja menangis.
“Bapak jahat mak .. hiks .. hiks .. hu .hu .huuu!” pecah lagi tangis Ical.

“Ape salah bapak Cal? Seharosnye bapak yang marah, kau maen aek dari pagi. Masok dalam rumah basah kuyub, ee.. pakai teriak-teriak agik!” bapak Ical mengurut dadanya.
“Ndak kah kau tuh nak bikin orang tue tuh cepat mati?” bapak Ical mengambil gelas dan mengisi dengan air putih. Tiba-tiba saja Ical menangis meraung-raung.

“Ade ape Cal? Kasih tau emak, kau diapekan same bapak kau tuh?” emak Ical mengelus rambut anak kesayangannya.
“Bapak .. bapak makan ikan slomang tanggokan Ical mak!” bapak dan emak Ical saling berpandangan.

“Ape maksudnya?” teriak bapak Ical.
“Tadi Ical taruh ikannya di gelas itu, pas Ical masok bapak agik nelan ikan slomang kamek! Ikan slomang tuh kesian benar, mate ikan tuh berkace-kace,” Ical menangis sambil terisak-isak. Bapak dan emak Ical saling berpandangan, mereka menatap gelas kaca yang terdapat diatas meja.

"Dari mane datangnye mate ikan tuh bise berkace-kace, aek mate same air putih dah tegabong macam gitu, n'tang ngade-ngade jak budak ni!" sahut emak Ical.

“Jadi!” bapak Ical mengurut-urut tenggorokannya. Emak Ical menatap perut bapak Ical. Mereka menatap Ical secara bersamaan.
“Nape pulak kau taruh ikan tu di gelas bapakmu?” teriak emak Ical.
“Tak ade tempat agik mak, Ical mau cepat bah” Ical masih terisak-iask.

“Ape mau dikate, ikan tuh da masok dalam perot bapak,” Bapak Ical mengelus-ngelus perutnya.
“Bapak jahat! Ikan slomang Ical jadi korban kekejaman bapak!” teriak Ical.
“Besar ndak ikan tuh Cal?” tanya Emak dengan cemas.
“Ndak besak, kate si Amin itu tu cucu-nya ikan Slomang. Bapak merenggut kesempatan hidup ikan slomang Ical!” Ical memandangi gelas kenangan tempat ikan slomang kecilnya.

“Untonglah cume cucu ikan slomang, kalo besak ndak ke’ rusak tenggorokan bapak kau tuh. Lain kali hati-hati kalo nak naroh ikan slomang kau. Uda tau mate bapak kau tuh agak rabun, mane die lihat kalo ade cucu slomang tuh!” emak melemparkan handuk kepada Ical.
“Ndak mao tau! Bapak harus ganti, balekkan ikan slomang Ical!” Ical menarik celana bapaknya

“Aduh!” bapak Ical mengelus perutnya dan prettt ... “Nah .. dah nak keluar dah ikan slomang kau tuh, kau tunggu jak di wc,” Bapak Ical tertawa keras dan berjalan menuju wc. Sementara Ical terus menatap gelas kosong itu dengan pasrah.

Read previous post:  
216
points
(517 words) posted by cat 11 years 46 weeks ago
80
Tags: Cerita | lain - lain | anak | cat | melayu
Read next post:  
Writer duniamimpigie
duniamimpigie at Ikan Slomang (8 years 27 weeks ago)
100

*ngakak*

Writer fachrunnisa eva
fachrunnisa eva at Ikan Slomang (8 years 30 weeks ago)
100

hahahhahahhahahhahaha.....

Writer cat
cat at Ikan Slomang (8 years 30 weeks ago)

hi hi hi hi hi hi hi

Writer dumb.zzzzz
dumb.zzzzz at Ikan Slomang (11 years 23 weeks ago)
50

makaci...atas opini nya...ntar ko uda jadi lagu...aq nyanyiin wat km...miaw...miaw...miaw...puzzzzzz....puzzzzz.....hehehhhhh.....

Writer dirgita
dirgita at Ikan Slomang (11 years 32 weeks ago)
70

Macam mane ceritenye sampai bapak Ical tu nelan ikan slomang? Tak terase, ke? Ngomong-ngomong, di mane Ical nanggok ikan slomang? Di Kapuas, ke? Kamek dolok nanggok ikan slomang di Suahapi, Kabupaten Jawai, Kecamatan Sambas. Tapi dolok. Sekarang dah tadak ade agik. Abis dah kamek bawak ke Kakap^-^

Writer benz
benz at Ikan Slomang (11 years 36 weeks ago)
80

aGak2 nDak Lucu sepanJang ceRite,,

taPi uJong2 akhiRnye Lucu gaK,,

eH cat,

aK mo doNasi giMane caRenye??

cuZ daH bace penjeLasan di bagiaN donasi tu taPi kuRang ngeRti,,

Langkah2nye buat doNasi biaR dapaT fituR2 bintangnye tu gimaNe??

Bis aKu pengen skaLi koLaboRasi same kw ni,,pengen ngeLanjutin ceRite KuntiLanak,,abis skaRang dah kuRang Lucu dah ceRita tu,,

Kasi tw LewaT komen di puisi teRbaRuku yee,,,

d tunggu cat!!

^^V

_benZ

Writer OrangMalas
OrangMalas at Ikan Slomang (11 years 37 weeks ago)
80

Jiwa..
mudah2an eke ga salah tanggp. bru blajar. hehe.
Stay smart.

Regards,
OrangMalas

Writer Cause
Cause at Ikan Slomang (11 years 37 weeks ago)
90

bapak ical bisa kentut ya ? mending judul diganti "asal mula kentut bapak ical". BTW, ok lah

Writer miss worm
miss worm at Ikan Slomang (11 years 37 weeks ago)
80

saya menunggu loh kalau kalau ada berita launching kumcer mu, CAT. saya suka sekali cerita ala CAT

Writer andi tafader
andi tafader at Ikan Slomang (11 years 38 weeks ago)
80

lucu dan menghibur
keluarga yg bersahaja

cuma aku kurang ngerti, soalnya dialek daerah.... tp gpp kan?

Writer babangija
babangija at Ikan Slomang (11 years 38 weeks ago)
80

tak henti-hentinya aku tertawa. Luzu kali pun

Writer masari
masari at Ikan Slomang (11 years 38 weeks ago)
90

Seperti biasa, lucu lengkap dengan dialek melayu dan bercerita tentang anak-anak.

Kereeen^^

Writer moesafeer
moesafeer at Ikan Slomang (11 years 38 weeks ago)
90

meski agak susah bahasanya, tapi lucu nya dah kerasa. :D
salut... salut ....

Writer _aR_
_aR_ at Ikan Slomang (11 years 38 weeks ago)
100

Writer irdix
irdix at Ikan Slomang (11 years 38 weeks ago)
80

hayah.. jadi.. ikannya diminum?? weleh.. ehhehehe..suasananya bisa ketangkep tapi bahasanya rada binun..

Writer bl09on
bl09on at Ikan Slomang (11 years 38 weeks ago)
100

keren banget euy...
lucu banget 2 thumbs up ...

Writer shiroku
shiroku at Ikan Slomang (11 years 38 weeks ago)
100

awak tak menyangke di sini ade juge nyang bikin cerite kocak macem ni...

memang kejam bener pak cik tuh.... membunuh cucu ikan slomang...

hei CAT tapi masih untung lah cucu ikan slomang tu... coba klo dia ketemu awak... nasibnye mungkin tak jau berbeza.. ha..ha...ha...

TOP lah... ^_^,

salam ma pak cik, dan mak cik ye..

Writer vieajah
vieajah at Ikan Slomang (11 years 38 weeks ago)
90

dasaaaaR....
wakakakakakak

Writer arief_endah
arief_endah at Ikan Slomang (11 years 38 weeks ago)
90

great comedy my sister..
wakakakakak

Writer my bro
my bro at Ikan Slomang (11 years 38 weeks ago)
80

bener2 dah lo cat bikin gw sakit perut

udah pake dialek melayu komedi pulak huahaha dasyat sis ^_^

Writer cibo
cibo at Ikan Slomang (11 years 38 weeks ago)
100

..aye suka nyang ini.. heheheee... Lutcu..

Semoga cucu ikan slomang itu memang benar2 berguna bagi nusa dan bangsa.. kekekeeee

Writer ranggamahesa
ranggamahesa at Ikan Slomang (11 years 38 weeks ago)
90

Lucu bet dah niy cerita !!

Writer wehahaha
wehahaha at Ikan Slomang (11 years 38 weeks ago)
80

ceritanya gak banget. Kluarga gila. Wkakakaa. Kata-katanya susah banget sih dimengerti?

Writer Alfare
Alfare at Ikan Slomang (11 years 38 weeks ago)
100

kosa katanya gila...
tapi bukan cuma itu yang bikin bagus...

Writer Villam
Villam at Ikan Slomang (11 years 38 weeks ago)
90

hebat ah...
dari ucapan dialognya udah langsung kebayang suasananya.
nice.

Writer sefry_chairil
sefry_chairil at Ikan Slomang (11 years 38 weeks ago)
80

nice, cat!
menghibur bgt.
oya, masa smlm aku memimpikanmu lho!!
pdhl lom pernah ketemu.
kyaa.. gak penting ya?
hihi^^

Writer cassle
cassle at Ikan Slomang (11 years 38 weeks ago)
100

bahasanya unik ui... meski ada beberapa yg aku ga tau artinya.. tapi menghibur banget..!! hehehe^^
nice cat...