Surat Di Hari Qurban

Untuk Eneng tercinta
Assalamualakum,

18 Desember 2007
Neng, gimana kabarnya di desa? Semoga kamu baik-baik saja. Ini aku sudah ada di kota bareng sama Bandot, tetangga kita, miliknya Bang Umar. Di sini ramai Neng. Ternyata di kota juga banyak teman-teman kita. Tapi beda dengan kita, mereka kurus-kurus dan kecil. Katanya sih kena polusi. Makanya kebanyak yang dibawa ke sini itu dari desa kita. Kata Bang Dikin, pemilik kita, harga kita mahal-mahal lho.

Neng sebelum akang pergi, akang titip anak kita ya? gimana mereka? Tolong dididik ya, biar pinter dan ganteng. Biar bang Dikin bangga dengan akang sebagai penjantan unggul. Dan bisa dibawa ke kota. Jangan lupa kasih rumput ilalang deket lapangan bola. Di situ vitaminnya banyak. Kadang Bang Dikin ngarit disitu tapi pasti rebutan sama temen-temen yang lain. Jadi kalau pas digembala, kamu ajak anak-anak kita ke sana ya. biar si Asep dan Paijo tambah ganteng dan gagah kayak akang. Heheh.

Untung ya Neng, akang udah kawin sama Eneng. Di sini banyak yang masih perjaka Neng. Baru umur setahun sudah diajak ke sini. Si Somat malah baru pedekate sama si Mimin, miliknya Bang Umar juga diajak kemari. Kasihan dia, dia curhat sama akang kalau pas dia udah mau kawin, eh langsung diseret aja sama Bang Dikin. Emang Bang Dikin kadang nyebelin juga. Kayak kita dulu, akang udah seneng mau kawin. Malah kamu dimasukin satu kadang sama si Bandot. Tapi untungnya kamu setia, akang jadi bangga sama kamu Neng.
Ntar ya neng akang udah turun dari truk nih.

19 Desember 2007
Eh neng, akang belum laku Neng. Biasa, kata bang Dikin harga akang emang mahal. Tau ga? Si Somat udah laku. Dia dibeli oleh pak haji di sini. Ngomong-ngomong, pak haji di sini beda sama di desa. Kalau di desa pasti pakai sarung aja, disini pak hajinya modern dan keren pakai kacamata hitam gitu kayak Toni, anaknya Bang Dikin yang kuliah di Ostrali (baca: Australia).
Di sini akang juga ketemu banyak temen neng. Ada juga yang dari Tegal sampai Madura. Akang bingung kalau mau ngajak ngomong. Paling ya cuman ngembek aja. Heheh. Eh kata si Pi’i, sapinya bang Umar, selain kita dan sapi ternyata unta juga ikut. Tapi di sini nggak ada. Katanya adanya cuman di Arab. Akang jadi pengen ke sana.
Di sini aja jenis kita yang lucu Neng. Namanya domba, bulunya lucu tebel, tapi dagingnya kagak ada. Katanya bulunya lebih mahal dari dangingnya si Pi’i. Ck ck ck.

Selain tempatnya yang sempit, di sini makanannya dikit Neng. Masa buat ilalang ijo saja bang Dikin harus bayar seribu ke orang. Padahal kalau di desa bang Dikin yang nyari sendiri. Gratis pula. Katanya sih tanah lapang di sini udah ga ada, cuman ada kandang-kandang manusia aja.
Waduh kayaknya ada yang naksir sama akang nih. Maksudnya akang ada yang mau beli. Heheh. Tuh bang Dikin masih tawar-menawar sang orang.
Akang juga bingung mau berdoa apa? Kalau akang dibeli, akang bisa cepet masuk surga tapi ga bisa ketemu Eneng lagi. Dan kalau akang gak laku pasti akang pulang lagi ke desa dan bisa ketemu Eneng dan anak-anak kita. Tapi, pasti akang disuruh bang Dikin untuk poligami si Mimin, sama aja akang ngeduain Eneng. Akang kan cinta mati sama Eneng. Bingung nih. Kalau aja akang bisa nelpon, pasti akang akan pinjem henponnya (baca: handphone) bang Dikin buat nelponin Eneng. Biar kita bisa diskusi. Ya moga aja Eneng ikhlas ya.
Eh Neng Akang sudah laku. 800 ribu Neng. Paling mahal dari temen yang lain. Akang nangis Neng, akang udah ga bisa ketemu Eneng lagi. Si Pi’i dan Bandot juga sudah laku.

Ai lap yu (baca: I love You) Neng. Heheh gaya. Akang niru bang Dikin yang lagi nelpon Bininya.

20 Desember 2007 (hari raya Qurban)
Neng, ya Allah, Neng. Kadangnya orang yang beli Akang gede banget. 20 kali kandang kita dan 3 kali kadangnya bang Dikin. Di sini masih pada solat id. Kayaknya sih akang disembelihnya besok. Ini akang sama Bandot, katanya tolong salamin buat Minul, salamin aja kalau Bandot cinta mati. Heheh. Eh yang beli akang itu orangnya baik. Akang malah dikasih bayem. Ya mungkin mereka ga tau ya? makanan mereka juga beda, ga kayak bang Dikin yang suka tempe penyet. Mereka suka geger? Apa ya? Burger mungkin.

Waduh akang dan Bandot dibawa ke mesjid. Ya mungkin ini saatnya akang ya. doain masuk surga ya.
Wah yang jadi qurban banyak Neng. Eh si Pi’i juga ada. Dia sudah disembelih. Innalillahi.
Si Bandot juga sudah ditarik Neng, abis ini gilirannya akang. Bandot kayaknya udah pasrah Neng. Mbeeeeeeeeeeekk..aduh Bandot nangis. Innlalillahi.
Gut bai Neng, ai lap yu so mat (good bye Honey, I love you so much)
Muach...embek kiss... ini akang niru bang Dikin.
Surat ini akang titipin Mas Vachzar, dia yang beli akang. Baek orangnya, cakep pula. Kenalin aja sama si Fira, anaknya bang Dikin yang nomer 2. kali aja naksir. Heheh...mas Vachzar juga yang rela ngetikin nih surat. Mas Vachzar makasih ya? Eh Mas, Si Fira cakep lo. Mirip artis di tipi itu loh, namanya sapa tuh? Dian Katrok? Eh Dian sastro.
Mas tolong kirimin surat ini ya.
Gut bai neng. Mbeeeeeeeeeeeeeeeekk!! Alhamdulillah.
Wassalamualaikum.

Pejantanmu yang tercinta

Ricardo bin Mbeekk.

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer OrangMalas
OrangMalas at Surat Di Hari Qurban (6 years 40 weeks ago)
80

"Neng, kutunggu jandamu", Mas Vachzar membatin.

Writer arie_ajalah
arie_ajalah at Surat Di Hari Qurban (6 years 41 weeks ago)
50

:d

Writer wehahaha
wehahaha at Surat Di Hari Qurban (6 years 43 weeks ago)
90

Bagus nih. Gak membuat kesalahan di mana arwah pelaku bisa "menulis" surat. Soalnya suratnya habis sebelum disembelih. Lu dikunjungin si mbek dalem mimpi ya? Hehe. Cuman ada yang gua merasa aneh. Bagian awal masih oke karena mbek mnceritakan tntang hal2 yang udah lalu. Tapi begitu menjelang akhir, kok kesannya si mbek bawa2 kertas dan bolpen kmana2. Jadi sambil jalan sambil nulis gitu?

Writer adrian.achyar
adrian.achyar at Surat Di Hari Qurban (6 years 43 weeks ago)
80

he he he. Ceritanya bagus, kocak. Top deh. Mungkin akan lebih bagus kalo qurbannya diumpetin sampai akhir cerita, biar yang baca jadi tambah penasaran. Yah, saran aja loh yaaa.

Writer dhewy_re
dhewy_re at Surat Di Hari Qurban (6 years 43 weeks ago)
70

kenapa udah disampaikan di awal kalo mau "di Qurban"???

Writer mungil
mungil at Surat Di Hari Qurban (6 years 43 weeks ago)
80

akhirnya mbeeknya buat qurban juga.
kocak storynya bikin senyum2 sendiri ne.....

Writer senja_saujana
senja_saujana at Surat Di Hari Qurban (6 years 43 weeks ago)
90

innalillahiwainnailaihiroji'un...

Writer Nanasa
Nanasa at Surat Di Hari Qurban (6 years 43 weeks ago)
90

km makin kocak aja.
Betewe, aq ga pernah tau ada kambing makan ilalang. Rumput gajah kaleee...
Mbeeeeekkkkk..mbeekkk.. mbeekk.. (hi hi km tau artinya kan?