kata seorang Ibu

digenggamnya jemari tangan itu erat.

"Mama..." panggilnya...
"Beliin aku Barbie yg ituu..." pintanya memelas
mata sang Ibu begitu teduh memandangnya
"Sayang, kan kemarin baru beli mainan Lego.." jawabnya
"Bosen, aku mau ituu!!! barbie yang bisa nyanyi!" rengeknya
sang ibu menghela napas dan menggandeng putrinya pergi.

di dalam Honda-CRV

"Ma, napa sih Mama cuma bisa pergi bareng aku kalo hari minggu doang?" protes Mita yang masih ngambek.
"Mama kan kerja,sayang..."
"Kerja terus, kalo Mama ga kerja, kan ga apa-apa..!"
"Kalo Mama ga kerja, Mama ga akan bisa beliin kamu barbie lagi,sayang..." jawab Mama sembari mengecup pipi Mita.
"Semua Mamanya temenku bisa tiap hari nganter jemput anaknya di sekolah. Mama ga bisa..." Mita mulai protes lagi.
"Maafin Mama ya sayang, tapi untuk acara selasa besok, Mama pasti dateng ke kelasmu.." rayu sang Ibu.
"Bener, Ma? Janji ya!" kali ini Mita tersenyum senang. akhirnya Mama bisa datang melihatnya di sekolah. Mita bosan selalu diantarjemput Pak Pin, sopir keluarganya.

"Ma, ibu-ibu itu ngapain?" tanya Mita saat melihat seorang pengemis di persimpangan jalan.
"Ibu itu lagi minta uang, Sayang.."
"Kenapa? Ibu itu ga punya uang?" tanya Mita yang baru saja naik kelas 2 SD.
"Ya, ibu itu tak punya pekerjaan dan tak punya uang."
"Kasihan ya Ma, bawa anaknya pula.."
"iya, dia minta-minta uang untuk beli makanan , supaya anaknya sehat.."
"ooohh...." Mita manggut-manggut.

"Ma, ada lagi, Ibu-ibu yang ngambil sampah tu." pekik Mita tatkala mobilnya melewati sebuah TPA.
"namanya pemulung, sayang... kerjanya memilih samaph untuk didaur ulang." sang Ibu tersenyum.
"Ibu itu kerja ambil sampah ga bau?" tanya Mita lagi.
"Ya pasti bau sampah, tapi kan kerja halal."
"Ibu itu kerja untuk anaknya juga?" Mita bertanya lagi.
"Iya, sayang."

"Mama, itu Ibu-ibu lagi ngapain?" tanya Mita.
"Oh, itu penjual jamu.."
"Ga berat apa? bawa wadah segede itu di kepala?"
"Ya, berat, sayang.."
"Kerja untuk anaknya lagi?" tanay Mita memastikan.
"Ya."

sampai di rumah, Mita berpikir. Andaikan Ibunya seperti Ibu-ibu tadi, pasti dia tak akan bisa punya mainan Barbie, Lego, PS 3, dan boneka-boneka yang lucu. Mita berlari menuju Mamanya.

"Ma.. Ma..." Mita tersengal.
"Apa, sayang???"
Mita mencium pipi Mamanya.
"Terima kasih, Ma.." Mita tersenyum.
"Terima kasih?" Mamanya bingung.
"iya, Mama selalu beliin Mita macem2, mama selalu bikin Mita seneng, Mama hebat!!"
"hahahaha, Mita tahu? ibu-ibu yang tadi kita lihat? semua ibu selalu ingin anaknya senang. semua Ibu mencintai anaknya."
Mita agak bingung dengar kata-kata Mamanya, tapi masa bodoh, dia bilang, "Pokoknya Aku sayang Mama!"
"Mama sayang sama Mita juga, sangat."

why does a mother loves her children so much?
there is no good answer compare to that question.
the answer should you find out by your self.

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer BhyAtheadeSastri
BhyAtheadeSastri at kata seorang Ibu (6 years 34 weeks ago)
60

bagus isinya, tapi lebih cocok kalo ditempatkan di sub cerita deh

Writer fisk_82
at kata seorang Ibu (6 years 35 weeks ago)
50

well... pesan moral cerita ini bagus cuma pesan moral yang bagus kalau tidak ditunjang dengan bahasa penulisan yang bagus tetep terasa kurang

masih harus banyak belajar kayaknya :D

keep writing ya

Writer Nanasa
Nanasa at kata seorang Ibu (6 years 35 weeks ago)
70

Cerita singkat yang penuh pesan.
I love Mama :)
Akur ma Arra deh.
Keep writting ya..
Eh, Bella kasih point buat diri sendiri??? :0

Writer Arra
Arra at kata seorang Ibu (6 years 35 weeks ago)
60

well idenya bagus, tapi jangan semuanya dialog karena ga dapet soulnya. Coba diperbanyak lagi kalimat yang mendukung dialog dan keadaan lainnya.

Writer didin girl
didin girl at kata seorang Ibu (6 years 35 weeks ago)
90

sayangilah mamamu seperti kau menyayangi dirimu sendiri.

Writer Fadly_El_Subie
Fadly_El_Subie at kata seorang Ibu (6 years 35 weeks ago)
50

yah.. kesbaran ibu akhirnya berbuah kesadaran anak akan cinta seorang ibu. masih smp aja dah bisa bikin cerita yang berbobot apalagi sekarang yah

Writer Redo Rizaldi
Redo Rizaldi at kata seorang Ibu (6 years 35 weeks ago)
60

"why does a mother loves her children so much?"

because she's just try to avoid being hated by the other, if she's not gave that love

that's why

Writer bellabelle
bellabelle at kata seorang Ibu (6 years 35 weeks ago)
100

Cintailah Ibumu, Mamamu, Bundamu, Emakmu, Mamimu, Emesmu, Mbokmu...