Lonte ?

Lonte … Dasar Lonte !!

Lonte ? Apa sih itu … ? Apakah ini adalah sebuah nama makanan, nama hewan, atau nama panggilan sayang ?

Kok aku gak tau ya, aku baru dengar kata-kata Lonte.

L-o-n-t-e, aku dapat kata-kata ini dari Ayahku, setelah mendengar aku tanya,
"Ayah … lonte itu apa sih ?, nama makanan ya, enak gak rasanya ?", tapi Ayahku malah membesarkan matanya lalu memandangku dan dia bilang "kamu lonte, dasar anak lonte".

Anak lonte ?, berarti Ayahku juga Lonte ? aku kan anaknya Ayah.

"Hei,… pergi kau sekolah !!". Ayahku teriak membangunkanku. "Aku bingung kok Ayahku tidak memanggil aku dengan sebutan lonte lagi ya ?.

Ah … sudahlah, aku mandi dan memakai seragam sekolahku yang kusut. Ya … selalu kusut, karena memang tidak ada yang pernah menyetrikakan pakaianku. Lalu aku membuka pintu dan berjalan kesekolah.

Tapi …"Hei Lonte … pulang sekolah kau harus langsung pulang". Wew … kata-kata Lonte keluar lagi, aku jadi semakin penasaran apa sih artinya ?.

Temanku sudah mulai banyak, aku anak baru di sekolah ini, ditengah lapangan ada segerombolan anak-anak, dan aku mencoba menghampiri mereka "Hai …teman, di antara kalian ada yang tau gak apa artinya l-o-n-t-e ?". Temanku menggeleng semua, lalu salah satu dari mereka nyeletuk. "Lonte itu,… itu tu nasi yang dibungkus daun", lalu sambil cemberut aku jawab. "Yee … itu mah lontong … bego lo !!".

Hari ini pelajaran bahasa Indonesia, Ibu guru menyuruhku maju ke depan, dan memperkenalkan diri. lalu aku maju dan aku memberi salam kepada teman-teman dan Ibu guru. lalu aku bilang, "namaku Ririn, usiaku 6 tahun tapi belum genap. Aku tinggal di kampung Kedondong, disana aku tinggal bersama Ayahku. Dan Ayah sangat sayang padaku, karena sayangnya aku punya nama panggilan khusus dari Ayah". Teman-teman mau tau gak siapa nama panggilan kesayanganku ?. Lalu teman-temanku menjawab dengan serempak … MAUUUU". Aku nyengir … teman-temanku lucu. Teman-teman nama panggilan kesayanganku adalah Lonte … lalu aku tersenyum. Dan kembali duduk di bangkuku, paling pojok belakang.

Setelah pelajaran usai aku dipanggil keruangan guru. Sekarang aku ada dihadapan bu guru. Lalu Ibu guru bertanya "Ririn apa benar nama panggilanmu Lonte ?" lalu aku tersenyum lalu ku jawab "iya Bu … Ayahku selalu memanggilku dengan sebutan Lonte, bagus ya Bu. Tapi aku gak tau artinya, apa Ibu guru tau apa artinya Lonte ?" ihhh … Ibu guru hanya tersenyum. Waah sekarang aku tau Lonte itu artinya senyum manis, habis Ibu guru tidak menjawab, jadi aku ambil kesimpulan sendiri saja.

Aku pulang sendiri, teman-teman mungkin sudah sampai rumah mereka masing-masing sementara aku masih dalam perjalanan kerumah. Yaaa … karena rumahku paling jauh, harus lewat kebun, terus lewat jembatan, baru deh sampe rumahku. Tapi aku sudah terbiasa jalan seperti ini.
Eh … iya tadi waktu lewat jembatan, aku ketemu kakak-kakak cantik deh, pake baju seksi banget, trus dia senyum sama aku, lalu aku bilang “Kakak Lonte”, tapi dia malah marah lalu sambil melotot dia bilang “dasar anak kecil gak sopan”, aku kaget. Lalu aku jawab saja “kok kakak marah si, emang kakak lonte kok, aku juga lonte” (senyum manis) lalu aku jalan lagi. Sambil jalan aku berpikir, kok kakak itu marah ya aku bilang lonte, padahal senyum dia memang manis banget, Ibu guru aja kalah manisnya.

Read previous post:  
48
points
(947 words) posted by ananda 7 years 36 weeks ago
53.3333
Tags: Cerita | lain - lain | lain-lain
Read next post:  
Writer rawins
rawins at Lonte ? (6 years 38 weeks ago)
50

Yang ini ya Vie..? Ok deh aku pelajari gaya bahasanya....
Thxs... Gembel dudulz....

Writer vieajah
vieajah at Lonte ? (7 years 14 weeks ago)
80

SinGKat tapi keNa..
eManG bNeR ju9a si, kaYAnYa iTu biasa teRjadi di masyaRaKaT keCiL.. kuRanG peNdidikaN ju9a saLaH saTu masaLahnYa... maKanYa banYak aNak keCiL udah nGeRTi nGomonG "tututut" sensored..

gaG bisa dipunGKiRi, aNak2 eManG sangaT peKa teRHadap haL2 baRu...
maKanYa haRuz seRba eKsTra nGaDepin aNak keCiL...

Writer naila
naila at Lonte ? (7 years 27 weeks ago)
60

hasil pembelajaran bahasa tak lengkap. tenang anak akan mengenrti makna bahasa dengan berinteraksi sosial.

Writer erwin yahya
erwin yahya at Lonte ? (7 years 27 weeks ago)
90

ceritanya ringkas..tapi cukup mengena ke tujuan penulis..oke mantep mak nyuss

Writer kinu
kinu at Lonte ? (7 years 27 weeks ago)
50

persoalan yang dibidik padahal menarik. untuk setting akar rumput, cerpen2 Joni Ariadinata *kumcer Air Kaldera dsb* barangkali bisa jadi referensi.

Writer awibosa
awibosa at Lonte ? (7 years 28 weeks ago)
100

LONTE juga manusia!!!!!

Writer brown
brown at Lonte ? (7 years 28 weeks ago)
70

vie, closing-nya mmg terkesan terburu2. tapi idenya menarik.

Writer stars
stars at Lonte ? (7 years 28 weeks ago)
70

coba diperhatika juga penggunaan tanda petiknya...

Writer bara.bayu
bara.bayu at Lonte ? (7 years 28 weeks ago)
50

Bahasa kasar yg sering terungkap atas nama emosi,
ini cerita sering terjadi di masyarkat bawah.

Kata2 lonte, binatang, anjing, tai, ungkap2 kasar yg tdk layak dikonsumsi anak kecil.

Melalui komentar ini, kita coba berempati, bahwa tdk ada satupun perempuan yg bercita2 menjadi lonte, atau kata halusnya PSK (Pekerja Seks Komersil).

Ok! Nanda

Writer k4cruterz
k4cruterz at Lonte ? (7 years 29 weeks ago)
70

lucu n polos banget ceritanya
btw kyaknya buru2 yaahh vie?ad tanda kutip yg lupa di pake (or emang sengaja)...trus gw seneng bacanya soalnya nafas gw gak trlalu ngos2an malah jadinya rada pendek napas nya
hehehehehe
semangat selalu yaaahh neng vie

Writer unak unik
unak unik at Lonte ? (7 years 34 weeks ago)
80

menarik cara eksekusi idenya. eksperimen membahas suatu kata dari sudut pandang yang unik.

bagus deh vie, ada pelajarannya, brasa keluguannya juga, ada unsur gelitiknya juga. ya sekali tepok 2-3 lalat dapat hihihi. walaupun katanya masih banyak salah ketik, jangan buru-buru atuh kalo ngetik, santai ajahhh...

Writer M4N GalinGing
M4N GalinGing at Lonte ? (7 years 35 weeks ago)
80

punya karater

Writer dhika moreno
dhika moreno at Lonte ? (7 years 36 weeks ago)
70

nice.........easy reading

Writer sekar88
sekar88 at Lonte ? (7 years 36 weeks ago)
70

plis deh jangan sampe anak adik sodara atw sepupu anda yang mengalami hal itu

Writer my bro
my bro at Lonte ? (7 years 37 weeks ago)
90

kasian tuh Ririn...
tp gw doain mdh2an gak salah gaul ^_^ .......
Gaya tulisannya asyik poenya sis!

Writer KD
KD at Lonte ? (7 years 37 weeks ago)
100

good

Writer cibo
cibo at Lonte ? (7 years 38 weeks ago)
60

Polos dan lugu, Ririn di usia 6 thn rasa ingin tahu ya mungkin sepolos ini, tapi kalo udah tau penulisnya, Polos yg ada di pikiran ya poloss hehehe,, Menurut gw ini udah bagus dari koment yg sdh ada ya itulah koment gw hehehee... Zemangat vie..

Writer ananda
ananda at Lonte ? (7 years 38 weeks ago)
40

thanks ya, buat semua komentnya.
julie .. makasih pujianya, buat frenzy juga makasih ya. Pokoknya makasih buat semuanya

buat bang Amri: makasih masukan2nya

gita : hi xena, iya neh kelemahanku di teknis penulisan, thanks dah mo banyak bantu.

Ima ... aku juga lugu loh sama kayak Ririn hehehheh ... tapi aku gak sinting, cuma nyaris .. hehhehe

Intinya ..makasih buat yg udah baca dan kasih koment

Writer gheta
gheta at Lonte ? (7 years 38 weeks ago)
60

wah.. kamu ndulang pujian nih..!kesalan ketik ternyata susah juga ya.
lumayan nih idenya. sok lugu ya ceritanya?dasar lonte(senyum manis)
huwakakakaka....

Writer FrenZy
FrenZy at Lonte ? (7 years 38 weeks ago)
70

aku suka ko bacanya.. :)

Writer Super x
Super x at Lonte ? (7 years 38 weeks ago)
70

hati-hati loh vie... ntar ada yang tersinggung loh...
***
bait prolognya ga' pas, terasa aneh dan belum membaca secara menyeluruh malah sudah menurunkan kualitas cerpen ini. Pilihan kata pada bait prolog ga' pas.
***
adegan bertemu dengan kakak-kakak cantik juga diolah secara terburu-buru... dan rasanya terlalu cepat si anak menyebutkan dan menyimpulkan kata lonte tanpa pendeskripsian lebih dalam.
***
Ide bagus... mayan kocak... hehehe

Writer on3th1ng
on3th1ng at Lonte ? (7 years 38 weeks ago)
50

baru liat judulnya gw langsung tertarik baca,setelah baca emg sih pemilihan katanya masih agak kurang,tapi bagus ko..sip!

Writer shinobigatakutmati
shinobigatakutmati at Lonte ? (7 years 38 weeks ago)
50

bagus kok... namanya lonthe, kayaknya dari namanya sudah menggugah selera hehehe. selera berseni tentunya, jangan berpikir yang lain yah :)

Writer Azarya Mesaya
Azarya Mesaya at Lonte ? (7 years 38 weeks ago)
10

Coba eksplor tentang lonthe dari berbagai sudut pandang. Pihaklah salah satu! Baru bukalah bajumu, lantas rabalah setiap lekuknya, dan kau temukan keindahan tersendiri dalam berkarya. Karena terkadang kita tidak bisa menunjukkan kejujuran kita sendiri. maka latihlah!

Writer mannthea
mannthea at Lonte ? (7 years 38 weeks ago)
70

Hihi, lucu ceritanya. Cuma seperti biasa, masalah Ananda adalah salah ketik. Tapi sudah jauh lebih baik sih dari sebelum-sebelumnya. Lain kali ngetiknya agak tenang Ananda, gak akan ada yang gigit kok kalau agak lama juga. Sampai-sampai nulis tag-nya juga salah tuh =)

Writer ima_29
ima_29 at Lonte ? (7 years 38 weeks ago)
70

Sinting lo yak?sumpah!Lugu banget..jauh dari kepribadian lo..hahahs..piss jenk!TApi bener kata heri, tanda baca dan segala macam teknik penulisan.Cayo bu!

Writer fortherose
fortherose at Lonte ? (7 years 38 weeks ago)
60

... sekali anak itu, nggak tau apa-apa ;p

Writer heripurwoko
heripurwoko at Lonte ? (7 years 38 weeks ago)
60

Idenya oke, tapi masalahnya masih seputar teknis penulisan. Banyak baca deh, nanti juga tau sendiri.

Writer hikikomori-vq
hikikomori-vq at Lonte ? (7 years 38 weeks ago)
70

Pasangan lonte adalah salome

Writer arien arda
arien arda at Lonte ? (7 years 38 weeks ago)
60

nice story...
aye ampe senyum-senyum cendiri

Writer julie
julie at Lonte ? (7 years 38 weeks ago)
70

Amanda..........kamu ini ya, bener-bener deh. bikin aku speechless. keren euy. kamu bisa memaparkan keluguan seorang anak dengan baik. ok bgt