Bagaimana cara mencintai ?

Semua tahu tanggal 14 valentine adalah hari kasih sayang. Tapi apakah semua orang tahu cara mencintai dan berbagi kasih sayang. Aku seorang makhluk naif yang tanpa tahu apa itu cinta apalagi cara mencintai. Hari valentine, seperti hari biasa saja bagiku. Aku mempunyai seorang gadis dia sangat baik. Namun, kenapa aku tidak bisa mencintainnya, Setiap valentine aku selalu bilang “Maaf, aku tidak bisa mencintaimu”. Dia tetap menemani aku setiap saat dan selalu ada saat kubutuhkan.

Sebenarnya aku tidak benci pada hari valentine. Sampai kejadian itu, 14 Februari 2006 silam terjadi kecelakaan yang menghancurkansemuanya. Bintang basket yang digandrungi banyak cewek, sekarang hanya bisa menjadi seorang cacat yang bodoh. Tiap hari aku menyesali diri kenapa aku menjadi seperti ini, aku menghindar dari kerumunan. Hanya satu orang yang mau mendekatiku yaitu gadisku. Dia selalu berusaha ada saat aku butuhkan. Walaupun dia pernah kucaci dia tidak memperdulikannya. Aku pikir dia seperti wanita yang lain mendekatiku saat aku tinggi namun menginjak-injak diriku saat rapuh.

Sekarang semuanya telah berubah, penyakitku bertambah parah. Tiap hari aku cuman bisa duduk dan meratapi hari. “Hei, cacat minggir.” bentak setiap orang yang melewatiku. “Apaan sih?” gadiskku, kenapa dia ada disini. “Sana pacarin aja tuh si cacat, gue kasihan deh ama lo ! Dulu udah disia-siain dan sekarang waktu dia cacat lo malah diperlakuin makin parah! Lo mikir donk.” gadisku cuek, dia tetap pergi sambil membawa aku.

Sekilas aku melihat masa lalu, saat aku bertemu dia . Masa-masa yang bodoh namun indah. Dia begitu pemalu menjadi pacarku, maklum pada waktu itu banyak sekali cewek-cewek yang lebih dari dia mengejarku. Namun, itulah yang membuatku merasakan sesuatu yang tidak aku mengerti. Setelah aku menjadi bintang basket, sepertinya aku berubah seperti merokok dan berjalan dengan cewek lain. “Itu hal wajar semuanya menyukaimu, kalo tidak lo manfaatin bakal nyesel lo.” kata para munafik pada waktu itu. Namun, yang ada dalam pikiranku cuman popularitasku tetap terjaga. Gadisku tetap menjadi gadisku namun, tidak pernah aku membelai dia dengan sayang atau memeluknya saat sedih. Dia hanya kuanggap sebagai alat agar para wanita itu tetap mengejarku. “Lihatlah betapa bodohnya dirimu saat itu” benakku berpikir seperti itu.

Hari ini, aku sudah berpikir lebih dewasa. Ini tahun terakhirku di SMA. Bodoh sekali aku, selama tiga tahun ini aku tidak pernah mencintai gadisku dengan benar. Bulan Februari yang katanya bulan kasih sayang tidak dapat merubah hal tersebut. Sekarang aku cuman manusia terbuang bukan-bukan manusia lagi tapi makhluk yang terbuang, gadisku telah aku lepaskan dan itu adalah permintaanku agar dia mencari lelaki setidaknya manusia yang bisa mencintai dia. “Namanya Arai, dia baik banget sama aku.” kata gadisku mengenalkan pacar barunya. Aku tetap memanggilnya gadisku karena itulah permintaanya.

Sebenarnya hatiku hancur sekali mendengar bahwa Arai cowoknya yang baru itu baik banget. Tapi aku tetap bahagia mendengar dia bahagia dan gembira seperti itu. Besok hari valentine mungkin akan sedikit terlambat, ya terlambat 3 tahun untuk mengucapkannya, tapi aku memang harus mengatakannya sebelum aku akan pergi dari hidupnya. Suatu kalimat yang sebenarnya aku tidak mengerti tapi sering kali diucapkan setiap pria pada wanita. “Aku cinta kamu” kataku mantap namun, hanya di dalam cermin. Aku tidak tahu apakah ini akan berhasil tapi harus kucoba.

Tanggal 14 Februari 2009, inilah waktunya aku ingat bahwa dia bertemu dengan si Arai di restorannya si Tukul. Aku datang seperti seekor makhluk yang cacat tidak terkira. Semua pandangan menuju padaku, tapi pandanganku hanya satu yaitu pada gadisku di ujung meja sana. Dia memanggil namaku dengan gembira, aku mendekatinya dan dengan mantap aku berkata “Aku cinta kamu”. Waktu serasa berhenti aku melihat wajah Arai yang menekuk cemberut dan sebuah senyuman tersungging dari wajah gadisku. “Maaf karena baru pada hari kasih sayang ini aku menyampaikannya” kataku. “Kamu salah, setiap hari yang aku lalui bersama kamu adalah hari kasih sayang dan ungkapan cintamu padaku, aku tidak akan pernah meninggalkanmu” ujarnya. Kemudan aku berkata “Maukah kamu mengajariku mencintai?”

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer crossguard
crossguard at Bagaimana cara mencintai ? (6 years 36 weeks ago)
90

So sweet...

Sayang sekali... seandainya judul diganti "Bagaimana Cara Bercinta" mungkin akan ku toreh 10 di sini...

Writer panah hujan
panah hujan at Bagaimana cara mencintai ? (6 years 36 weeks ago)
70

aku cinta mama...

^^

Writer AdRiKS
AdRiKS at Bagaimana cara mencintai ? (6 years 36 weeks ago)
50

Writer prayana
prayana at Bagaimana cara mencintai ? (6 years 36 weeks ago)
50

bagus juga ceritanya :D
menurut gue valentine emang hari kasih syayang seperti yang dibilang orang.
sebenernya hari seperti valentine emang diperlukan, untuk mengenang perasaan kasih sayang. walaupun tiap hari kita bisa saling berbagi kasih sayang, tapi kalo dilakukan tiap hari lama2 bisa bosen juga kali n meaningnya jadi ilang. tapi kalo di kasih satu hari khusus salam 1 tahun, terserah tanggal berapa , maka ... saat itu bakalan jadi moment yang besar, yang beraarti.

getoh pendapat gue :D

Writer njie
njie at Bagaimana cara mencintai ? (6 years 36 weeks ago)
60

ceritanya siy bagus, tapi pendapat qu tentang valentine ntu beda,,,valentine ntu hri biasa aja ga ada yang aneh,,