nusantara : Comments

Writer seoajagan
seoajagan at (1 week 6 days ago)

haha lucu lucu bos. di tunggu cerita selanjutnya.

Writer nusantara
nusantara at (1 week 6 days ago)

the hospital itu cerita yang dibikin 3 years 50 weeks a go...

Writer nusantara
nusantara at (2 weeks 2 days ago)

saya ga kenal citapraa dan yang lain saya ini dikira bergosip saja, haha,
saya disini hanya menulis dan membaca saja.
belajar menulis dan membaca saja

Writer nusantara
nusantara at (2 weeks 2 days ago)

saya baca citapraa, 2018 lalu merespon dengan puisi lukisan langit awan dan cerpen wingi, hehehe
menulis itu menyenangkan

Writer nusantara
nusantara at (2 weeks 2 days ago)

AYO KITA NAIK KERETA....
AYO KITA NAIK KERETA API....
TUT... TUT... TUT... KERETA TAK BERHENTI LAMA...

Writer nusantara
nusantara at (2 weeks 2 days ago)

ini pelajaran anak sekolah yang dipuisikan...
kenapa awan berwarna aneka macam?

Warna awan terutama tergantung pada hubungan awan dengan cahaya matahari. Dalam beberapa hal, warna juga tergantung pada warna langit di sekitarnya.(kutipan)

Jadi awalnya semua warna itu berasal dari cahaya matahari guys. Cahaya matahari secara kasat mata terlihat putih. Padahal cahaya matahari terdiri dari semua warna pelangi loh! Kalau kamu tahu bahwa cahaya yang ada di bumi itu hanya bagian kecil dari energi cahaya di alam semesta guys! Keren ya!(kutipan artikel di internet lah)

Jawaban yang cukup memuaskan secara ilmiah baru muncul pada tahun 1871, saat seorang ilmuwan bernama John William Strutt, atau dikenal juga sebagai Baron Rayleigh yang ke-3, memberikan penjelasan akan sebuah efek yang disebut hamburan Rayleigh (Rayleigh scattering).

Efek ini secara singkat menjelaskan bahwa ketika suatu cahaya melalui suatu zat transparan (bisa apapun yang transparan, tetapi seringnya udara), molekul penyusun zat tersebut akan lebih banyak menyebarkan cahaya dengan panjang gelombang pendek (cahaya biru/ungu) daripada cahaya yang panjang gelombangnya lebih besar (merah).

Lalu, mengapa langit biru yang kita lihat? Bukankah warna ungu lebih pendek panjang gelombangnya? Jawabannya ada pada porsi cahaya biru yang dikandung sinar matahari. Porsi cahaya biru dalam sinar matahari jauh lebih banyak daripada cahaya ungu. Dengan demikian, meskipun cahaya ungu lebih mudah tersebar, jumlah cahaya biru yang lebih banyak membuat pengaruh cahaya ungu tak terlihat.

Efek yang sama pula (hamburan Rayleigh) yang menyebabkan langit sore (juga Matahari) berwarna kemerahan. Mengapa? Sinar matahari yang mencapai mata pada sore hari, telah menempuh perjalanan lebih jauh di atmosfer Bumi, dan selama perjalanan itu, cahaya biru yang dimilikinya terus dihamburkan oleh molekul nitrogen dan oksigen di atmosfer.

Akibat proses tersebut, sinar matahari yang semula cenderung putih sudah kehilangan banyak bagian dari cahaya biru. Cahaya putih yang kehilangan cahaya biru akhirnya akan terlihat sebagai sebuah cahaya kemerahan. Rona kemerahan atau rona oranye inilah yang muncul di sore hari sesaat sebelum langit kemudian menjadi gelap. (kutipan juga lah di internet)

Writer nusantara
nusantara at (2 weeks 2 days ago)

aduh, ini puisinya dianggap atau ada yang beranggapan saya mempuisikan seseorang, yaitu penjaga tiket di kroya yang waktu itu ibu saya tuker tiket, namanya dhea, tertulis namanya dhea, kan seragamnya biru trus kulitnya putih, trus ada juga yang bilang penjaga karcis parkir, seragam kuning berkerudung hitam trus kulitnya putih, eh trus mungkin ada satu dua gosip tentang warna kulit, dihubungkan gitu masa iya ada yang bergosip begitu???

Writer nusantara
nusantara at (2 weeks 5 days ago)

ada yang dengki, kedengeran dari jauh salah ngartiin lubang hitam tapi bodo amat pendapat orang yang dengki kan suka ngaco dari maksud asli penulisnya, hehehe

Writer nusantara
nusantara at (2 weeks 5 days ago)

hihihi, ada yang komen tapi tidak jelas siapa,
samar-samar dari jauh,
emang ini saya bukan sok pinter bahasa inggris, atau bahasa jawanya itu keminter, kalo ga salah itu,
kedengeran ada yang bilang gini dari kemarin,
lu kate tayo, lu kate power rangers, transaformer ama power ranger ranger ama pacific rim jadi atu hehehe,

aduh, jangan terlalu serius, pada becandaan aja, ga tahu siapa itu,
every second itu pelesetan singkatan secon dan second itu second kan kedua tuh, biasanya orang itu ketika melakukan kesalahan pertama maka pas kedua kali kan jadi lebih banyak opsi alias ada pilihan lain yang harus dilakukan karena sudah melakukan kesalahan pertama,

soal lubang hitam atau black hole juga ga tahu bener apa ngga nya mah, cuma lihat di film-film scify luar angkasa trus ya mana tahu itu ada apa ngga,

Writer nusantara
nusantara at (3 weeks 22 hours ago)

for somebody eve, untuk perempuan siapa pun itu keep your step ever!
hati-hati melangkah dalam menjalani kehidupan yang mana sudah pasti takkan semulus jalan tol, ada kerikil tajam, jalan berlubang, berlumpur.
itulah kehidupan.
Tokoh Ina disini jangan salah dipahami bahwa hidup tinggal menjalani saja dan sudah ditentukan dari awal sampai akhir.
we are, all of us, man or woman, every second, we chose our choice, we are thinking about anything happen.
ketika kita bicara pun kita memilih kata apa yang akan kita ucapkan dan kita memutuskannya sendiri kata apa yang akan kita ucapkan, sadar atau tidak sadar.
saat marah pun, kita bisa memilih untuk diam ketimbang mengeluarkan kata-kata kurang baik.
aku berusaha memahami itu untuk kehidupanku sendiri agar lebih baik dari hari kemarin.