PR Adikku

Seperti malam sebelumnya, hari itu aku membantu adikku yang masih duduk di bangku kelas dua SD mengerjakan PR. Ia tampak capai, kedua alisnya mengerut rapat, sesekali keluhannya terlontar.

“Aku pusing, Kak.” Falma tergugu.

“Yang mana?”

“Ini nih.” Falma menunjuk salah satu soal esai, “Sebutkan syarat-syarat yang menjadikan musyawarah mufakat itu sah.”

Aku menghela nafas. “Ayo, dilihat penjelasannya.”

“Kalau ini, Kak, soal IPA”Adikku membuka buku yang lain, “Sebutkan contoh-contoh energi bunyi, energi kalor, dan energi cahaya dan jelaskan perubahan energi dari benda-benda di bawah ini.”

Kali ini aku mengusap kepala adikku. “Astaga… Kakak bantu baca bacaannya, ya.”

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer alwafiridho
alwafiridho at PR Adikku (11 years 13 weeks ago)
80

Writer fazwaldyava
fazwaldyava at PR Adikku (11 years 14 weeks ago)
70

oooohhhh cuma mw bantuin baca ya kak??

ga usah kak, ade udah pinter qo!!!

halah

bagus ya,, ga nyangka endingnya bgono

kamu kritis ya, dari hal2 kecil jadilah 100 kata...

kemantaban yg perlu ditiru

tapiiii susaaaaaahhh kak, bantuin ade dunk!!

^^,

Writer raka_cobain
raka_cobain at PR Adikku (11 years 16 weeks ago)
70

aku sedikit bingung endingnya..mau di bawa kemana.."Astaga..kakak bantu baca bacaannya, ya."..disini bisa berarti ka2knya jg bingung atau gak tau jadi ikutan sama2 membaca bareng adiknya atau soalnya terlalu rumitkah utk ukuran anak kelas 2 sd atau..bingung aku..he..he..maafin kebodohanku ya..he..he..makasih udah mampir..makasih

Writer mbahYus
mbahYus at PR Adikku (11 years 17 weeks ago)
70

Wah..kok yg ini belum kerasa mau dibawa ke mana arahnya yah...
(binun aku)

Daku juga mau coba2 bkin 10 kata ahh..

Writer muhammadusysyawal
muhammadusysyawal at PR Adikku (11 years 17 weeks ago)
70

Yang sabar ya kalau jadi kakak...Hehe ^_^

Writer zacky
zacky at PR Adikku (11 years 17 weeks ago)
70

Anak kecil adalah inspirasi, tingkah lakunya adalah kreasi.

Writer Dikna Da Masta
Dikna Da Masta at PR Adikku (11 years 17 weeks ago)
80

Belum selesai masalah yang satu, dengan mudahnya dia mengganti dekorasi percakapan ke masalah yang lain. Itu yang terjadi kalau keponakan-ku merasa males memerintah jaring-jaring linoleat-nya bekerja dengan lebih keras.. dasar anak kecil yang ajaib. Tetep semangat ya. Feel-nya bisa aku nikmatin kok.

Writer MicHi_MoeT
MicHi_MoeT at PR Adikku (11 years 17 weeks ago)
70

nasip kita sama de,,menjadi seorang kakak!memang susah yah de ^^

Writer Arra
Arra at PR Adikku (11 years 17 weeks ago)
70

nasibbb emang jadi kakak.. saya juyga merasakannya kok.
cerita naela selalu khas... bercerita tentang realita yang ada!!

Writer genky
genky at PR Adikku (11 years 17 weeks ago)
80

emank dari adek kita pun sering muncul ide yang tak terduga....
wah....rajin blajar donk....
critana menarik kok....
GANBATE!!!

Writer yosi_hsn
yosi_hsn at PR Adikku (11 years 17 weeks ago)
70

Endingnya kok agak membingungkan ya. Kurang greget.

Writer kavellania
kavellania at PR Adikku (11 years 17 weeks ago)
70

untuk ide mah udah bagus banget.
tetapi kenapa ya untuk yang satu ini kok kurang greget gitu. menurut aku datar dek.
biasanya kan kamu kalo bikin cerita gregetnya dapat. ayo donk di perbaiki lagi dek. jangan menurun spt ini
maaf ya atas komenya, tapi ini jujur lho dek.

Writer prayana
prayana at PR Adikku (11 years 17 weeks ago)
50

kalo mau bikin cerpen panjang, coba buat deskripsi keadaan/lingkungan dan tokoh. cari ide permasalahan yang lebih komplex dan buat klimax serta ending yang mencengangkan, pasti nanti ceritanya panjang.

kalo yang ini ... "capai" diganti "lelah".
cerita yang singkat :D

Writer qwertyuiooop
qwertyuiooop at PR Adikku (11 years 17 weeks ago)
60

ceritanya emg real dan emg kaya gini lah pljrn sklh jaman sekarang.. hehehe nice story!

Writer Shinichi
Shinichi at PR Adikku (11 years 17 weeks ago)
80

waaddoohhh

anak kelas 2 SD kok dicekoki pelajaran acem gituh? Biar lulus UN kah?

Nae, kamu pintar menangkap kehidupan sehari-hari dan menjadikannya sebuah cerita yang bisa kami baca.
Sedikit, cerita kamu jelas menusuk seperti halnya cerita-cerita pendek kamu yang cukup singkat.
Kalian bertiga jadi idola saia deh >.<
Mba' Yosi, PieJoe dan kamu, Nae.

Tapi, cerita kamu ini terlalu gamblang menceritakannya yah, menurut saia. Jadi, aspek sastra dalam prosa tak terlihat dan saia kurang menyadari itu di banyak tulisan seperti ini.

Anyway, kerja kamu bagus...
Ntar saia bantuin adikna kalo masih belum kejawab sama kamu. Karena, kamu kan males belajar juga. Alasannya dicicil ajah. Hehehe