Makan Nasi

Nasi disajikan dari butir beras putih
Dimasak dengan air bersih hingga mendidih
di atas tungku bergumul pandan kata orang agar wangi
dengan kayu bakar diambil petang tadi

Aku makan nasi dengan pinggan daun pisang
ada sambal di pinggiran dan ikan
yang katamu asin tapi aku tak mengecap rasa
ada sayur dan kerupuk menghiasnya
yang katamu enak tapi aku tak merasa apa-apa

Mungkin kau menyajikanku nasi gurih rasa awan
atau aku yang jadi pertanyaan?

Bukan tentang nasi gurih yang kau buatkan untukku
juga bukan caramu bersenyum licik di dapur
Ini dimasak dengan tanganmu, aku suka
tapi apa?

Kau tahu kalau aku telah mati rasa
Kau dan aku tahu kalau aku telah mati rasa
dan makanan ini?

Aku disajikan nasi hangat dalam pinggan daun pisang
penuh warna dan kepul di hadapan
Tapi, sayang
kau sudah ajarkan aku hilangkan perasaan
Dan saat ini aku tak bisa kecap nasi yang telah kau hidangkan

christ
07.261008.11.47

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer lifespirit
lifespirit at Makan Nasi (11 years 9 weeks ago)
80

Alur mengalir cukup enak!

Salam lifespirit!

Writer johanes.koen
johanes.koen at Makan Nasi (11 years 9 weeks ago)
80

puisi ini membangun piramida untuk menuju puncak di bagian akhir sajaknya. jika sebenarnya tentang pergulatan 'rasa', aku pikir bait pertama tentang menanak nasi tidak cukup berguna: dihilangkan tidak apa-apa.

tapi aku bisa memahami, shinichi sebagai penulis cerpen pasti begitu dekat dengan 'deskripsi', dan ia membutuhkan sentuhan itu. :P

bait dua, mulai masuk lah kawan. kau suguhkan kontradiksi, merangsang pembaca, nasi gurih rasa awan, walau tidak nendang, tapi menurutku metafor yang pas.

pada bait kau tahu aku telah mati rasa -- sampai dengan berakhir bait, sepertinya masih bisa diperam peram.

untuk sebuah puisi narasi, tentang hati dan nasi: bolehlah.. :D

Writer habibah
habibah at Makan Nasi (11 years 11 weeks ago)
50

kata-katanya bagus,namun sedikit sulit dimengerti mungkin karena penyambungan katanya saja,...good luck

Writer ophelia
ophelia at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
70

knp harus nasi? tidak yg lain?

Writer Shinichi
Shinichi at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)

ophelia wrote:
knp harus nasi? tidak yg lain?

nasi makanan pokok di negara saia
:)

Writer dewi pujangga
dewi pujangga at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
90

Ganti menunya !

Biar berasa.

:)

Writer Al-Abs
Al-Abs at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
80


cip...cip...
apik
dari nasi hingga kemana2

Maaf ini komentar gak mutu yach :D

Writer mmiy
mmiy at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)

salam kenal...
aku mengalami kesulitan nih
aku pengen nulis cerita ketikya di menu apa yah...?
submit tw.....
mhon bantuannya..

Writer just_hammam
just_hammam at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
90

mantab...aku suka nasi...hehehe

Writer Ganicov
Ganicov at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
100

Makan mulu... ntar gemuk...he..he..

Writer strawcutestraw
strawcutestraw at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
90

kalimat pertama di bait kedua bikin saya ngakak, soalnya perut saya jadi laper pas baca itue

peaceee...

he he he

Writer Shinichi
Shinichi at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)

strawcutestraw wrote:
kalimat pertama di bait kedua bikin saya ngakak, soalnya perut saya jadi laper pas baca itue

peaceee...

he he he

sumedang mode ON

Writer Super x
Super x at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
70

Ahak hak hak.Kurang niy... kurang berasa...

Writer Shinichi
Shinichi at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)

Super x wrote:
Ahak hak hak.Kurang niy... kurang berasa...

Makanna pake sayur dan lauk, Om
sambel terasi mao kagak?

kabbuuurrr

Writer mOOel
mOOel at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
90

memang sakit bila kita dibohongin,...

<br />
slam<br />

rip8 at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
90

pertama kali baca kukira artikel
ternyata kak shinici pake metafota yang menggabungkan nasi ama prasaan,
emang prasaanya mau dikemanain kak ?

Writer buayadayat
buayadayat at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
80

metafora rasa hati dalam nasi dan lauk-pauknya.. hanya saja buatku kau terlalu berlama2 menjelaskan kenapa bisa hambar (3, 4 dan 5)
padahal bait akhirmu sudah cukup menjelaskan, biarlah prosesnya jadi imajidi masing2 kepala.. :)

Writer multama
multama at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
30

lumayan

freesoulflyer at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
70

nasi gurih rasa awan....hmmmmm nasi gurih rasa baru ya kawan? maaf tapi puisimu kali ini kurang mantap bagi pemahamanku yang sempit ini.... peace he he he he he he

Writer Shinichi
Shinichi at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)

freesoulflyer wrote:
nasi gurih rasa awan....hmmmmm nasi gurih rasa baru ya kawan? maaf tapi puisimu kali ini kurang mantap bagi pemahamanku yang sempit ini.... peace he he he he he he

thx
mari belajar bersama-sama :)

Writer suksmo
suksmo at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
80

wuyuh kudoooooooooooo

minta petunjuk ,,, ajari daku kau ku tangkap eheheh

Writer Shinichi
Shinichi at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)

suksmo wrote:
wuyuh kudoooooooooooo

minta petunjuk ,,, ajari daku kau ku tangkap eheheh


kalo gitu, saia
.
.
.
.
.
kabbbuuuurrr

Writer arsenal mania
arsenal mania at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
80

Manteb kok.
:D

Writer bl09on
bl09on at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
80

oh kudo kenapa dirimu ada yang bisa di persulit? hak hak ahak

Writer Megan
Megan at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
70

mantablah..

Writer Ferrischya
Ferrischya at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
70

erri ngga ngerasa baca puisi papah shin yang biasanya :(

Writer siapa
siapa at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
80

Saia duka perasan yang tergambar di dalamna...

:D
salam, kasi komen coretan saia juga dunk..

Writer ezra
ezra at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
80

ragukah dirimu?

salam

Writer dik_electric@yahoo.co.id
dik_electric@ya... at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
80

ga mau nasinya//??

kasih anak kos aja bung!!..

kirim ya....

heheeee

Writer ivaput
ivaput at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
80

bimbang dan ragu (n_n)

Writer lakhesis_cards
lakhesis_cards at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
100

perfecto

Writer Shinichi
Shinichi at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)

homo?

ahak...hak...hak...

parah

Writer imamsbd
imamsbd at Makan Nasi (11 years 13 weeks ago)
70

jangan patah hati gitu ah,, belum waktuna...
apalagi trauma, gak banget
-------------
hohohoho,, jangan jadi homo yak!

berhubung anticopas, jadi gak jadi aku copy....
hmmm...