Junok

Dini hari, saat orang lain sibuk dengan alam mimpinya, aku dan sekelompok orang gila yang dengan sengaja merubah maenstrem hidupnya, berdiskusi dan mempertanyakan eksistensi mahasiswa saat ini, sebuah pemikiran cerdas meluncur dari otak-otak yang tak jelas isi dan kepentingannya, satu hal yang kita sepakati, mahasiswa berhentilah berwacana, hari ini bukan wacana yang dibutuhkan negeri ini. Langkah nyata yang harus kita lakukan, kecil namun bermanfaat.
Teringat aku dengan perkataan soe hok gie, “Berbahagialah meraka yang tidak dilahirkan dan mereka yang mati muda, dan sungguh malang mereka yang dilahirkan dan mati tua”, sebuah frase yang sangat dalam menjelaskan bahwa perubahan zaman akan mempengaruhi kita, dan kita yang beranggapan sebagai pemikir dan penentu arah bangsa ternyata haya berwacana dan tergerus oleh realitas, Kacang (Keakean Cangkem, banyak bicara), sebuah ungkapan yang pantas bagi kita saat ini.
Dan diantara diskusi kacang kita ada sesosok tau yang tampak dari guratan wajahnya yang tampak keriput, memandangi kami para kacang-an, dan berkata, “aku berpikir kalian pemuda-pemuda yang akan melakukan perubahan, ternyata apa yang kalian bicarakan tidak membuatku yakin akan perubahan yang aku idam-idamkan”, pernyataan yang tegas dan membuatku miris, sungguh benar ucapan orang tua itu, orang tua yang dimasa mudanya telah melakukan perjuangan dan harus melihat semua perjuangannya sia-sia.
Lalu apa yang harus dilakukan kita??, sebuah pertanyaan yang harusnya kita jawab dengan wujud nyata, bukan sekedar demonstrasi ataupun wacana-wacana hambar. Lakukan yang kecil dan bermanfaat bagi masyarakat itu yang lebih baik

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer Midori_Fukuro
Midori_Fukuro at Junok (9 years 15 weeks ago)
70

nambah wawasan, nih

Writer majnun
majnun at Junok (9 years 15 weeks ago)
40

mmm..
*baca sambil manggut2 aja*

Writer ketoles
ketoles at Junok (9 years 15 weeks ago)

ikutan kawan

Writer lavender
lavender at Junok (9 years 15 weeks ago)
60

hmm..
terus kata "maenstrem" itu mungkin mindstream atau mainstream atau apa yang lain? maksudnya apa?

Writer ketoles
ketoles at Junok (9 years 15 weeks ago)

mainstream maksudnya bos,