Ketika Sakit Melanda

Lebaran kemarin, aku jatuh sakit. Ya, lebaran adalah waktu yang sungguh tidak pantas untuk sakit. Ketika rendang, ayam, dan lontong bertebaran, aku hanya terbaring imut di rumah sakit. Mungkin inilah balasan dari Tuhan karena saat puasa aku sering nonton Fashion TV.

Aku didakwa terkena penyakit Hepatitis atau nama lainnya penyakit kuning. Awalnya, aku kira Hepatitis dan penyakit kuning itu adalah dua hal yang berbeda. Jadi ketika dibilang kena Hepatitis, aku protes, soalnya nama Hepatitis kedengerannya serem banget.

"Kok Hepatitis? Kemaren katanya sakit kuning!"

"Sama aja itu Mal." kata ibuku yang selalu sabar mengahadapi tingkah liarku.

Gejala-gejala sakitnya itu mual-mual, gak selera makan, terus kencing jadi kuniiiing banget. Tanteku yang dokter sempat bertanya perihal kencingku ini.

"Kencing gimana? Kuning?"

"Kuning bangeett!" 

"Kuningnya kayak teh?"

"Kayak teh botol! Teh botol dingin!" jawabku yang lagi bad mood karena gak bisa makan lontong.

Akhirnya aku dibawa ke rumah sakit dan dimasukkan ke UGD. Sebenarnya selama ini aku mengira UGD itu tempat untuk orang-orang yang sekarat aja, dan jelas aku panik ketika dimasukin ke situ. Aku kira penyakitku ini parah banget dan nyawaku terancam. Tidaakkk, aku belum mau mati, aku belum kawin, begitulah yang ada di pikiranku.

Aku lalu diperiksa oleh seorang dokter. Dia periksa pakai stetoskop dan ngukur tekanan darahku. Lalu dia bertanya, "Kotorannya warna apa ya?"

Kaget dengan pertanyaan yang sangat pribadi itu, aku langsung mengatakan sesuatu yang keren, "Heh?"

"Kotorannya? Kuning atau coklat?"

"Nggg, saya gak liat-liat tuh Pak."

Ya iyalah, ngapain juga aku memperhatikan kotoranku sendiri. Biasanya juga habis melakukan hal mulia tersebut (baca : BAB), aku langsung flush aja. Setelah beberapa lama memeriksa, dokter itu membuat kesimpulan, "Kayaknya kamu kena hepatitis." Itu aku udah tau Pak Dokter!

Aku pun disuruh diopname, ini adalah pengalaman pertamaku diopname di rumah sakit. Sebelum di masukin ke kamar, aku di-infus terlebih dahulu oleh suster. Dan asal tahu aja, aku tuh agak-agak takut sama jarum suntik, sedangkan infus ini menggunakan jarum yang lebih besar daripada jarum suntik biasa. Jelas aja aku agak panik. Langsung kututup mataku dan kugertakan gigiku, agak lebai sebenarnya. Ternyata gak sesakit yang kuduga, hohoho.

Aku sekamar dengan bapak-bapak yang mengidap penyakit lambung, dan akibatnya dia itu harus sering-sering meludah, dan jujur aja, ini mengganggu banget. Bayangin aja, aku yang mau makan siang, jadi gak selera karena denger dia ngeludah-ludah di tempat tidur sebelah.

Karena alasan itulah, saat seorang suster datang dan memintaku untuk pindah kamar, aku sangat bahagia. Aku sekarang punya teman sekamar yang jauh lebih baik, seorang remaja seumuranku yang penyakitnya udah mau sembuh. Besoknya dia udah keluar dari rumah sakit dan aku pun bebas. Takut? Kagak lah. Kalau di rumah sakit, paling-paling setannya cuma si suster ngesot, dan bisa apa dia? Cuma ngesot-ngesot doang kok.

Lalu di suatu malam ada kejadian yang cukup mengerikan. Seperti biasa, malam itu aku lagi-lagi enak tidur dengan liur menetes, tiba-tiba aja tempat tidurku goyang. Hal yang pertama kupikirkan, "Ya ampun, aku tidur heboh banget ya." Masih goyang aja, aku jadi berpikir, "Jangan-jangan suster ngesot goyang-goyangin tempat tidurku," dan ketika goyangannya makin keras aku baru sadar, "MAMPUS GEMPA!!"

Buru-buru deh aku keluar kamar. Karena kamarku itu di lantai atas, kalau gempa gini jadi serem banget. Di luar para pasien juga udah panik. Mereka pun berdebat mana yang lebih baik : turun ke atas atau naik ke bawah.

"Naik aja. Kalau nanti turun, kita bisa ketimpa bangunan!"

"Turun aja. Kalau naik, nanti gedungnya runtuh gimana?"

Aku cuma berharap rumah sakit ini gak hancur selagi mereka berdebat. Untunglah gempanya cepat berhenti, dan setelah itu keadaan aman-aman saja.

Sebenarnya penyakit Hepatitis ini agak aneh. Biasanya kalau sakit kan kita disuruh buat minum obat yang pahit-pahit, kalau ini kita malah harus mengkonsumsi yang manis-manis, karena Hepatitis berarti kurang gula. Jadinya aku dibeliin makanan dan minuman yang enak-enak kayak biskuit, buah anggur, teh botol dan coca cola. Sakit tidak pernah seenak ini, hehe.

Kemewahan saat sakit

Sakit Hepatitis juga mengharuskan kita untuk istirahat total. Yang berarti harus di tempat tidur terus. Bosan banget lho. Emang sih aku ini orangnya malas, tapi kalau seharian di tempat tidur juga gak enak. Rasanya udah kayak mayat aja. Makanya ketika akhirnya aku diperbolehkan pulang, aku langsung pergi ke bioskop, padahal sebenarnya masih harus bed rest sekitar seminggu. Maafkan pasienmu yang durhaka ini pak dokter.

Aku total diopname selama 5 hari. Herannya waktu balik ke Bandung buat kuliah, ternyata di kampusku lagi ada wabah Hepatitis. Satu per satu mahasiswanya harus masuk rumah sakit karena penyakit ini. Karena aku udah duluan, jadi bisa dibilang aku ini trendsetter lah ya. Hehe.

....................................................................................................................................................................................................................................

P.S.

Aku berencana terbitin buku "Dodolnya Anak Aksel" di nulisbuku.com, jadi kalau udah terbit nanti, tolong dibeli ya, hehe (promosi terselubung)

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer eNTegila
eNTegila at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)
60

trtr

Writer Riesling
Riesling at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)

PFT~
Ah, wabah hepatitis... Temen saya udah banyak yang jadi korban...
.
(btw soal komen 'hmm'-nya Panda KD, itu adalah bentuk dari apresiasi bahwa karyamu lumayan oke, percayalah. Kalo dibaca Panda dan gak dikomen atau malah dapet 'print, sobek-sobek, bakar!', itu baru lampu merah *loh?)

Writer kemalbarca
kemalbarca at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)

emang, lagi mewabah sih
apa itu PFT?

Writer dansou
dansou at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)
80

Om KD Panda itu dewa panda. Jadi kau beruntung dapet komennya Mal. Apalagi kalo berhail bikin Panda komen selain hmmm...
.
Aku padamu~~

Writer kemalbarca
kemalbarca at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)

keknya masih belum berhasil bikin dia komen selain hmm, btw, kok jadi cerita masalah komen semua ya?

Writer Misterious J
Misterious J at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)
60

dari tulisan2mu, bisa diambil satu kesimpulan:
kamu tipe org yg 'humoris'
(sambil berlagak seperti seorang cenayang!)

Writer kemalbarca
kemalbarca at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)

sebenarnya aku tipe orang 'aneh'

Writer Maximus
Maximus at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)
70

gimana ya mau dibilang blog iya sih, tapi mau diapus sayang juga, LOL banget XD XD
.
..
...
....
entahlahhh, biar Yang Mulia Moderator saja yang menentukan

SUMMON kak [SHINICHI]!!

Writer kemalbarca
kemalbarca at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)

ya kan?
sayang kan?
jangan dihapus aja ya *cari dukungan*

Writer awan32
awan32 at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)
100

hargailah komentar org, walaupun sama,..

Writer kemalbarca
kemalbarca at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)

masalahnya komentarnya itu gak ada nyangkut2nya sama cerita yang kuposting
kalo gini, apa yang mau dihargai

Writer Putra Mahkota
Putra Mahkota at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)
40

Hahaha...kayak blog ya? Tapi lumayan lah lucu.

Writer kemalbarca
kemalbarca at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)

untunglah masih lumayan lucu :)

Writer nagabenang
nagabenang at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)
70

*untuk komentar tentang spam di bawah*
.
perlakuan pada makhluk "fana" enggak berlaku untuk para "dewa", sayangnya *plak
.
untuk ceritanya sendiri ....
.
emmmm
.
menarik dan lumayan lucu sih (walo kesan narsis dari diri si tokoh "aku" ini lumayan gede juga sih), tapi koq rasanya lebih seperti halaman blog daripada sebuah cerita utuh yang ada pembukaan, konflik, dan ending, ya?

Writer kemalbarca
kemalbarca at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)

ini emang lebih ke cerita pribadi blog sih daripada cerpen
karna itu mungkin kesannya narsis
tapi percayalah, aku tak senarsis itu, huehuehue

buat masalah dewa-fana, kita kan sesama penulis, jangan pakai strata lah :D

Writer KD
KD at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)
100

hmmm
------------------------------------
#davincihidupabad18

Writer kemalbarca
kemalbarca at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)

aduh, komen kayak gini lama2 bisa dianggap spam deh
semuanya sama aja di setiap cerita

Writer RealYurie
RealYurie at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)
70

Hahaha, lumayan seru ^^ Sedikit di kemas lagi biar lebih lucu tuh!! Menarik!!

Writer kemalbarca
kemalbarca at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)

makasih sarannya
nanti diperbaiki di postingan berikutnya

Writer m3ntarinda
m3ntarinda at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)
80

hahhaha.... baguus, walopun kurang lucu, tapi seengganya bisa membuat aku sedikit senyum pagi ini...

salam.

Writer kemalbarca
kemalbarca at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)

udah bikin senyum juga lumayan lah :)

Writer lunarblue
lunarblue at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)

hahaha, nice diary,, lumayan lucu. apalagi pas gempa.

Writer kemalbarca
kemalbarca at Ketika Sakit Melanda (7 years 45 weeks ago)

orang lagi panik dibilang lucu