Pengumuman - Lomba Menulis Cerpen dan Puisi EAT 2011


PERHATIAN! Dilarang Memberikan Poin pada Tulisan Ini

"... revolusi hanya berarti menggoncangkan yang ngelamun dan membangunkan yang tidur ..." -- Jalan Lain Ke Roma, Idrus.




Halo, Kemudianers (muncul dari kepulan asap)


Apa kabarnya, nih? Kelihatannya lagi pada sibuk sama project menulis masing-masing, ya? Novel? Antologi? Atau jangan-jangan Program Tantangan? Wah wah wah! Keren, tuh :D Bagus malah. Saya doakan cepetan terbitin bukunya. Hehehe. Ngikutin jejak kemudianers lain yang sudah nerbitin buku begitu. Jadi, kalau ntar udah terbit, bisa dipromosiin juga di kemudian.com: sebagai hadiah event menulis yang akan datang. Ahak hak hak. Tapi, meskipun sedang sibuk, saya harap teman-teman masih bisa ikutan dalam event kali ini :D Biar tambah rame deh situs ijo tercinta ini.

Nah, biar hal itu (tambah rame) terwujud, kemudian.com mengadakan lomba menulis cerpen dan puisi lagi, nih. Perlombaan kali ini kita sebut dengan nama EAT (Event Akhir Tahun) 2011. Ada yang menarik, nih, sama lomba kali ini. Semoga seru aja, deh! Jadi, berbeda dengan konsep lomba yang sebelumnya, EAT 2011 mengajak semua member kemudian.com untuk berkolaborasi untuk menghasilkan karya. Susah senang musti sama-sama, gitu. Meski ya, juaranya bisa saja nggak :p Eh, gimana, tuh? Nih, simak baik-baik :)

Pada EAT 2011, masing-masing peserta terdiri dari dua orang member kemudian.com. Keduanya akan berkolaborasi dalam menulis cerpen atau puisi yang diposting oleh member melalui akunnya masing-masing. Artinya dari satu peserta itu terdapat dua karya yang mana saling berhubungan. Cerpen/ Puisi pertama yang diposting diberikan tautan Lanjutan atau Read Next Post ke cerpen/ Puisi kedua. Caranya, dengan mengklik link Click Here to Continue This Post/ Klik Disini untuk Melanjutkan Karya Ini yang terdapat pada bagian bawah posting.


T E M A L O M B A

- Tema untuk Cerpen adalah "Akhir adalah Awal".

Akhir bukanlah segalanya, melainkan awal dari sesuatu yang baru. Seperti akhir tahun 2011 ini akan diikuti awal tahun 2012. Jadi, buatlah cerpen yang paling bagus sesuai dengan tema di atas.

Masing-masing cerpen harus memiliki ending cerita. Artinya cerita kedua BUKAN mutlak lanjutan dari cerita pertama. Keduanya boleh berdiri sendiri dengan akhir cerita yang HARUS berbeda. Kedua cerita juga tidak boleh membatalkan ending cerita lainnya. Tetapi masing-masing cerita saling menguatkan tema. Semisal di cerita pertama tokoh utama meninggal karena sakit kepala, maka di cerita kedua juga demikian. (Sakit kepalanya parah banget, lho). Hihihi.

Meskipun begitu, kedua cerita harus tetap memiliki hubungan. Jadi, bukanlah bagaimana peserta lomba memberikan kejutan kepada pembaca dan juri, tetapi bagaimana peserta menggunakan sebanyak mungkin "clue" pada masing-masing cerpen dan menjadikannya utuh. Semua genre diperbolehkan, apalagi kalau kedua cerita menggunakan genre yang berbeda.



- Tema untuk Puisi adalah "Yang Sudah Berlalu" dan "Yang Akan Datang".

Bahasa Indonesia tidak mengenal tenses seperti bahasa Inggris atau kebanyakan bahasa rumpun Indo-Eropa lainnya. Jadi, bagaimana membentuk konsep di benak pembaca bahwa suatu puisi itu tentang sesuatu yang sudah berlalu atau yang akan datang? Adalah lumrah dalam satu puisi masa lalu, masa kini dan masa depan berbaur menjadi satu. Pada EAT 2011, tim penilai memiliki hak penuh dalam menilai apakah penekanan satu puisi sudah cukup untuk dianggap condong kepada "sesuatu yang sudah berlalu" atau kepada "sesuatu yang akan datang".

Beberapa contoh puisi sebagai perbandingan:

Yang Sudah Berlalu
- Senja di Pelabuhan Kecil (Chairil Anwar)
- Karena Kasihmu (Amir Hamzah)
- Air Selokan (Sapardi Djoko Damono)
- Si Anak Hilang (Sitor Situmorang)
- Dewa Telah Mati (Subagio Sastrowardoyo)
- Puisi Mimpi: Tak Ada (Mariaquantarro)

Yang Akan Datang
- Aku (Chairil Anwar)
- Sajak Telur (Sapardi Djoko Damono)
- Wahai Pemuda Mana Telurmu? (Sutardji Calzoum Bachri)
- Doa Seorang Serdadu Sebelum Berperang (WS Rendra)
- Kartu Identitas Penduduk di China (Afrizal Malna)
- Besok, Tolong Ingatkan Aku (Brynhildr)

(DISCLAIMER: contoh-contoh di atas tidak dimaksudkan untuk mewakili selera pribadi setiap anggota tim penilai. Hak cipta setiap puisi yang dikutip sebagai contoh adalah milik masing-masing penciptanya atau ahli waris yang bersangkutan, kecuali puisi yang termasuk dalam publik domain sesuai undang-undang yang berlaku).


A T U R A N M A I N

1. Peserta adalah member yang terdaftar di kemudian.com selama minimal 4 minggu sebelum pengumuman ini dipublikasikan.
2. Peserta tidak diizinkan berpoligami. Maksudnya, pasangannya hanya boleh satu.
3. Pasangan peserta adalah dua orang yang berbeda, bukan ID ganda alias klonengan.
4. Memiliki sedikitnya 10 tulisan (posting).
5. Tanggal posting karya lomba TIDAK BOLEH lebih dari dua minggu setelah postingan karya terakhir masing-masing peserta. Mari saling mengingatkan untuk rajin posting. Sayang, kan, kalau karyanya bagus tapi tidak memenuhi syarat hanya karena terakhir kali posting 15 hari sebelumnya (dan bukan 14 hari, paling banyak) :D
6. Karya merupakan asli tulisan masing-masing peserta, bukan saduran apalagi jiplakan.
7. Karya belum pernah dipublikasikan di media cetak dan tidak sedang diikutsertakan dalam event sejenis.
8. Karya menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
9. Karya tidak menyinggung SARA dan tidak menggunakan kata-kata vulgar.
10. Untuk Cerpen, masing-masing panjangnya antara 1000 sampai 3000 kata. Sedangkan puisi minimal 2 bait.
11. Karya diposting di situs kemudian.com dengan format judul: Cerpen/ Puisi EAT 2011 - "Judul Karya" tanpa tanda kutip.
Contoh:
Cerpen EAT 2011 - Sepasang Sepatu untuk Aria, atau
Puisi EAT 2011 - Yang Berkunjung Setelahmu.
Wajib menyertakan tags : EAT2011.
12. Selisih waktu posting kedua karya adalah 2 x 24 jam. Jika lewat dari batas waktu tersebut, maka karya tidak akan dinilai juri.
13. Karya juga harus dikirim ke alamat email panitia lomba@kemudian.com dengan menuliskan pada judul email: Cerpen EAT 2011 atau Puisi EAT 2011. Karya dilampirkan dalam bentuk file dokumen Ms. Word. Cukup satu orang dari peserta yang mengirimkan kedua karya yang dilombakan. Pada badan email disertakan biodata masing-masing peserta, berupa:
- Nama,
- ID di kemudian.com,
- Nomor telepon/ HP yang bisa dihubungi,
- Alamat Lengkap beserta Kode POS, serta
- Link (tautan) karya yang diposting di kemudian.com.
14. Karya boleh dipublikasikan di situs lain dengan keterangan bahwa karya tsb. sedang diikutsertakan dalam lomba EAT 2011. Silahkan promosi kemana saja :D
15. Karena tema umumnya adalah Akhir dan Awal, maka, karya diterima sampai tanggal 31 Januari 2012. Pengumuman pemenang diposting paling lambat dua minggu setelahnya. Semoga nggak tepat di hari Valentine, ya? Panitia pasti sibuk banget saat itu (saya maksudnya) Ahak hak hak.
16. Tunggu apa lagi? Cari teman kolaborasimu sekarang! :p

J U A R A D A N H A D I A H



CERPEN

Nah, tentunya EAT 2011 juga menyediakan hadiah kepada para pemenangnya. Jadi, ada 14 buah buku (7 judul) yang akan diberikan kepada masing-masing tiga terbaik menurut penilaian juri. Dan, hadiahnya adalah...

- Juara I Kategori Cerpen 1 dan 2 akan mendapatkan masing-masing buku Kumpulan Cerpen - Dodolitdodolitdodolibret. Penulis: Cerpen Pilihan Kompas.
- Juara II Kategori Cerpen 1 dan 2 akan mendapatkan masing-masing buku Kumpulan Cerpen Dari Datuk ke Sakura Emas. Penulis: Clara Ng, Dewi Ria Utari, A Fuadi, Asma Nadia, Alberthiene Endah, Andrei Aksana, Indra Herlambang, Putu Fajar Arcana, Sitta Karina, Dewi Lestari, Dee, Avianti Armand, Happy Salma, Icha Rahmanti, dan Aan Mansyur.
- Juara III Kategori Cerpen 1 dan 2 akan mendapatkan masing-masing buku Kumpulan Cerpen Anak Arloji. Penulis Kurnia Effendi.


PUISI
- Juara I Puisi 1 dan 2 akan mendapatkan masing-masing buku Celana Pacar Kecilku di Bawah Kibaran Sarung karya Joko Pinurbo.
- Juara II Puisi 1 dan 2 akan mendapatkan masing-masing buku Malam Cahaya Lampion karya Tan Lioe Ie.
- Juara III Puisi 1 dan 2 akan mendapatkan masing-masing buku Kata karya Bakdi Soemanto.
- Juara Favorite Juri untuk Puisi 1 dan 2 akan mendapatkan masing-masing buku Lidah Bulan karya Malkan Junaidi.

Gimana hadiahnya? Keren-keren, kan? Iya, dong. Tapi tunggu dulu! Ini masih ada lagi, kok. Karena kita punya Juara Kategori Pasangan. Jadi, akan ditentukan pemenang untuk Kategori Pasangan Cerpen dan Puisi berdasarkan penilaian Dewan Juri. Juara idealnya berpasangan, tetapi tidak tertutup kemungkinan Pasangan Juara itu hanya satu orang saja dari peserta yang mendapatkan Juara Kategori. Dan hadiahnya adalah...!

- Juara I Kategori Pasangan Cerpen dan Puisi akan mendapatkan pulsa sebesar @ Rp 50.000,-
- Juara II Kategori Pasangan Cerpen dan Puisi akan mendapatkan pulsa sebesar @ Rp 25.000,-
- Juara III Kategori Pasangan Cerpen dan Puisi akan mendapatkan pulsa sebesar @ Rp 25.000,-

Maka, jalinlah hubungan yang harmonis dengan pasangan kamu. Biar kemistri-nya dapet gitulho. Hubungan lebih lanjut antar peserta bukanlah tanggung jawab panitia lomba. Kali aja kan malah jadian gitu. Oh, ya! Pulsanya langsung dikirim ke nomor hape kamu, lho! Ahak hak hak.



Jadi, jangan sampe deh nggak ikutan EAT 2011! Bisa nyesel sampe tahun depan. Hihihi. So, segera cari pasangan kolaborasimu yang bisa diajak menulis dan berdiskusi. Sebab, keduanya harus memposting tulisan seperti yang sudah disebutkan di atas.



D E W A N J U R I


Kita punya beberapa orang member yang bersedia meluangkan waktunya menjadi Dewan Juri EAT 2011. Mereka sudah tidak asing lagi di kemudian.com #halah. Siapakah mereka? Hihihi. Marilah kita sambit, eh, sambut mereka dengan tepuk tangan super meriah!!! Plok plok plok!

Dewan Juri Kategori Cerpen:
- Om KD yang fenomenal dengan komentar hmmm-nya.
- Om Alfare (penulis drama misteri Saat untuk Menghilang).
- Rivai (penulis horor yang kemampuannya sudah tidak diragukan lagi).
- Herjuno (penulis cerita cinta dengan ulasan-ulasan menarik).
- Mbak Sun_Flowers (penulis teenlit Sunflower's Legend).

Sementara itu di meja yang lain, Dewan Juri Kategori Puisi:
- Om Sam (penulis buku Sambil Lalu).
- Om Malkan (penulis buku Lidah Bulan).
- Om Andi W. (penulis buku Harmonika Lelaki Sepi).

Jadi, jurinya sudah cukup ya? Atau ada lagi yang mau berpartisipasi mengisi pos yang disukai? Hehehe. Jadi, mereka akan menilai semua karya yang masuk ke email panitia. Lalu merembukkan siapa saja yang keluar sebagai pemenang. Tunggu apa lagi? Segera cari teman kolaborasi kamu, tulis, diskusi, posting! Jangan lupa untuk mengirimkan ke email panitia lomba@kemudian.com. Sebab, hanya karya yang dikirim ke email panitia yang akan dinilai. Waktunya masih panjang, tapi bukan berarti nggak boleh posting secepatnya. Selamat berlomba! :)



Kemudian.com, 1 Desember 2011




Panitia

Read previous post:  
Read next post:  

hehee

hehee

hehee

hehee

hehee

Baru aja bikin akun ini aja masih gk ngrti#mojok dipohon toge

om admin yang terhormat.....
mohon maklum saya itu kurang pintar dalam mengerti sesuatu,,,,hihihi
qlo tema puisi "Yang Sudah Berlalu" dan "Yang Akan Datang" itu maksudnya pilih salah satu apa digabung!!!

hehehe,,,, masih telat kan!!!

Pilih salah satu, Om.
Dan tentu, ini berpasangan lho. Mksudnya, kalok Om pilih A, pasangan Om musti yg B. Bgonooo :D

Ahak hak hak

oke deh om edogawa!!!terimakasih...

lagi nyari teman duet... yang mau hubungi yah. koment di puisiku atau cerpenku saja. :D salam semua,,,

yang baru gabung ga boleh ikutan ya :(

Tentu aja boleh, kalok memenuhi syarat dan prasyarat lomba :)

70

hmm...

oke.

Dear panitia, cuma mau memberi saran.
Bagaimana kalau selain pemenang, ada kategori ter- (bingung cari istilahnya hehehe).
Misalnya, kadang-kadang kita membaca buku atau menonton film, kadang-kadang ide ceritanya menarik tapi alurnya membosankan. Pas baca synopsi buru-buru bayar ke kasir, nah pas di rumah, baca 5 lembar langsung loncat ke halaman paling belakang. Kalau versi saya : im number 4.
Atau kita biasa mengulang-ulang membaca buku tapi pas diteliti ide ceritanya biasa saja. kalau versi saya : Twilight.
Dan banyak kasus-kasus lainnya.
Bagaimana kalau di bikin award, jadi walaupun tidak menang setidaknya kita belajar. Seperti tujuan awal saya membuat akun di sini :)
Ini sekedar saran saja,..btw saya belum ada patner, adakah berminat ??

thanks sarannya.
tapi, jgn dulu deh.
ahak hak hak

50

Lumayan

lah?
haduuuuww.
plis dong, jgn bebal bgtu, om, mas, mbak, buk, tante, teh.
kan dihimbau jgn dikasih poin.
baca gak siy?

bana_39 siap berpasangan puisi.... 085641 971 549
sms ya sipa yg mau..... itung2 numpang keren...hehehehehe
*kaya biro jodoh aja

Zp yg mw duet bareng aQ???
Hayo2,,,

ke akun saya, klau berminat patner :)

berarti saya gak bisa ikutan, donk :(

g asik lombanya... napa g main game aja sekalian... capede

ya, nggak usah ikutan lomba, mas :D
ntar aja klo ada game, baru deh mas ikutan

heheheh tul betul... sukses ya lombanya,

Yang mau jadi partner 7 Acungkan hati eh jari :)

bang, tu partner gak harus berlawan jenis kan?? trus gak harus ngirim dengan jenis yang sama kan, maksudnya kalo puisi ya puisi semua, cerpen ya cerpen semua?? trus masing-masing harus kirim 1 pa boleh lebih dari 1???

sebenerna itu ada semua dalam poin2 peraturan di atas. tapi biar saia jelaskan lagi :)
jadi, pasangan itu gak musti lawan jenis. tetapi kamu dan pasangan kamu harus memilih ikutan puisi atau cerpen. artinya, kamu dan pasangan kamu itu masing2 menulis puisi, atau masing2 menulis cerpen. bedanya, jika kalian berdua sepakat untuk berlomba dalam kategori cerita, maka cerita yg kalian tulis itu bertema Awal dan Akhir. kamu dan pasangan kamu masing2 menulis cerpen yang bertema itu.
nah, kalau kategori puisi, kamu dan pasangan kamu harus menulis yang bertema Yang Sudah Berlalu dan Yang Akan Datang. jelasnya, keduanya beda. misal, kamu menulis Yang Sudah Berlalu, maka pasangan kamu menulis Yang Akan Datang.
dan, karya yang dilombakan hanya satu untuk masing2 peserta. artinya, jika kamu dan pasangan kamu sudah ikutan kategori puisi, tidak diperkenankan ikutan di cerpen juga. sedangkan pengiriman karya ke alamat email panitia, cukup salah satu di antara kamu dan pasangan kamu yang mengirimnya, dengan menyertakan kedua karya. untuk lebih jelasnya, silahkan dipahami lagi peraturannya di atas.
kira2 ada lagi? :)

jadi seperti 2 orang yang berlari dalam lintasan yang sama dan berdampingan atau bisa juga berhadapan atau malah bertolak belakang, tapi yang penting lintasan itu memiliki panjang yang sama, start yang sama dan finish yang sama.
nah sepanjang lintasan itu, entah itu mereka berlari, berjalan atau merangkak, mereka saling berinteraksi, menyapa, berteriak, mencaci maki atau sejenisnya.
Ataukah saya dan patner saya menentuka tokoh itu lahir dimana dan mati dimana, lalu bagaimana dia mengambil keputusan dalh hidupnya yang mempengaruhi sekitarnya. jadi seperti tokoh hitam dan putih ?, si baik dan jahat ?.
Mohon pencerahannya :)

iya. bisa begitu.
koment tsb, saia pikir adalah pilihan calon peserta. kreativitas. intinya, kedua member harus bisa menunjukkan bagaimana kolaborasi antara mereka. kemistri gitu. ahak hak hak.

ok...makasih atas penjelasannya...:)

aduh...pengen ikut...tapi gak ada pasangan...mana belum ada 10 posting...

segera posting biar nyampe kuotanya :D
waktunya sampe akhir januari kok
kip nulis
ahak hak hak

Nggak ada partner... yang mau partneran sama saya, kirim email yah... noorlaksmita.ramadhanty@gmail.com, HP 085643602238

ol pake hp. kesemutan juga bacanya. Met sukses aja dulu dah.. Bagus nih ajang nyari jodoh.

ahak hak hak
semoga dapet yak, om

:D

dah dapet pasangan tinggal braintroming nulis :D

belom pada mulai yak? :D
ahak hak hak

#gaksabar

100

gak ada partner ...

waduw.
kok gak mau nurut siy?
itu kan udah dibilang jgn ngasiy poin sama tulisan ini. masiy aja dikasiy. jgn lagi ya, untuk semua postingan yg ada himbauannya :)
trus, ada ribuan member kemudian.com, masa iya gak bisa ngedapetin partner buat kolab dlm lomba EAT ini?
silahkan dicari.

ahak hak hak
kip nulis

no wonders...

^ THIS . . x2

SECONDED

^ THIS

woooh saya tidak memenuhi syarat :D

met malam, jeng Alfreda. setahuku sih tidak ada yg tidak memenuhi syarat. adanya *belum* memenuhi syarat, dan itu bisa dipenuhi (mengingat waktu yg disediakan cukup panjang)

hmmmm
.
ada yg tertarik klo cerpen-nya ane sambung2in dengan cerpen horor/tear-jerking?
.
klo cuman satu/dua cerita, harusnya masih bisa ak cover janji selesenya, hekhek~
.
ini dua contoh cerita horor/thriller-na klo mau tahu gaya menulis ane:
- http://www.kemudian.com/node/255332 > kata yg bacanya, serem
- http://www.kemudian.com/node/260039 > kata yg bacanya, mengharukan
.
begitulah --; wkwkwk, thks~

sori, nagabenang udah aku pesen :D

oia, batas waktunya kapan om? trus bisa dimulai kapan? ;;)

dimulai dari sekarang sampai poin nomor 15, Om.
mbok ya dibaca baik2 dulu gtu, Om
-______-"