(SETENGAH) PENUH

SETENGAH PENUH

“X Coffee”

Daftar Menu :

  • Espresso
  • Latte
  • Frappucinno
  • Americano

Sore itu di sebuah mall karena merasa haus aku memutuskan untuk membeli minuman, mataku tertarik pada sebuah kios kopi kecil di tengah food court, membaca menunya yang memang tidak asing tetapi tidak terlalu familiar oleh lidahku, maklum aku terbiasa minum kopi di warung kopi yang tidak begitu mewah tetapi sangat menyenangkan karena suasananya, yang hanya menyediakan menu-menu dengan nama yang sederhana seperti kopasus, kopaja, kotang, atau kopi khas daerah nusantara.

Karena sudah seharian belum ngopi, aku pun tertarik untuk mencoba Americano yang ditawarkan di kios tersebut, bapak penjual kopi dengan sigap membuatkan pesananku dengan alat pembuat kopi, yang entah apa itu namanya biasa disebut orang-orang. Dari mesin itu mengalir kopi pekat hitam ke dalam sebuah cangkir bening, hingga akhirnya si bapak mengantarkan cangkir tersebut ke hadapanku.

Aku perhatikan cangkir itu, secangkir kopi, hitam, pekat, sangat kental, dan beraroma kuat. Persis seperti selera kopiku. Hanya saja yang berbeda adalah penyajiannya, kopi itu disajikan hanya setengah dari cangkirnya, tidak seperti kopi yang aku pesan di kedai kopi biasanya, cenderung penuh tapi tidak melewati cangkir.

Ku hirup aroma kopi itu sebelum mulai menyeruputnya, nikmat. Pelan-pelan aku mulai menyeruputnya. Sangat kental, pahit, asam, pahit, asam hingga sampai pada dasarnya. Sehabisnya kopi itu, tidak seperti biasa, aku merasakan sesuatu yang kosong, seperti setengah ruang cangkir itu yang sengaja dibiarkan kosong oleh si pembuat kopi. Sesak, seperti tidak puas karena tak mendapatkan sesuatu yang benar-benar bulat dalam satu. Setengah penuh, memberiku perasaan sesak karena seperti kehilangan sesuatu yang seharusnya melengkapi perasaan yang lain.

Jujur saja, aku tidak suka setengah penuh ataupun setengah kosong. Setengah membuatku merasa dalam situasi yang tergantung, abstrak, dan menyebalkan. Setengah membuatku tidak bisa condong pada sebuah keputusan. Bagaimana bisa menentukan jika berada dalam setengah? Meskipun mungkin ada orang-orang yang memutuskan memilih setengah.

Setengah penuh menyediakan setengah ruang penuh yang tidak jelas akan dipenuhkan sisanya, dalam waktu yang lama hingga setengah cangkir kopi itu mendingin. Atau bahkan setengah penuh akan diseruput dalam keadaaan mendidih, langsung habis hingga satu cangkir genap menjadi kosong, membakar lidah dan tak terasa kenikmatan, hanya ada perih.

Setengah penuh atau setengah kosong?? Tidak keduanya. Aku ingin sesuatu yang bulat dalam satu.

Yogyakarta, 7 April 2013

Di sebuah warung kopi, yang tentu saja menyajikan secangkir kopi yang tidak setengah penuh.

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer diraparau
diraparau at (SETENGAH) PENUH (5 years 12 weeks ago)
90

Aku jadi tersenyum sendiri membaca roncean kata-katamu, puas bacanya. Penuh arti yang sangat mendalam (dalam banget). Setengah penuh dan Setengah kosong. Setengah (tapi) penuh (berisi), Setengah (tapi) kosong (tak berarti) atau Bulat dalam satu (tapi tak menyatu)??.

Writer gadek_mpl@yahoo.com
gadek_mpl@yahoo.com at (SETENGAH) PENUH (5 years 11 weeks ago)

halo diraparau makasih udah mampir :)

Writer man Atek
man Atek at (SETENGAH) PENUH (6 years 34 weeks ago)
100

sketsa yang aduhai. sipsip!

Writer gadek_mpl@yahoo.com
gadek_mpl@yahoo.com at (SETENGAH) PENUH (6 years 34 weeks ago)

ah, hanya mencoba menulis kehidupan sehari-hari. :)
trmksh udah mampir membaca :)

Writer adeirn
adeirn at (SETENGAH) PENUH (6 years 35 weeks ago)
80

bener kak nina, kalo setengah-setengah rasanya gak ikhlas^^

Writer gadek_mpl@yahoo.com
gadek_mpl@yahoo.com at (SETENGAH) PENUH (6 years 35 weeks ago)

mksh udah mampir :)

Writer NiNa
NiNa at (SETENGAH) PENUH (6 years 35 weeks ago)
70

aku juga tidak suka yang setengah-setengah. istilahnya kayak ga ikhlas. daripada nanggung, nggak usah aja. iya atau tidak, jangan iya yang tidak-tidak. analoginya ngena :)

Writer gadek_mpl@yahoo.com
gadek_mpl@yahoo.com at (SETENGAH) PENUH (6 years 35 weeks ago)

halo mb, makasih udah mampir. :)