Review: Tantangan Fantasi Anak

Wah ternyata banyak yang ikut Tantangan Fantasi Anak! Dari 3 peserta, pada akhirnya ada 4 peserta yang ikut. Kok bisa? Rupanya salah satu penantang ada yang ikut Tantangan Fantasi Anak. Hehe. Jadi, terima kasih kepada d.a.y.e.u.h. yang menyelesaikan pertama, disusul Tsukiyo, lalu makkie yang tepat deadline 28 Juni. Ucapan terima kasih istimewa juga diberikan kepada bintang tamu Tantangan Fantasi Anak, yaitu Emak cat!

Yuk kita ulas satu-satu.

Tantangan: Vampir yang Kelaparan oleh d.a.y.e.u.h.

Ampun kakak, ini bagus. Alurnya enak diikuti, ringan karena runut. Kisahnya berkisar tentang rasa penasaran anak kecil, pula. Menurut saia malah kelakuan Vido dan Ghira ini bisa menjadi moral tersendiri, bahwa rasa penasaran dan keinginan bertanya membuat kita bisa mendapat pengetahuan lebih. Ditambah lagi Vido dan Ghira juga sama-sama mengatasi rasa takut dengan mencari jawaban: Kenapa gigitannya tidak berdampak? Di mana vampir itu tidur? Cocok deh ini kalau masuk majalah anak.

Poin total: 10

 

Tantangan : Nenek dan Kaliko oleh Tsukiyo

Duh, ini malah bikin sedih. Hebat deh bisa bikin kisah sedih yang ringan. Amanatnya lebih ke sosial ya, yakni cari teman sebanyak-banyaknya dan ubah musuh jadi teman. Selain itu Kaliko juga menyuruh agar berprasangka baik pada orang. Bagus semua pesan moralnya! Tapi saia rasa Tsukiyo perlu menyunting ulang cerpen ini sebelum diterbitkan, karena masih ada beberapa kesalahan ketik. Hehe.

Poin total: 10

 

Tantangan: Writer's Blok oleh makkie

Jadi, penulis cerpen itu adalah Adrian!? Ini asik, meskipun isinya hanya deskripsi, tapi justru di situ kekuatan cerpen ini. Pengenalan tiap tokoh dari awal itu menjadi suatu build up sehingga akhir cerpennya jadi terasa nendang. Gayanya seperti cerpen terjemahan pula, dengan nama tokoh yang enak diucapin. (Pepper! Chips!) Kekuatan tiap teman Adrian itu juga unik.

Poin total: 10

 

Tantangan : Pohon Mangga dan batu oleh cat

Cerpen ini diawali kalimat yang nge-hook banget! Bikin penasaran pengen baca penuh setelah lihat kalimat pembukanya. Persaingan antara Mangga dan Rambutan ini lucu, dan banyak amanat yang bisa dipetik dari mereka. Cerpen ini bisa mengajarkan tanpa menggurui.

Poin total: 10

 

Yak, seperti itu ulasan singkat dari saia. Bener-bener enggak nyangka pesertanya bisa sampai jadi empat. Ahahah. Oh ya, semuanya dapat 10 poin. Ini berarti emang pemenangnya cuma bisa ditentuin sama Momod Kemudian ya, soalnya kalau saia yang nentuin ya semuanya juara satu. Hehe. Oke, sekali lagi terima kasih kepada empat serangkai penjawab Tantangan Fantasi Anak!

Read previous post:  
Read next post:  
Punya ide tentang lanjutan karya ini ? Saat ini belum ada yang menulis lanjutannya. Ayo lanjutkan karyanya.
Penulis Shinichi
Shinichi at Review: Tantangan Fantasi Anak (5 years 15 weeks ago)
100

ahahahahahaha.
gimana niy si Om Sekar
musti dirimu yg nentuin.
Buruan DM =))

Penulis d.a.y.e.u.h.
d.a.y.e.u.h. at Review: Tantangan Fantasi Anak (5 years 15 weeks ago)

terima kasih sudah memberikan review, om Rea_sekar :)

Penulis Tsukiyo
Tsukiyo at Review: Tantangan Fantasi Anak (5 years 15 weeks ago)
100

padahal udah disunting dua kali lo om... hehehe...
pokoknya makasih buat reviewnya om, ga nyangka om bakal ngasih aku poin 10 kaya yang lain juga... :D