OTOME KATA (The Way of Otome): Otaku Demo Koi Ga Shitai. Shirou Rufi's Profile

Yak, sambil menunggu ditulisnya season 2, aku mau main-main sebentar dulu sama karakter di OTA-KATA XD *Biasanya author atau mangaka pro sebelum ngelanjutin serinya yang udah tamat di season sebelumnya kan ngisi jeda sambil publish karya-karya teaser, atau episode filler (nggak penting) buat bikin fansnya anticipating dan tetap menanti season selanjutnya getoh...

Haha, yah sekalian aku memperkenalkan profil para karakter di novel ini sih.

So, yang udah ngikutin dari awal (makasih makasih makasih, tanpa kalian aku hanyalah butiran debu dalam lagu Cakra Khan), tentunya tahu kalau kebanyakan karakter di LN ini didominasi ama cowok. Satu karakter utama (Aoi Rie) vs 4 anggota klub otaku yang super nyentrik. Makanya pas bikin ini yang kebayang itu bikin skrip ala game OTOME (love game buat cewek, yang tujuannya merebut hati karakter-karakter cowok di game) atau visual novel XD

So, bagaimana kalau OTA-KATA beneran dijadikan otome game atau visual novel? Hehehe, judulnya jadi OTOME KATA (The Way of Otome): Otaku Demo Koi Ga Shitai *hihihi ngebajak judul anime lain XD 

GAME START. TUTORIAL MODE.

------------------------------------------------------------------

A. INTRODUCTION

Prolog: Kamu berperan sebagai Aoi Rie (cast Riie Aine Nomura). Seorang gadis cantik berambut hitam panjang sepunggung dan berkacamata berbingkai ungu (yeeey meganeko!), yang baru saja pindah ke sekolah barunya: Shinayama Campus Academy. Kedatangan Rie di sekolah itu cukup memberi kesegaran bagi para cowok di Shinayama. Dengan senyuman khas ala yamato nadeshiko-nya, Rie sukses mengumpulkan penggemar sejak di hari pertama. Juga karena kepribadiannya yang baik, ia tetap bisa diterima oleh cewek-cewek di sana. Guru-guru pun menyukai Rie karena ia bisa mengikuti pelajaran dengan mudah.

Terlalu sempurna sebagai karakter utama? Marie Sue? Tunggu sampai kamu tahu bahwa gadis ini ternyata berusaha menyembunyikan jati dirinya sebagai otaku! Tepatnya mantan otaku. Di sepanjang game kamu akan disuguhi beberapa kilasan adegan masa lalu Rie yang berhubungan dengan insiden yang dia alami di sekolah lamanya*. Dalam insiden itu, kamu akan tahu bahwa Rie dulunya tidak seperti sekarang. Rie dulu adalah seorang gadis pemalu yang suka bersembunyi di balik kanvas lukisan besarnya. Kacamatanya silinder tebal, dan ia mengikat rambutnya dengan gaya cepol yang berantakan (khas seniman).

Ya, di Hoshigaki Gakuen, sekolahnya yang dulu, Rie adalah anggota klub seni rupa, yang mencintai seniornya. Tak hanya itu, diam-diam Rie ternyata menyimpan impian menjadi pembuat manga. Selain berkegiatan di klub, hari-harinya diisi dengan usaha untuk menggambar gaya manga dan membuat cerita sendiri. Namun, sesuatu terjadi di antara Rie dan sang senior, tepat di hari kelulusan anak kelas tiga. Yang jelas kejadian itu membuat Rie trauma dan menjadi hikikomori (menarik diri dari pergaulan sosial secara total dan tak mau keluar rumah sama sekali). 

Butuh setahun bagi Rie untuk benar-benar bangkit dengan mengupgrade dirinya. Tepatnya ketika orangtua memaksanya mengikuti sekolah kepribadian John Robert Power. Di sana, ia mengumpulkan kembali kepingan-kepingan kepercayaan dirinya yang hancur di bawah bimbingan para instruktur yang benar-benar perhatian dengannya.

Kenyataan bahwa dirinya adalah mantan otaku, bekas pelaku hikikomori, dan bahwa dia setahun lebih tua daripada teman-temannya di Shinayama akan selalu menghantui Rie di sepanjang permainan. Jika hal ini sampai tersebar, akan mempengaruhi impression value of you, dan tanggapan para karakter di sekitarmu. Menegangkan bukan?

Impression Value of You (IVY) adalah mode untuk membuat game ini terasa lebih realistis bagaikan berinteraksi dengan orang-orang di dunia nyata. Selain mempengaruhi para karakter kunci yang kamu temui, ini juga akan mempengaruhi karakter-karakter sampingan di sekolahmu, dan ini akan mempengaruhi seberapa banyak bantuan yang bisa kamu terima di sepanjang game. Singkatnya kamu harus memberikan kesan yang baik pada orang-orang di sekitarmu agar sukses menjalankan game ini.

Selain menjalani skenario utama, di waktu luang kamu bisa memilih untuk membantu beberapa guru atau beberapa teman di kelas atau sekolahmu secara random. Misalnya kamu bisa membantu mengantarkan barang ke kelas, mengambil barang ke kelas, mencari barang hilang, mengunjungi klub ekstrakurikuler lain sebentar, sampai jadi tempat curhat dan mak comblang!

Semakin tinggi impression value-mu, semakin banyak bantuan yang bisa kamu dapatkan dari teman-teman di sekitarmu (yang akan mempengaruhi berjalannya event-event kunci yang akan kamu hadapi seperti demonstrasi klub di awal semester, even comiket, dan festival kebudayaan sekolah). Semakin rendah impression value-mu, karakter-karakter pendamping tersebut akan enggan membantumu, reputasimu memburuk dan bahkan bisa mempengaruhi skenario dengan karakter cowok yang kamu incar menjadi bad ending.

Tapi hati-hati, keasyikan memainkan skenario tambahan untuk mendapatkan impression value yang tinggi, bisa membuat dirimu semakin jauh dari skenario utama. Akibatnya game akan berakhir dengan datar setelah kau gagal mendapatkan karakter yang kamu incar karena keseringan bermain-main. Game ini memiliki batasan waktu, yaitu antara musim semi sampai musim panas. Jadi singkatnya kamu cuma punya waktu 6 bulan dalam game untuk menyelesaikan skenario dengan cantik.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Soal tingkat prioritas perhatian yang kamu berikan pada orang-orang di sekitarmu. Kalau kamu memberikan IVY yang terlalu tinggi pada beberapa orang yang sebenarnya tidak menjadi fokusmu selama permainan, mereka bisa GEER, atau karakter yang kamu incar bakal cemburu. Dan kamu harus bekerja keras untuk menjelaskan kesalahpahaman itu pada cowok-cowok malang tersebut, atau orang-orang akan menganggapmu play girl. Jadi dalam game ini, 'baik' pun butuh perhitungan. Hahahaha...

------------------------------------------------------------------------------

Saat pindah ke Shinayama Gakuen, Rie malah terseret dalam konflik yang terjadi antara klub otaku dan anak-anak OSIS. Klub otaku adalah salah satu klub yang terancam dibubarkan karena dianggap sangat tidak produktif, serta manfaatnya pun dirasa tak jelas. Tak heran kalau sang wakil ketua OSIS tampak sangat bernafsu untuk membubarkan klub tersebut.

Kamu, sebagai Rie bertugas untuk membantu dengan segala cara agar klub itu tidak dibubarkan. Awalnya kamu tidak akan tertarik dengan klub tersebut. Tapi seiring dengan banyaknya kamu berinteraksi dengan para anggota klub yang semuanya cowok itu, akhirnya kamu bersimpati juga. Selain itu, klub otaku tersebut membangkitkan kenanganmu saat di Hoshigaki Gakuen, saat kamu begitu sungguh-sungguh mengejar impianmu menjadi pembuat manga.

Nah, karena terlalu sering berinteraksi dengan para anggota klub, saat sedang mengatur strategi penyelamatan klub, wajar dong kalau kamu bisa terjebak cinlok?

Nah, siapa saja cowok-cowok yang bisa menjadi targetmu di sepanjang permainan?

Here's The Boys

Intinya ada empat karakter kunci yang bisa kamu incar di sepanjang permainan. Semuanya adalah anggota klub otaku. Nobuyoshi Fei, Liu Shan, Asahina Yue, dan Shirou Rufi. Tapi, kalau kamu berhasil menyelesaikan game ini dan mengulangnya beberapa kali, para karakter sampingan pun bisa kamu incar saat kamu memulai game ini dari awal. Ada juga beberapa karakter rahasia yang baru bisa kamu buka kalau kamu mendapatkan ending yang sangat bagus atau memainkan beberapa mini game.

Mengincar cowok otaku itu lumayan susah. Karena mereka adalah orang-orang yang begitu terobsesi dengan hobi dan impiannya sendiri. Kadang mereka tak terlalu memperhatikan orang lain karena sudah asyik dengan dunianya sendiri. Kamu harus dengan sabar mendampingi mereka, menyemangati, dan mau menyelami hobi dan minat mereka untuk menarik perhatian mereka terhadapmu. Tapi hati-hati! Kalau kamu salah mengambil pilihan di sepanjang game ini, bisa-bisa mereka malah akan menganggapmu inspirator yang pantas dijadikan manajer untuk mendampingi mereka menapaki jalan profesional. Bukan sebagai pendamping atau kekasih. Akibatnya kamu akan mendapatkan ending SWT (sweating-drop ending). Nyebelin banget kan kalau sampai kena manager-zone?

Nah, di postingan sebelumnya kalian sudah berkenalan dengan Liu Shan dan Asahina Yue, dan Nobuyoshi Fei. Sekarang saatnya kalian berkenalan dengan Shirou Rufi, penulis novel berbakat yang menderita narkolepsi.

Shirou Rufi. The Narcoleptic Sleeping Beauty. 

"Eh? Aku ini dimana? AH! K-kamu siapa???!"

Shirou Rufi. Karakter yang akan lebih sering tidur di sepanjang cerita

 

Anggota terakhir klub otaku. Shirou Rufi adalah seorang penulis novel berbakat. Saat SMP, novelnya: ECLIPSE: MOON BLADE sudah diterbitkan dan berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi. Karena itu dia mendapat beasiswa penuh di Shinayama. Namun, setelah itu ia tak menerbitkan novel lagi. Orang-orang yang iri dengan bakatnya mencemoohnya sebagai penulis one hit wonder yang kebetulan saja beruntung. Tekanan itu membuatnya depresi dan lebih menarik diri lagi dari kehidupan sosial (walau tak sepenuhnya). Dia sering dibayangi ketakutan bahwa karya-karya selanjutnya tidak bisa menandingi novelnya yang dapat penghargaan itu. Keadaan ini diperparah karena anak-anak seumurannya biasanya nggak bisa mengerti jalan pemikirannya.

 

 

Rufi dengan ekspresi super-ngeblank-nya.

 

Rufi adalah karakter albino (Rambut seputih salju, kulit pucat, dan mata kemerahan). Bagi Fei, Rufi lebih terlihat sebagai kelinci mungil bermata merah daripada manusia. Shirou mengidap narkolepsi. Sejenis penyakit gangguan tidur yang membuat dia bisa jatuh tertidur dimana saja dan kapan saja setiap kali ia merasakan emosi negatif atau positif yang berlebihan. Karena itu kemana-mana dia membawa name tag berisi nama lengkap dan alamatnya (jaga2 kalau dia tertidur di jalan dan merepotkan orang lain). Setiap kali habis tertidur, Shirou mengalami disorientasi dimana dia akan kebingungan dengan keadaan di sekelilingnya. Bahkan sampai amnesia sementara! XD (Koko wa doko (ini dimana)??? Anta wa dare (kamu siapa)??? Nande watashi wa koko ni iru no (kok aku bisa di sini)???) *narkolepsi yg asli ga sampai bikin amnesia kok 

 

 

Shirou dan Fei (Nobuyoshi Fei) alias Bucchou memiliki hubungan yang agak aneh. Setiap kali Shirou jatuh tertidur di sekolah, entah kenapa yang menemukannya selalu si Fei. Biasanya sama Fei, Shirou dibawa ke ruangan klub (bukannya ke ruang kesehatan...dasar!!!). Dan jika sadar, Shirou akan jadi sangat ketakutan melihat cowok berpenampilan preman itu.

 

Fei biasanya akan menggoda Shirou dengan mengatakan bahwa dia ada di neraka dan berlagak akan melakukan sekuhara (sexual harassement). Dan Shirou akan merespon godaan itu dengan hantaman buku novel tebalnya. Karena merasa dirinya ringkih, Shirou kemana-mana selalu membawa novel-novel super tebal edisi hard cover yang bisa dijadikan senjata pertahanan ampuh (Setidaknya ampuh untuk menghadapi Fei).

 

Alasan Rufi bergabung dengan klub otaku itu yang paling misterius. Karena nggak pernah dijelaskan kalau dia tertarik dengan budaya anime/manga/game. Mungkin dia bergabung secara otomatis, karena begitu seringnya dia tertidur dan menemukan dirinya terbangun di ruangan klub (thanks to Fei).

 

Rufi juga dideskripsikan sebagai "karakter cowok tercantik ke-2 setelah Liu Shan". Jadi kalau ada event, ntar dia ikutan cosplay juga   (dia terlalu nge-blank u/ menolak).

 

Untuk meraih hatinya, kamu harus menyemangati Rufi yang sering patah semangat. Kamu juga harus mengasah keterampilanmu menggambar manga karena nantinya kamu perlu berkolaborasi dengannya untuk mengilustrasi light-light novel yang dia tulis. Kalau kamu salah mengambil pilihan Shirou hanya akan menganggapmu editor dan ilustrator yang enak diajak kerjasama dan mengajakmu membuat circle (heyaaa...editor/ilustrator zone. Sakitnya tuh di...)

 

Lalu kamu juga harus memperhatikan kesehatannya, karena cowok ini tergolong ringkih. Membujuknya untuk berolahraga, yoga, dan macam-macam hal lain untuk meningkatkan pertahanan tubuhnya. Kamu juga perlu memperhatikan jadwal terapi narkolepsinya di rumah sakit.

 

Kalau kamu berhasil melewati semua itu, orangtua Shirou bahkan akan menyerahkan anaknya ini kepadamu (tolong jaga dia, Mbak). Atau...bisa jadi malah mereka akan menawari dirimu bekerja menjadi asisten atau perawat pribadinya (heyaa nurse zone). Memainkan skenario Rufi mungkin akan lebih terasa bagaikan memainkan tamagochi. Where Shirou might be sick or even dead if you didn't give him proper treatment! *EEEEEEEHHHHH?????

 

Golongan darah Shirou Rufi: AB

 

Selain empat karakter kunci yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau kamu menamatkan game ini berulang kali, kamu bisa membuka karakter-karakter sampingan lainnya untuk dijadikan target pasangan (hampir semua karakter cowok nantinya bisa kamu incar sih kekekeke).

  • Aso Neo as Asou Naoyuki (The Crushing Senpai)
  • Yoga Satria as Kishida Ichinaru Sensei (Sensei Muscle Man)
  • Marcellino Pieter Bertin as Bertin Pieter Marcellino (The 'Don Juan'/The Color Bender)
  • Reggy Pratama as  Ichinomiya Reiji (The Freakin’ Vice of Student Council)
  • Muhammad Habib as Koiichi san (The Secretary of Student Council/The Guardian)

 Tapi karena belum sempat digambar dan aku zafek, nanti aja dilanjut ya deskripsi soal mereka.

 

Selain itu ada karakter-karakter perempuan yang bisa membantu kehidupan cintamu atau justru menjadi saingan beratmu:

  • Friezsya Puti Chandramica as Tsukihime Kaguya (The Eccentric Head of Art Club)---> Saingan untuk mendapatkan Marcellino
  • Dira Annisa Aquilla as Washizou Shouko (The Treasurer of Student Council)----> Saingan untuk mendapatkan Reiji atau Liu Shan
  • Tenshiro Eimi (no cast)---> Saingan untuk mendapatkan Liu Shan
  • Ravi Yansyah Suryawan as Kadowaki Hinata Sensei (Suteki na Sensei)----> Dia nggak minat sama brondong, buat dia mereka cuma 'snack'. Tapi kamu akan sangat salah paham soal hubungannya dengan Fei.

 

 

Wakeh yo? Asem tenan wkwkwk... Emang OTOME game ama VN ada yang karakternya segabruk gini? *ga pernah main sih XD

 

So which one is your favorite? XD XD XD

 

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post