Anjing

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer Kholid
Kholid at Anjing (4 years 9 weeks ago)
20

sory gaes ini menceritakan apa ya kok ngambang gitu ceritanya...
maf kalo nyinggung...

Writer Kholid
Kholid at Anjing (4 years 9 weeks ago)
20

sory gaes ini menceritakan apa ya kok ngambang gitu ceritanya...
maf kalo nyinggung...

Writer nyamuk
nyamuk at Anjing (4 years 10 weeks ago)

Iya, ini cerita nggak kasih kesan apa-apa. deskripsinya nanggung, narasinya nanggung, tokohnya nanggung. Mungkin bisa dikembangin lagi?

Penggunaan Ckiittt sama braakkk di tengah-tengah itu buat saya kurang nyaman, ngasih kesan kartunis di cerita yang kayaknya serius ini. kalau nggak salah itu ada istilahnya bukan?

Writer latophia
latophia at Anjing (4 years 10 weeks ago)

Itu maksudnya jadi sound effect kalau di film. Rasanya ga enak juga kalau tanpa sound effect cuma dijelaskan naratif gitu.
Ada saran gimana sebaiknya?^^

Writer Zarra14
Zarra14 at Anjing (4 years 10 weeks ago)
80

Halo, latophia~

Ada yang buat saya gatal ingin komentar: "Dia ingin mati. Dia tidak ingin lenyap."
Yang saya tangkap, ada tipe orang-orang yang ingin cepat mati, hanya karena ingin tahu seberapa banyak orang yang akan sedih dan kehilangan karenanya. Cari perhatian level ekstrim. Apa maksud si Gadis seperti ini juga?

Seperti yang lain, saya juga masih merasa cerita ini tanggung. Transisi antar adegan-adegannya terlalu singkat. Biar lebih thriller, kayaknya perlu diselipkan deskripsi yang lebih membangun unsur tegangnya.
Maaf kalau sotoy, hehe.

Semoga berkenan :D

Writer latophia
latophia at Anjing (4 years 10 weeks ago)

Berkenan kok Zarra^^
Bener kok kalau terlalu singkat, saya juga ngrasa gitu. Soalnya ini dpt ide (atau bad feeling ya) langsung dieksekusi dan maen posting aja ^^"
Iya. Si gadis itu pengen membuktikan kalau dia berani bunuh diri. Pengen bikin orang yang menyakiti dia tau terus menyesal. Yang ga akan terwujud kalau jasadnya engga ada. Semacam itu lah (soalnya jg belum ketemu detailnya^^)
Yaaaa... sepertinya ada niat utk menjelaskan detailnya, bikin versi panjangnya... cuma karena belum pernah nulis sekompleks itu, ga yakin mampu juga sih^^"

Writer Thiya Rahmah
Thiya Rahmah at Anjing (4 years 10 weeks ago)
100

Berasa digantung. Kenapa dia mau bunuh diri? Siapa sebenarnya anjing itu? Spesies apa dia? Siapa 'Mom'? Engg... kok malah banyak bertanya-tanya saya di sini =_=a
.
Banyak yang nanggung seperti kata Kak Kemal. Mungkin karena terlalu pendek sehingga semuanya yang masih samar harus segera diakhiri dengan setumpuk tanya di benak *tsaahh bahasanya XD
.
Idenya suka, mungkin lain kali bisa dikembangkan lagi. Narasinya juga ngalir. Suka dengan kata per kata dan kalimat per kalimatnya. Enak.
.
Oh iya, penggunaan kata 'acuh' di dalam cerita keknya salah. Saya sering diingati masalah itu. Mungkin bisa diperbaiki lagi nanti :3
.
Oke, terus semangat menulis Kak Lathopia XD
Salam~~~

Writer latophia
latophia at Anjing (4 years 10 weeks ago)

Hehehe..maap yak, bukan maksud hati menggantung pembaca, apa daya saya blum kepikir detailnya^^"
.
Ni skg lagi mo semedi buat belajar ngasah batu akiknya (minjem istilah teh dayeuh^^) nanti (mungkin) dipanjangin deh^^
.
Eh acuh salah ya? harusnya 'tak acuh' kah?
Dooh byk bgt dpt koreksian EYD nih.. terimakasih pembaca budiman sekalian (termasuk thiya) yg udah berbaik hati mengkoreksi segala kedodolan saya ya :3

Writer kolmehon
kolmehon at Anjing (4 years 11 weeks ago)
60

Idenya asik. Kejutan di ending-nya gurih.
-
Udara merah jingga (par 2) itu apa? Langitnya tah yg berwarna, bkn udaranya?

Knp ada koma setelah "Drake" (par 3)? Akunya yg ga ngerti maksudmu, atau kamunya aja yg ga sengaja kepencet tanda koma?

Coba buka2 lg soal penggunaan tanda elipsis, sekalian juga soal "di" sebagai awalan dan kata depan, biar makin cakep. Juga kbbi.

Salam.

Writer latophia
latophia at Anjing (4 years 10 weeks ago)

Iya, itu kepencet sepertinya..
Terimakasih koreksinya kolmehon^^

Writer kemalbarca
kemalbarca at Anjing (4 years 11 weeks ago)
70

kalo emang takut anjingnya berulah, knapa si ibu2 tetep disitu sih, ckck
ide ceritanya aneh, unik sih, tapi aneh
fokusnya gak jelas, mau cerita bunuh diri nanggung, cerita tentang si anjing nanggung, paling gak itu yang kurasain
dari cerita pendek ini, mungkin bisa dibuat dua cerpen berbeda, satu yang menjelaskan kenapa cewek itu mau bunuh diri, dan satu lagi cerita tentang si anjing dan perilaku-suka-cabik-cabik itu dengan cerita ini sebagai penutupnya, kurasa itu bakal keren! (sekedar saran, gak harus diikuti kok, huehuehue)
kip nulis ya latophia :D

Writer latophia
latophia at Anjing (4 years 10 weeks ago)

Thanks kritiknya bang kemal..
Memang harusnya ada penjelasan soal si anjing dan si gadis itu sih..udah ada kepikiran bbrp alasan di baliknya, tp entah deh saya ga yakin bisa nulis panjang dan runtut merampungkan tulisan ini^^''

Writer kolmehon
kolmehon at Anjing (4 years 10 weeks ago)

Hihihi. Tadinya tak kira responmu bakal lebih asik ketimbang ngiyain gini doang.

Writer latophia
latophia at Anjing (4 years 10 weeks ago)

Waduh... maaf kalau engga memenuhi ekspektasimu ya kolmehon^^"

Writer vinegar
vinegar at Anjing (4 years 11 weeks ago)
70

Aduh, karena saya hanya kenal anjing rumahan dan gak pernah lihat mereka makan daging mentah apalagi idup jadi rada mengerut gitu dahi saya. Lain soal sih kalo maksudnya anjing hutan. Lain dari itu, seru ceritanya kalo diterusin, hanya keganggu sama pengulangan kata 'yang' di paragraf awal aja.

Cheers, lathop :)

Writer latophia
latophia at Anjing (4 years 10 weeks ago)

Hohoho..saya juga kenal anjing dari TV ajah..
Saya coba deskripsiin anjingnya mirip sama serigala, tp karena pakai kalung jadinya ya anjing..soalnya mana ada yg ngajak serigala jalan-jalan sore..
Thanks kunjungan & kritiknya vinegar ^^

Writer d.a.y.e.u.h.
d.a.y.e.u.h. at Anjing (4 years 11 weeks ago)
60

waha, menarik. itu Drake gimana ceritanya sampai bisa berwujud anjing tapi manggil Mom ke manusia? apa bapaknya manusia anjing? lalu siapa gadis itu sebenarnya? apa kalau anjing biasa yang memakannya (bukan anjing yang manggil Mom ke manusia), anjing itu bakal berubah wujud jadi manusia juga? waw waw waw misterinya....
agak bingung dg perubahan pikiran si gadis. dia ingin mati. dia tidak ingin lenyap. mati ga sama kayak lenyap, ya? he. atau itu gonjang-ganjing pikirannya aja? apa maksudnya dia ingin ketika mati jasadnya masih utuh dan disaksikan orang2 terdekatnya, bukannya habis dimakan anjing? gitu kali, ya?
tapi peristiwa ketabrak truknya itu berasa kayak di final destination. kalau maut takkan lari ke mana. malang emang nasib gadis itu. seperti kata2 bijak dari hal. 164 novel favorit saya, Drop Out (AR Arisandi, Gagasmedia, cet. 5, 2008): "Ternyata nasibku nggak hanya ditentukan apa yang aku perbuat, tapi juga ditentukan apa yang tukang cuci perbuat."
rasanya pengin tahu cerita lebih lengkapnya gimana, yang bisa ngejawab semua misteri tadi. jadi ini bukanlah sampah, tapi batu akik yang belum keasah #hyaaa
coba dicek lagi cara menulis "disini", "lembab", "40an", dan itu aja dulu deh, he.

Writer latophia
latophia at Anjing (4 years 10 weeks ago)

Waaaah..selalu senang kalau dapet kritik panjang yang membangun..thanks teh day^^

Hwehe..emang ga jelas semuanya ini.. dan saya blum kepikiran soal detainya^^! kalau harus dijelaskan semua nantinya jadi cerbung, dan saya belum pernah nulis cerita panjang-panjang..soalnya seringnya lost pokus di tengah-tengah jadi malah ngaco kemana-mana^^"
Soal si gadis, idenya sih semacem serendipity tp dalam versi sial gitu..
Drop out kayaknya pernah baca sih, tp dulu entah minjem entah nyewa, ga punya bukunya dan udah lupa isinya, hwehe
Dan eyd lagi-lagi jadi PR yang ga kelar-kelar..doooh dodol kali saya dalam hal perEYDan..makasih koreksinya teh (dan baru tau kl lembab tyt benernya lembap yah..)
Kalau dianggep batu akik sama senior jadi bangga nih (walaupun harga akik udah jatoh sekarang, hohoho) tapi sebelum ngasah batunya, keknya saya harus bertapa di bawah air terjun 40 hari 40 malam dulu teh..biar ahli ngasahnya^^

Writer d.a.y.e.u.h.
d.a.y.e.u.h. at Anjing (4 years 10 weeks ago)

wahaha #notmention
yuk atuh kita semadi sama2, dan mudah2an harga akik naik lagi, wkwkw....
saya juga lagi nulis panjang ga kelar2 :v