Angkat Kaki

"Silakan tuan, kebetulan tokoku telah tutup." Nona pemilik toko mempersilakan dengan senyum.

Pengelana itu tak menyangka diizinkan beristirahat di emperan toko ini, "Terima kasih Nona, kau sungguh baik," katanya sambil meletakkan ranselnya dekat dinding, kemudian menyandarkan tubuh lelahnya di ransel itu.

Setengah jam berselang, Nona pemilik toko keluar, "Tuan, ini untuk anda, hanya sedikit, semoga saya bisa membantu." sambil menyodorkan sepiring pancake dan segelas teh.

"Sungguh, aku sangat berterima kasih Nona, maaf aku hanya bisa membalas kebaikanmu dengan ucapan terima kasih saja." kata pengelana itu sedikit malu.

"Terima kasihmu yang pertama sudah cukup membalas apa yang aku beri kepadamu. Aku permisi dulu tuan, suamiku menungguku di dalam." pamit Nona pemilik toko kemudian menutup pintu tokonya perlahan.

Sebelum pintu toko tertutup penuh, pengelana itu memberanikan diri, "Nona, maaf aku lancang, bisakah kau tidak mematikan lampu depan tokomu, aku ingin membaca buku ini lebih lama."

"Baiklah tuan, aku tidak pernah mematikan lampu toko ku di malam hari seperti toko-toko lainnya. Aku mohon pamit. Selamat malam."

Pengelana itu melanjutkan istirahatnya, membaca buku berjudul "Mimpi Jadi Nyata". Tertulis di sampulnya nama seorang pengarang, "Anonim". Itu namanya, pengelana itu, Anonim. Bukan nama pena, melainkan pemberian ayahnya.

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer Alicehaibara
Alicehaibara at Angkat Kaki (3 years 49 weeks ago)
60

sebenernya saya kurang paham apa yang terjadi di sana selain, seorang nona yang mempersilahkan seorang anonim singgah di depan tokonya #garuk2pala .--.

Writer arsa.najandra
arsa.najandra at Angkat Kaki (3 years 48 weeks ago)

sini saya bantuin garuk2 kepala, :D

salam kenal.

Writer Shinichi
Shinichi at Angkat Kaki (3 years 49 weeks ago)
20

perlu pemahaman gimana penulisan kalimat dengan kata sapaan. kip nulis dan kalakupand aja kalo gitu.
ahak hak hak

Writer arsa.najandra
arsa.najandra at Angkat Kaki (3 years 48 weeks ago)

masih butuh banyak pemahaman, yang penting tetep nulis, makasih kak, :D

Writer t4ftaz4ni
t4ftaz4ni at Angkat Kaki (3 years 49 weeks ago)
70

17.22 harusnya matikan saja lampunya... hahaha... maaf komen tidak berguna.
Penulisannya bagus, tapi antara judul dan isi cerita kok kurang nyambung. lebih cocok kasih judul "Pengelana dan Penjaga toko" atau gimana, kalau angkat kaki, toh pengelananya gak diusir.

Writer arsa.najandra
arsa.najandra at Angkat Kaki (3 years 48 weeks ago)

karena yang ngga nyambung itu lebih asik kak, :D

Writer vinegar
vinegar at Angkat Kaki (3 years 49 weeks ago)
80

Dua orang asing, yang perempuan mencoba bersikap ramah dan simpati yang prianya sedang butuh tempat untuk singgah dalam perjalanannya, dan membaca bukunya sendiri (mencari jati diri?). Kasual banget, serasa sambil lalu saja. Tapi kenapa kesannya akrab gitu ya keduanya?

Writer arsa.najandra
arsa.najandra at Angkat Kaki (3 years 48 weeks ago)

mencari jati diri, juga introspeksi diri

Writer Rieve
Rieve at Angkat Kaki (3 years 49 weeks ago)
40

kesyan si pengelana. mungkin dia penulis yang bukunya hanya dibeli diri sendiri, membuatnya bokek sampai harus membayar nona warung dengan satu kadar terima kasih. mungkin ini semacam wahyu dari masa depan, untuk diriku sendiri, kalau aku memutuskan jadi penulis.

Writer arsa.najandra
arsa.najandra at Angkat Kaki (3 years 48 weeks ago)

semoga benar itu wahyu dari masa depan kak. :)

Writer Atre
Atre at Angkat Kaki (3 years 49 weeks ago)

Aku tidak paham apa hubungannya di awal dan akhir? Apa sebab toko tutup dengan akibat singgahnya pengelana? Dan apa konklusi buku dengan nama Anonim itu?

Writer arsa.najandra
arsa.najandra at Angkat Kaki (3 years 48 weeks ago)

tak semua cerita harus dipahami mendalam kak.

Writer Ruf_ina
Ruf_ina at Angkat Kaki (3 years 49 weeks ago)
30

Apa ini? Tidak ada awalan, tidak ada akhiran. Lalu Berhenti begitu saja. Tidak ada kesan sama sekali. Deskripsi, detail, apa pun itu terasa tidak ada di dalam cerita--super--pendek ini.
.
Nona? Udah punya suami dipanggil Nona? Dan siapa Pengelana itu?
Sudahlah.

Writer arsa.najandra
arsa.najandra at Angkat Kaki (3 years 48 weeks ago)

Apa ini? ini cerita super pendek, di mana tidak ada akhiran dan tidak awalan, kemudian berhenti begitu saja. tak perlu deskripsi detail untuk menyampaikan sebuah pesan dalam cerita.

untuk panggilan Nona, karena si pengelana belum tahu kalau si Nona sudah bersuami.

Writer hidden pen
hidden pen at Angkat Kaki (3 years 49 weeks ago)
40

secara kilas 100 cerita. Karyamu ini akan sangat bagus. Salam kenal ya.

Writer arsa.najandra
arsa.najandra at Angkat Kaki (3 years 48 weeks ago)

salam kenal kak, semoga bisa terus berproses. :)

Writer atitha_suwito
atitha_suwito at Angkat Kaki (3 years 49 weeks ago)
70

Bagus ceritanya , cuma mungkin saya kurang bisa menginajinasikan cerita diatas ...

Writer arsa.najandra
arsa.najandra at Angkat Kaki (3 years 48 weeks ago)

coba imajinasikan dengan sederhana, :)