Aku Pernah Jatuh (beda cara penulisan)

"Bersyukurlah karena engkau masih punya kenangan meskipun itu kenangan yang tidak menyenangkan". (Anonymous).

Kenangan buruk di tentang sesuatu hal adalah sesuatu yang ingin dilupakan namun tak dapat dihilangkan. Aku tahu itu. Yang terbaik yang bisa dilakukan adalah mensyukurinya. Sebab itu akan menjadi bernilai jika kita mampu mengambil kebaikan dari peristiwa buruk itu. Apapun itu.

Tak ada yang harus tidak disyukuri sebab pahit manis pengalaman hidup menjadi hikmah tersendiri. Aku berpikir tak banyak orang yang memahami tentang peristiwa buruk yang dialami itu sebagai sesuatu yang menjadikan seseorang itu siapapun ia untuk lebih dewasa dalam menyikapi persoalan hidupnya.

Terasa begitu mudah melaluinya padahal tak sepenuhnya begitu. Aku harus berdamai dengan amarahku sendiri untuk tidak merasa sakit hati dan aku bisa. Aku melihat setiap peristiwa buruk dengan sisi lainnya sebab itu aku meyakini betul bahwa sisi positif dari pengalaman negatif akan selalu ada dan pasti ada.

Menaruh hati bukanlah suatu keburukan apalagi kejahatan. Itu sewajarnya manusia mengalami suatu perasaan yang tak dikenalinya untukia pahami sebagai sesuatu yang membawa pengalaman tersendiri. Semua manusia tahu bahwa ia akan menaruh hati, kecewa, lalu ia menaruh hati lagi pada sosok orang lain. Aku pun demikian. Jadi aku tidak pernah memiliki rasa suka terlalu berlebihan hingga berhasrat harus memiliki. Itu menjadi mudah dikala yang tak diharapkan terjadi.

Hanya ada satu keheranan pada awalnya saat kata-kata buruk keluar dari seseorang yang seharusnya tak mengatakan kata-kata itu. Aku berpikir kemudian hari bahwa banyak faktor dari diri pribadi secara individu untuk menjadi lupa bahwa sebenarnya berkata-kata buruk itu tidak baik. Ya, lupa. Sebab pikiran sedang kalut tentang hal lain sehingga ia menjadi bukan dirinya saat berkecamuk dengan emosinya sendiri. Akhirnya aku memahami itu sebagai sesuatu pelajaran hidup yang berharga sekali. Tidak ada orang yang ingin benar-benar merendahkan orang lain dengan kata-kata buruk. Aku percaya hal itu.

Aku pernah jatuh dan aku bangkit lagi sebab saat seseorang terjatuh itu berarti ia diberi kesempatan belajar untuk bangkit. Dan pelajaran yang lebih berharga dari itu adalah belajar memaafkan.

Aku tidak akan pernah jatuh lagi bila dikata-katai buruk lagi oleh orang lain. Siapapun itu.

*

"The bad words are enemies." (Anonymous).

Setiap kata-kata buruk adalah ibarat musuh yang menyerang hati untuk membuat sakit hati. Aku melawannya dalam diriku sendiri. Satu kata buruk kugambarkan umpama monster dan kebaikan hati kugambarkan umpama Ksatria Baja Hitam. Penggambaran sempurna untuk diimajinasikan dan aku dengan nuraniku melawan dan membunuhi kata-kata buruk itu agar hatiku tidak sakit. Hal itu pun berlaku kala ku sedikit pusing atau sEdikit sakit perut. Rasa-rasa yang tidak mengenakkan itu kugambarkan sebagai monster yang harus kulawan.

How to kill the bad word?

Kill that word! Dan, kau menjadi pemaaf.

Tentu saja dari mimpi ku belajar. Aku bermimpi menjadi seperti Kotaro Minami yang bisa berubah menjadi Ksatria Baja Hitam. Itu film anak-anak jaman ku kecil. Ternyata bisa dan menyenangkan sebab itu membuat semangat positif terus hidup walaupun kadang aku mengalami terluka lagi dan lagi oleh segelintir orang yang salah menilaiku sebab melihatku dari sisi negatifnya saja.

Ketika bekerja di Nineteen pak Fury tidak pernah marah padaku, aku juga tidak pernah membuat masalah supaya dimarahi. Pada suatu ketika ada karyawan lain yang menunjukan ketidaksukaannya padaku. Saat itu aku disuruh pak Ade menyemir sepatu sebelum pak Fury berangkat entah kemana, kemudian ada orang itu menyuruhku melakukan yang lain dan ia menyemir sepatunya pak Fury. Aku bersikap biasa-biasa saja. Pada suatu kesempatan pak Ade pernah bilang bahwa aku harus bisa motor dan nanti dibuatkan SIM dan nantinya menggantikan orang itu yang pada waktu tidak disukai atau kurang disenangi oleh karyawan lainnya. Aku masih mengingatnya, ternyata memori jangka panjangku masih baik.

Pernah suatu ketika, bersama pak Ade itu, saat membereskan barang-barang tidak terpakai, aku meminta dua buku yang sudah tak terpakai punya pak Fury dan Grace. Aku bawa ke rumah dan kubaca walau sedikit pusing. Hanya senang membaca saja. Itu jadi sesuatu yang tidak penting sebenarnya tetapi menjadi penting saat aku tidak begitu memahaminya. Aku semakin merasa diriku teramat bodoh. Tapi itu juga yang membuatku tidak pernah merasa pintar dan menjadi sok tahu tentang segala hal.

Pernah atau tidak aku membuat perilaku konyol aku sendiri tidak tahu. Menurutku yang paling konyol adalah ketika ikut latihan Taekwondo bersama pak Erwin, aku sudah membeli baju seragam latihan dan aku ikut dua kali saja, mungkin. Dan yang lebih lucu lagi adalah si Nur itu mengembalikan baju Taekwondo padahal buat apa juga dikembalikan. Itu konyol.

Aku bekerja di pak Fury itu mungkin sudah lebih dari sepuluh tahun yang lalu. Mungkin. Tapi aku ingat bekerja disana itu tidak memikirkan apa-apa selain berangkat dari rumah untuk bekerja. Aku sedikit terlihat seperti orang yang terlalu pendiam saat itu. Makanya aku merasa semi autis sampai sekarang. Setengah autis, itu sebutan untukku dari diriku sendiri.

Bersambung...


Tadi, sudah ngetik. Ada orang lain yang ikut-campur. Pengamera sembunyi-sembunyi pelakunya. SAYA MINTA SETOP KEGIATAN KAMERA SEMBUNYI-SEMBUNYI DI RUMAH SAYA, DI KAMAR MANDI DAN KAMAR TIDUR.

OKNUM POLISI SETAN!! MASA TIDAK TAHU DAN TIDAK MAU SETOP!! DIBOHONGIN SIAPA?

Nanti dikira menghina-hina polisi?!

Sule dan Andre sepertinya tahu, ini ada orang mengaruhin orang kampung biar ganggu saya terus!!!!!!!!!!!!!!!

Bisa jadi semua harus lapor presiden!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Kang Tomo sepertinya?

Kang Kamal sepertinya?

Suharsepertinya?

Knag Tusam sepertinya?

Si SUNDA SETAN ATAU SI SETAN SUNDA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

DARONI anjing!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

#

*

OKNUM POLSEK IDIOT!!!!!!

*#

Kalian bersekongkol supaya dapat bukti menulis buat menghina?!

*#

Dasar anjing kudisan!!!! Ngamerain kamar mandi dan kamar tidur?!!!

*

Pak Jokowi!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Mana akal sehat bangsa Indonesia!!!!! Cabul beramai-ramai!!!!!!!!!!!!!!!!!

#*

Bisa jadi pengamera sembunyi-sembunyi akan memengaruhi beberapa Kawur, rt, rw, menekan bapak saya dan menjadikan ini bukti membuat cerpen buat menghina!!!!!!!

BACA SEMUA DARI AWAL!!!!! LIHAT TAHUN DIBIKIN!!!!!! SEJAK KAPAN SAYA MENGHINA PENGAMERA SEMBUNYI-SEMBUNYI ITU DENGAN SEBUTAN KELEDAI CABUL!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

MALAH SEBAR FITNAH KARYA COPY PASTE!!!!!!!!!!!!!!!!!!

#*
SAYA MENULIS DAN DIGANGGU SEBAB ORANG KAMPUNG SAYA TAHU JUGA PASWORWDNYA DAN BISA MASUK JUGA!!!!!!!!!!!!!!

PENGAMERA ANJING!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post

hapus aja lah yang ada kata-kata buruknya?
kill that words!!
kalian tahu password nya, indonesia.

MUNGKIN SAYA BIPOLAR, BISA JADI TIDAK?
MUNGKIN SAYA PUNYA PENYAKIT STIP,BISA JUGA TIDAK?
YANG JELAS SAYA ITU BUKAN ORANG YANG SUKA MENGHINA.
SAYA PERNAH BACA BUKU PSIKOLOGI JAWA.
SAYA BACA DARI SABANA DI KRESIDENAN.
TENTANG BANYAK HAL YANG DIBILANG PSIKOLOGI JAWA ITU BERHUBUNGAN DENGAN KI AGENG. sering juga disebut ajaran ki ageng. saya cuma baca.
intinya diantaranya buat apa mesti marah, sebab marah itu bukan pilihan, kenapa harus marah? apa yang membuat kamu marah? kenapa harus marah?

KALAU KALIAN MAU MENGHAPUS KARYA SAYA, SILAHKAN!
kalian tahu passwordnya, kok!
mau buat bukti suka menghina dan dibawa ke pengadilan?
BOLEH!
tolol berarti!
mau nyruh orang bunuh saya?
lebih tolol dari orang tolol!!!!!!!!!!!!!

how to kill a bad word????
kill that word!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
saya ingatkan bahwa HUJURAT:11 ITU, SAYA TAHU DAN SAYA TIDAK BERMAKSUD MENGHINA ATAUPUN MERENDAHKAN SIAPA PUN!!!!!!!!!
STOP KAMERA SEMBUNYI-SEMBUNYI!!!!!!!

Ini adalah kata-kata buruk. Kenapa bisa muncul?
apakah saya api?
apakah saya asap?
apakah pengamera sembunyi-sembunyi si pemilik pemantik api amarah dengan kamera sembunyi-sembunyi ngamerain rumah bertahun-tahun?
masalahnya ada di siapa?

Sule, awas ati-ati lu!!!!!!!!!!!!!
pengamera sembunyi-sembunyi marah waktu saya nonton acara ini talk show, pengamera sebelah kulon rumah, ga tahgu dimana, saya orang bego tapi ga bisa dibegoin!!!!!!!!!!!!!!!!
bisa mati ente sule!!!
orang jawa, ngomong gini, Sule kudu mati!
gara-gara soal sule ngomong telepon dibawah ini, jangan ke rt, jangan ke rw, jangan ke kelurahan, jangan ke kepolisian,
ngomong gitu.
OKNUM POLISI BEGO!!!!!

BOROK LU!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
ANJING!!!!!!!!!!!!!!!!
MALAH SAYA YANG DISEBUT PENGGANGGU!!!!!!!!!!!!!