Nyi Roro Kidul

Aku berdiri di pantai itu, seorang perempuan cantik berdiri di atas ombak.

Orang-orang di belakangku berteriak ketakutan, "Cepat pergi Man! itu Nyi Roro Kidul"

Aku diam.

Mereka semua sudah bersembunyi, dan perempuan itu berbicara dengan lantang,"Mengapa kau tidak bersembunyi? Apakah engkau tidak takut padaku?"

"Aku tidak takut apapun, kecuali terhadap sesuatu yang membuatku takut"

"Aku tidak membuatmu takut?"

"Tidak, karena engkau sangat cantik"

"Sekalipun aku adalah roh gentayangan?"

Aku mengangguk, tersenyum.

"Jika kau tidak takut, mengapa tidak kemari dan menikmati kecantikanku"

Dia semakin ke tengah, dan ombak semakin besar.

"Jika kamu adalah roh, mengapa engkau jauh dariku. Kemarilah ke sisiku dan nikmatilah ketidaktakutanku"

Lalu aku berbalik menuju perkampungan nelayan.

"Tunggu, mengapa kamu tidak mau menikmati kecantikkanku?"

"Kamu yang selalu mempermainkan ketakutan dan hasrat manusia tidak akan pernah mengerti!"

Lalu aku menengokkan kepalaku, tapi tidak seluruh badanku, "Nyi, aku tidak takut pada kematian. Karena itulah aku tidak mau mati dan lalu menaklukkan kematian. Aku lebih takut pada hidup ini, karena itulah aku harus tetap hidup dan menaklukkannya"

Perlahan dia menghilang...

Read previous post:  
89
points
(162 words) posted by KRM Susanto 13 years 7 weeks ago
55.625
Tags: Cerita | kehidupan | mati
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer huda
huda at Nyi Roro Kidul (11 years 38 weeks ago)
90

=)

Writer yosi_hsn
yosi_hsn at Nyi Roro Kidul (12 years 25 weeks ago)
80

pesanya dalem banget di bagian akhir. I like it ! Ini sambungan dari "Aku ingin mati" ya? Menurutku kalo dikasih kalimat-kalimat penghubung atawa background mungkin akan lebih mudah dipahami (atau sama penulisnya emang sengaja dibuat begitu ya?)

Writer peranita
peranita at Nyi Roro Kidul (12 years 25 weeks ago)
80

sebenarnya pengen ngasih 10..Tapi karena rada sirik 8 aja ya :p

sukaaaa!

Writer heripurwoko
heripurwoko at Nyi Roro Kidul (12 years 39 weeks ago)
80

eh, narsis.... keren juga. sorry baru baca. habis nggak ngeh... hehe...

Writer nirozero
nirozero at Nyi Roro Kidul (12 years 39 weeks ago)
80

komentar kamu pedes sama yang lain. Sastra kamu emang TOP!

Writer felicia_noella
felicia_noella at Nyi Roro Kidul (12 years 39 weeks ago)
40

aq lbh suka yg ini...
tp, ceritanya kurang panjang dan aq agak nggak ngerti dgn ceritanya..
jd, biasa aja, sama dgn super x

Writer brown
brown at Nyi Roro Kidul (12 years 46 weeks ago)
80

suka sama pesan yg terkandung di dalam cerita singkat ini.

Writer maximillian
maximillian at Nyi Roro Kidul (12 years 47 weeks ago)
50

Aku lebih suka yang Highlander. Ini OK sih, tapi mau di bawa kemana?

Writer Smile
Smile at Nyi Roro Kidul (13 years 5 weeks ago)
50

* BURUK *

Writer KD
KD at Nyi Roro Kidul (13 years 6 weeks ago)
100

idem dengan v1vald1

Writer anty
anty at Nyi Roro Kidul (13 years 6 weeks ago)
40

memang kisah nyata ya?

Writer Super x
Super x at Nyi Roro Kidul (13 years 7 weeks ago)
50

Biasa saja

Writer Ayo_e
Ayo_e at Nyi Roro Kidul (13 years 7 weeks ago)
80

terbayang mitos penguasa laut selatan yang begitu cantik .. good for u yg mencoba apresiasikan ini

Writer megaloman2002
megaloman2002 at Nyi Roro Kidul (13 years 7 weeks ago)
80

ceritanya sederhana namun mengandung pesan tersirat yang dalam. Inilah yang membuatku tertarik.

Writer FrenZy
FrenZy at Nyi Roro Kidul (13 years 7 weeks ago)
70

Kayaknya setuju nih ama vivaldi, aneh kalimat akhirnya. tapi i get your point..

Writer v1vald1
v1vald1 at Nyi Roro Kidul (13 years 7 weeks ago)
60

"Aku tidak takut apapun, kecuali terhadap sesuatu yang membuatku takut"--> kalimat ini paradoksal. Tidak takut apapun, KECUALI...?
(tapi maksudnya indah)
**
Kalimat terakhir ternyata poinnya:
"aku tidak takut pada kematian. Karena itulah aku tidak mau mati dan lalu menaklukkan kematian. Aku lebih takut pada hidup ini, karena itulah aku harus tetap hidup dan menaklukkannya"
**
Ada sedikit yang ingin aku bahas di sini. Karena menarik kalimat2 terakhir itu. Ini lagi-lagi contoh manusia "pencari" yang perkasa. Manusia yang sadar bahwa yang ditaklukkan itu justru ketakutan sebenarnya. Dalam hal hidup-mati. Banyak orang berlindung di balik kedok "kematian"; hanya untuk menanggalkan kewajiban "kehidupan" yang ia tidak sanggup untuk pikul.
--
Dalam bahasa singkat, aku bisa bilang:
Mati itu mudah, hidup yang tidak gampang! Maka orang pengecut memilih mati, yang pemberani memilih hidup.
HIDUP!!!:D

Writer unak unik
unak unik at Nyi Roro Kidul (13 years 7 weeks ago)
90

metafor attack kah? hehehehe tapi suka keunikan penjabarannya. yang menarik hati itu biasanya memang antara memang bener2 menarik atau sebenernya mengandung maut. yg terlihat biasa itu biasanya justru perlu perjuangan khusus dan yg paling berharga.

Writer gheta
gheta at Nyi Roro Kidul (13 years 7 weeks ago)
50

kenapa nyi roro kidulnya cuman segitu aja ceritanya? padahal aslinya ceritanya khan seru..!(kayaknya gak serem deh! masa' cwe cantik dibilang serem? bingung nih.. apa yang disampaikan.
kenapa si "Aku" tidak mau nyamperin? mungkin bukan perempuan ya tapi banci? hehe...he..he..

Writer Azarya Mesaya
Azarya Mesaya at Nyi Roro Kidul (13 years 7 weeks ago)
50

Sebelumnya kenalan dulu. Kanjeng ni dari Ngayogjakarta Hadiningrat, atau Surakarta Hadiningrat?
wah kurang serem, Kanjeng. Bisa ngga misalnya Nyi Roro Kidul diceritakan malah dekat dengan rakyat. Setidaknya Kanjeng bisa mengangkat isu gender di sini. Maturnuwun

Writer Kurniawan Candra Luhurjati
Kurniawan Candr... at Nyi Roro Kidul (13 years 7 weeks ago)
40

serem