UCAPAN ULANG TAHUN

Purwokerto,
Dalam tarikh dua puluh enam
Di bawah naungan bulan Februari
Di balik selubung tahun dua ribu enam.

Menjumpai yang telah lama tak bersua dalam suatu jumpa.

Aku adalah selembar risalat, yang ditulisi sebaris dua kata-kata hati dari ujung pena kalbu dengan tinta nurani. Aku tercipta dari rahim kesunyian, tumbuh dan berkembang dalam buaian dan asuhan kesepian dan kesendirian. Aku terlahir sebagai bukti dari pada sebuah penungguan, penungguan akan – ada yang menyebutnya sebagai – sebuah ketidakpastian.

Dan, aku – selembar risalat – terutus untuk sekedar mengingatkan sang masa, bahwa hari ini – hari dimana aku tercipta dan terlahir – telah pernah mendahuluiku akan sebuah kelahiran yang sehingga kini masih abadi. Sekedar memohon pada sang masa ‘tuk sudi dalam henti sejenak, memberi satu kata ucap dan tinggalkan sebongkah kado harapan yang terbungkus rapi do’a-do’a dan terikat pita semoga-semoga, yang terkirim dalam sepenggal kata, beralamat pada tuanku putri dalam istana, dari salah satu pemujanya yang tengah menikmati deritanya dalam jurang cinta, yang terbelenggu dalam pasung-pasung kesepian dan kesendirian, yang batinnya hancur oleh lecutan cemeti penantian. Dan kini, ia tengah mengerang dalam sakaratnya. Nyawanya telah teronggok antara kesetiaan dan ketidakpastian. Sekedar berharap mampu melihat sang tuanku putri dengan senyum saat kematian merangkulnya.

Aku – selembar risalat – tak mampu lagi ‘tuk memanjang lebar kata. Karena bagaimana mungkin seorang buta ‘kan dapat mengungkapkan isi batinnya dalam goresan-goresan lembut pena, sementara untuk menceritakannya ia pun tak mampu, karena sekaligus ia seorang yang bisu. Sehingga ia tak bisa membuat orang lain mendengar ataupun ia sendiri yang mendengar isi batinnya, karena pada saat yang sama ia adalah orang yang tuli. Ia tak mampu berbuat apa-apa. Satu-satunya yang ia bisa lakukan hanyalah menanti saat sebuah uluran rasa menyentuh sejuk kalbunya, karena akan mustahil sebuah uluran tangan akan menyentuhnya, sementara ia kini tak lagi berraga, hanya sebuah jiwa yang terlepas dari belenggu jasadnya.

26 Februari 2006

Selamat ulang tahun kuucapkan, s’moga segenap harapan, impian, cita dan cinta akan engkau raih kelak di sekemudian masa.

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer Maximus
Maximus at UCAPAN ULANG TAHUN (10 years 20 weeks ago)
60

Kerennnnn, Btw liat pnyku juga disini

Writer byoungcarerock
byoungcarerock at UCAPAN ULANG TAHUN (10 years 23 weeks ago)
100

:) aah....

kwereen Bo!

salam,

Writer mahar_fans
mahar_fans at UCAPAN ULANG TAHUN (10 years 24 weeks ago)
100

Keren!

Writer justammi
justammi at UCAPAN ULANG TAHUN (10 years 24 weeks ago)
90

wuihhh.. kerren !!

Writer sanssouci89
sanssouci89 at UCAPAN ULANG TAHUN (10 years 29 weeks ago)
70

cukup memberi hikmah

Writer snap
snap at UCAPAN ULANG TAHUN (10 years 30 weeks ago)

'dari pada' di paragraph pertama tidak menujukkan pembandingan, jadi 'dari' saja sudah cukup.

Writer nen_seh
nen_seh at UCAPAN ULANG TAHUN (10 years 32 weeks ago)
70

mo jiplak kek mo enggak kek..
bagus.. kok..

Writer ang_gra
ang_gra at UCAPAN ULANG TAHUN (10 years 37 weeks ago)
50

gitu aj????
wah..wah...
kurang euy,
lagilagilagilagilagilagi 'n lagi dunk

Writer adinda_aisyah
adinda_aisyah at UCAPAN ULANG TAHUN (10 years 39 weeks ago)

ndak ngerti euy

Writer panah hujan
panah hujan at UCAPAN ULANG TAHUN (10 years 40 weeks ago)

11003 reads

!!

oemji oemjii.. *supergawat sendiri*

plok..plok..plok..

tapi aku masih bingung :))

Writer tyas_uchul
tyas_uchul at UCAPAN ULANG TAHUN (10 years 42 weeks ago)

heppi birthday buat yg ultah berharap terus menjadi yang terbaik deh..

Writer benkbenk
benkbenk at UCAPAN ULANG TAHUN (10 years 42 weeks ago)
90

kata memang punya rasa,
kata memang banyak mewakili.

Writer lyricist egi poet
lyricist egi poet at UCAPAN ULANG TAHUN (10 years 43 weeks ago)
100

berhubung tanggal 17 desember kemaren aku ulang taun thanx ya buat ucapannya hehe

Writer pikue
pikue at UCAPAN ULANG TAHUN (10 years 43 weeks ago)
100

satu kata ja!!!
wonderfull!!!

Writer IcHa IcHa
IcHa IcHa at UCAPAN ULANG TAHUN (10 years 43 weeks ago)

Kyentt,,

Writer ajoesblackhole
ajoesblackhole at UCAPAN ULANG TAHUN (10 years 44 weeks ago)
10

baguss

Writer ajoesblackhole
ajoesblackhole at UCAPAN ULANG TAHUN (10 years 44 weeks ago)
10

baguss

Writer desta937
desta937 at UCAPAN ULANG TAHUN (10 years 44 weeks ago)
100

waw !!!! sangat lembut ... juara deh ...

Writer Riebuzz
Riebuzz at UCAPAN ULANG TAHUN (10 years 45 weeks ago)
70

oke lahh happy b'day yup

Writer Arik13
Arik13 at UCAPAN ULANG TAHUN (11 years 17 weeks ago)
80

god....god....god...
gw suka gaya lo.....
adem bahasanya dan menyentuh....

Writer adrian.achyar
adrian.achyar at UCAPAN ULANG TAHUN (11 years 47 weeks ago)
70

Wah! Ucapan selamat ultah yang indah ^^

Top dah!

Guys, please read my poems & stories at K.com ^_^

Writer Silver Heart
Silver Heart at UCAPAN ULANG TAHUN (11 years 47 weeks ago)
90

selalu saja menanti.....

emangnya apa sih gunanya menanti????

itulah pikiran egois yang kadang merasuki pikiran picikku...

hehehe...

but aku suka kok. daleeemmm...
terutama kemaren ini ga ada yang ngasih ucapan ultah buatku.

hiks....hiks.....hiks.....

Writer kopitozie
kopitozie at UCAPAN ULANG TAHUN (11 years 50 weeks ago)
80

Berhubung baru kemaren Ultah 28 Okt jadi ini aja dech yang pas buat dimensi hati gw....

Writer hasnankh
hasnankh at UCAPAN ULANG TAHUN (12 years 1 week ago)
80

prosa yG bagus, Kak! tp kok kayaknya ada yg kurang sreg, ya? apa cuma' perasaan aja?(halah..)
oke,,terus menulis yawh^_^

Writer Farota
Farota at UCAPAN ULANG TAHUN (12 years 35 weeks ago)
50

Menghibur

Writer Super x
Super x at UCAPAN ULANG TAHUN (12 years 35 weeks ago)
50

Berikan saja nilai berdasarkan rasanya.

Writer heripurwoko
heripurwoko at UCAPAN ULANG TAHUN (12 years 35 weeks ago)
50

Baca komentar-komentar lain jadi pusing. Malah bingung untuk menentukan pilihan, apakah aku ikut yang pro atau kontra?

Writer za_hara
za_hara at UCAPAN ULANG TAHUN (12 years 35 weeks ago)
60

yang bener "risalat" atau "risalah"? Tanpa merasa lebih pintar, tapi setahuku KBBI hanya mengenal kata "risalah".
trus, itu ceritanya udah selesai atau belum? soalnya aku merasa tulisanmu putus di tengah jalan. ditambah lagi tulisan terakhir tentang ultah itu rasanya ditulis tidak pada waktu bersamaan, sehingga aku merasa ada dua versi tulisan yang dipaksa untuk digabungkan.
dan kuanggap ini prosa yang bernyanyi. bukan prosa. bukan pula puisi. tak ada masalah dengan yang satu ini.

Writer Ayo_e
Ayo_e at UCAPAN ULANG TAHUN (12 years 35 weeks ago)
80

Rangkaian kata kamu bak pujangga .. cool

Writer v1vald1
v1vald1 at UCAPAN ULANG TAHUN (12 years 35 weeks ago)
60

Maaf ya, benar-benar minta maaf, tulisan kamu bagus. Tapi aku memberi nilai berdasarkan "taste" subyektifku. Dan kebetulan, aku tidak suka genre tulisan spt ini. Aku tidak suka bahasa pujangga. Tapi ini betul subyektif diriku loh, sungguh!

Writer KRM Susanto
KRM Susanto at UCAPAN ULANG TAHUN (12 years 35 weeks ago)
80

anda benar-benar merangkai kata BUNG!!